Pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran laboratory training matadiklat praktik kerja kayu SMK bidang keahlian teknik bangunan / Wega Syamdermawan

Main Author: Syamdermawan, Wega
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/43854/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSyamdermawanWega.2009.PengembanganBahanAjarUntukPembelajaranLaboratoryTrainingMataDiklatPraktikKerjaKayuBidangKeahlianTeknikBangunanSekolahMenengahKejuruan(SMK).SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikBangunanJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.(II)Drs.MujiyonoM.Pd.KatakunciLaboratoryTrainingbahanajarMataPembelajaranpraktikdiSMKmerupakanunitkegiatanpembelajarandalampembentukantenagakerjatingkatmenengahyangterampil.NamunkenyataannyakualitaspembelajaranpraktikdiSMKkhususnyapadaprogramkeahlianTeknikBangunansangatrendah.Disampingitudiperolehgambaranbahwamasihkurangnyabahanajarpenunjangpraktikjugametodepembelajaranyangdipakaigurumasihmenggunakanmodelkonvensional.PenelitianinibertujuanuntukpengembanganbahanajarpadastrategipembelajaranLaboratoryTrainingmatadiklatpraktikkerjakayuprogramkeahlianTeknikBangunan.Ujicobaprodukdilakukanmelaluiduatahapyaituujipakar/expertjudgementdanujilapangan.Ujipakardilakukandenganmelibatkanpakarisibidangstudidanpakarteknologipembelajaran.Pakarbidangstudiadalahdosenperguruantinggi.UjilapangandilakukandenganmelibatkanguruSMKdansiswaSMKyangdapatmewakilipopulasisasaran.DalamujicobalapanganjugadilibatkandosenFTUMValidasibahanajarpadapenelitianinikepadaahlibidangstudiahlipembelajarangurudansiswaSMK.Hasilvalidasisebagaiberikut(1)pegangangurudengantingkatnilaivalidasi85.63%nilaiinimasukdidalamkategori1yaituantara80%-100%(valid)(2)RPP(rencanapelaksanaanpembelajaran)dengantingkatvaliditas91.67%nilaiinimasukdalamkategori1yaituantara80%-100%(valid)(3)lembarkerjasiswa(jobsheet)dengantingkatvaliditas96.94%nilaiinimasukdalamkategori1yaituantara80%-100%(valid).