Perbedaan prestasi belajar mahasiswa berdasarkan latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa angkatan tahun 2006/2007 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang / A. Taufani Ira
Main Author: | A. Taufani Irawan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43785/ |
Daftar Isi:
- BerdasarkankajianDepartemenPendidikanNasionaldiketahuihanya20%lulusanSLTAyangmelanjutkankeperguruantinggi.UntukitupemerintahberusahameningkatkanrasioSMASMKmenjadi4060.Kebijakaninimenuntutdibukanyaadanyajurusanpendidikanteknikpadapendidikantinggikeguruan.SalahsatunyaadalahProgramstudiPendidikanTeknikBangunanUniversitasNegeriMalang.DalamkenyataannyainputmahasiswayangmasukprodiiniberagamyaitudariSMAMAdanSMK.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanprestasibelajarmahasiswaberdasarkandari(1)latarbelakangpendidikandan(2)motivasiberprestasinya.Hipotesisyangdiajukandalampenelitianiniadalahdidugaadaperbedaanprestasibelajarmahasiswadilihatdari(1)latarbelakangpendidikansekolahdan(2)motivasiberprestasinya.PrestasiBelajaradalahhasilbelajarterakhiryangdicapaidalamjangkawaktutertentu(Suryabrata200267).LatarbelakangpendidikanmenurutM.Noorsyam(1987)adalahhasilatauprestasiyangdicapaiolehperkembanganmanusiadanusaha-usahalembagatersebutdalammencapaitujuannya.MotivasiberprestasimenurutMcClelland(1967)adalahsuatuusahauntukmencapaikesuksesanyangbertujuanuntukberhasildalampersaingan.Penelitianinitermasukdalampenelitiandeskriptif.Populasipenelitianiniadalahmahasiswaangkatantahun2006/2007ProgramStudiPendidikanTeknikBangunanJurusanTeknikSipilUniversitasNegeriMalangsebanyak68yangsekaligusmenjadisampelpenelitiandenganmenggunakantekniksensussampling.Untukmengujihipotesispenelitianinidatadianalisissecaradeskriptif.SelainitudatajugadianalisismenggunakanujianalisisOneWayAnovadenganmenggunakanStatisticalProgramforSocialSaint(SPSS)14.0forwindows.BerdasarkanhasilpenelitiandapatdiketahuibahwaIPrata-ratamahasiswaasalSMAadalah2.78dariMAadalah2.55dandariSMKadalah2.50.KemudianrespondenasalSMAsebanyak27orangbermotivasitinggidan18orangbermotivasirendahrespondenasalMA4orangbermotivasitinggidan5orangbermotivasirendahsedangkanrespondenasalSMKsebanyak6orangbermotivasitinggidan8orangbermotivasirendah.Kesimpulandalampenelitianadalahterdapatperbedaanprestasibelajarmahasiswaberdasarkanlatarbelakangpendidikandanmotivasiberprestasinya.Berdasarkanhasilpenelitianinidisarankanagarmahasiswahendaknyameningkatkanmotivasiberprestasinyasehinggadapatmemperolehprestasibelajaryangbaik.Selainitulatarbelakangpendidikanhendaknyatidakmenjadikanmahasiswaterpengaruhdalammencapaiprestasibelajaryangsetinggi-tingginya.