Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa angkatan tahun 2006/2007 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / A. Taufani Ira

Main Author: A. Taufani Irawan
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/43785/
Daftar Isi:
  • BerdasarkankajianDepartemenPendidikanNasionaldiketahuihanya20%lulusanSLTAyangmelanjutkankeperguruantinggi.UntukitupemerintahberusahameningkatkanrasioSMASMKmenjadi4060.Kebijakaninimenuntutdibukanyaadanyajurusanpendidikanteknikpadapendidikantinggikeguruan.SalahsatunyaadalahProgramstudiPendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeriMalang.DalamkenyataannyainputmahasiswayangmasukprodiiniberagamyaitudariSMAMAdanSMK.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanprestasibelajarmahasiswaberdasarkandari(1)latarbelakangpendidikandan(2)motivasiberprestasinya.Hipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadalahdidugaadaperbedaanprestasibelajarmahasiswadilihatdari(1)latarbelakangpendidikansekolahdan(2)motivasiberprestasinya.PrestasiBelajaradalahhasilbelajarterakhiryangdicapaidalamjangkawaktutertentu(Suryabrata200267).LatarbelakangpendidikanmenurutM.Noorsyam(1987)adalahhasilatauprestasiyangdicapaiolehperkembanganmanusiadanusaha-usahalembagatersebutdalammencapaitujuannya.MotivasiberprestasimenurutMcClelland(1967)adalahsuatuusahauntukmencapaikesuksesanyangbertujuanuntukberhasildalampersaingan.Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptif.Populasipenelitianiniadalahmahasiswaangkatantahun2006/2007ProgramStudiPendidikanTeknikBangunanJurusanTeknikSipilUniversitasNegeriMalangsebanyak68yangsekaligusmenjadisampelpenelitiandenganmenggunakantekniksensussampling.Untukmengujihipotesispenelitianinidatadianalisissecaradeskriptif.SelainitudatajugadianalisismenggunakanujianalisisOneWayAnovadenganmenggunakanStatisticalProgramforSocialSaint(SPSS)14.0forwindows.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwaIPrata-ratamahasiswaasalSMAadalah2.78dariMAadalah2.55dandariSMKadalah2.50.KemudianrespondenasalSMAsebanyak27orangbermotivasitinggidan18orangbermotivasirendahrespondenasalMA4orangbermotivasitinggidan5orangbermotivasirendahsedangkanrespondenasalSMKsebanyak6orangbermotivasitinggidan8orangbermotivasirendah.Kesimpulandalampenelitianadalahterdapatperbedaanprestasibelajarmahasiswaberdasarkanlatarbelakangpendidikandanmotivasiberprestasinya.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarmahasiswahendaknyameningkatkanmotivasiberprestasinyasehinggadapatmemperolehprestasibelajaryangbaik.Selainitulatarbelakangpendidikanhendaknyatidakmenjadikanmahasiswaterpengaruhdalammencapaiprestasibelajaryangsetinggi-tingginya.