Pengembangan bahan ajar untuk pembelajaran laboratory training matadiklat praktik kerja kayu SMK bidang keahlian teknik bangunan / Wega Syamdermawan
Main Author: | Syamdermawan, Wega |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43854/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSyamdermawanWega.2009.PengembanganBahanAjarUntukPembelajaranLaboratoryTrainingMataDiklatPraktikKerjaKayuBidangKeahlianTeknikBangunanSekolahMenengahKejuruan(SMK).SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikBangunanJurusanTeknikSipilFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.MadeWenaM.Pd.M.T.(II)Drs.MujiyonoM.Pd.KatakunciLaboratoryTrainingbahanajarMataPembelajaranpraktikdiSMKmerupakanunitkegiatanpembelajarandalampembentukantenagakerjatingkatmenengahyangterampil.NamunkenyataannyakualitaspembelajaranpraktikdiSMKkhususnyapadaprogramkeahlianTeknikBangunansangatrendah.Disampingitudiperolehgambaranbahwamasihkurangnyabahanajarpenunjangpraktikjugametodepembelajaranyangdipakaigurumasihmenggunakanmodelkonvensional.PenelitianinibertujuanuntukpengembanganbahanajarpadastrategipembelajaranLaboratoryTrainingmatadiklatpraktikkerjakayuprogramkeahlianTeknikBangunan.Ujicobaprodukdilakukanmelaluiduatahapyaituujipakar/expertjudgementdanujilapangan.Ujipakardilakukandenganmelibatkanpakarisibidangstudidanpakarteknologipembelajaran.Pakarbidangstudiadalahdosenperguruantinggi.UjilapangandilakukandenganmelibatkanguruSMKdansiswaSMKyangdapatmewakilipopulasisasaran.DalamujicobalapanganjugadilibatkandosenFTUMValidasibahanajarpadapenelitianinikepadaahlibidangstudiahlipembelajarangurudansiswaSMK.Hasilvalidasisebagaiberikut(1)pegangangurudengantingkatnilaivalidasi85.63%nilaiinimasukdidalamkategori1yaituantara80%-100%(valid)(2)RPP(rencanapelaksanaanpembelajaran)dengantingkatvaliditas91.67%nilaiinimasukdalamkategori1yaituantara80%-100%(valid)(3)lembarkerjasiswa(jobsheet)dengantingkatvaliditas96.94%nilaiinimasukdalamkategori1yaituantara80%-100%(valid).