Pengembangan bahan ajar matadiklat praktik teknik gambar bangunan berbasis strategi training within industry (TWI) di sekolah menengah kejuruan (SMK) program keahlian teknik gambar bangunan / Arika Rizki G.A
Main Author: | Gidiandayani, Arika Rizki |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43881/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKGidiandayaniArikaRizki.2010.PengembanganBahanAjarMatadiklatPraktikGambarBangunanBerbasisStrategiTrainingWithinIndustryDiSekolahMenengahKejuruanProgramKeahlianTeknikGambarBangunan.SkripsiJurusanTeknikSipilUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.(II)HanniElitasariMahaputriS.T.M.T.KataKunciBahanAjarGambarBangunanTrainingWithinIndustryAdaduamasalahpokokdalampembelajaranpraktikdiSMKyaitu(l)tidakadanyabahanajarpembelajaranpraktikyanginovatifdan(2)modelmengajarpraktikdenganceramah(konvensional)masihmenjadikebiasaanguru.Adanyaduamasalahpokokdalammatadiklatpraktiktersebutternyataberdampakpadaefektifitashasilpembelajaranyangrendah.UntukmemecahkankondisipembelajarantersebutperluditerapkanmetodepembelajaranTrainingWithinIndustry.PenelitianinibertujuanuntukmenghasilkanbahanajarmatadiklatTeknikGambarBangunanpadaJurusanTeknikBangunandiSMKyangberbasisstrategiTrainingWithinIndustry(TWI)yangberupabahanajaruntukguruRencanaPelaksanaanPembelajaran(RPP)danjobsheetuntuksiswa.Penelitianinidiharapkandapatbermanfaatdalamusahaperbaikanefektifitashasilpembelajarankhususnyabahanajarmatadiklatpraktik.UjivaliditasbahanajarinidilakukandiSMKNegeriyangmempunyaijurusanTeknikBangunanyangadadiMalangRaya.AdapunSMKyangdijadikanlokasipenelitianadalahSMKNegeri1SingosaridanSMKNegeri6KotaMalang.SesuaiPPKIedisiketigapenelitihanyaberhentipadatahapujiperseorangansehinggasubjekujicobayangdipakaiadalah1orangDosenTeknikSipilsebagaipakar/ahli5GurumatadiklatpraktikSMK(3orangguruSMKN6Malangdan2orangguruSMKN1Singosari)dan9siswaSMK(4orangsiswaSMKN1Singosaridan5orangsiswaSMKN6Malang).Jenisdatamenggunakandatakuantitatifmelaluiangketdanwawancara.AnalisisdatayangdilakukanmenggunakanskalapengukuranRatingScale.DarihasilpenelitianinididapatkanvaliditasuntukPeganganGuru81.3%RencanaPelaksanaanPembelajaran85.9%danJobSheets96.7%.Darihasilvaliditastersebutdapatdisimpulkanbahwabahanajarvalid.Berdasarkanpenelitianinidisarankan(1)bagipenelitipenelitianiniperludiperluascakupannya(2)bagipenelitilainmengingatujicobapenelitianpengembanganbahanajarinihanyasampaiujiperseoranganmakaperludilakukanujilapangandan(3)bagiSMKbahanajarinidisarankanuntukdiujicobakanpadapembelajaranpraktikdisekolah.