Pengembangan modul sistem pengisian berbasis inkuiri terbimbing sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran memperbaiki sistem starter dan pengisian di Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Nasional Malang / Ranu Muhammad Saleh

Main Author: Saleh, Ranu Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/43712/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSalehRanuMuhammad.2017.PengembanganModulSistemPengisianBerbasisInkuiriTerbimbingsebagaiMediaPembelajaranpadaMataPelajaranMemperbaikiSistemStarterdanPengisiandiJurusanTeknikKendaraanRinganSMKNasionalMalang.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Prof.MardjiM.Kes.(II)Drs.ImamMudaNauriS.T.M.T.KataKuncipengembanganmodulinkuiriterbimbingsistempengisianBerdasarkanhasilobservasidiSMKNasionalMalangdiketemukanpermasalahandalamprosespembelajaransistempengisianbahanajaryangdigunakanterbataspadaLKSdanpowerpointsehinggasiswakurangmemilikibahanajarsecaramandiri.Berdasarpermasalahantersebutmengembangkanbahanajarberupamodulmerupakansebuahsolusiyangdiperlukan.PenelitianinimenggunakanmetodeResearchandDevelopment(RD)denganpendekatanmodelpengembanganSugiyonoyangterdiridari10langkah.Langkah-langkahtersebutmeliputipotensidanmasalahpengumpuandatadesainprodukvalidasidesainrevisidesainujicobaprodukrevisiprodukujicobaprodukrevisiprodukdanproduksiapdigunakan.HasilpenelitianmenghasilkanmodulSistemPengisiandengankriteriakelayakansebagaiberikutvalidasiahlimediamenunjukanrata-rataprosentasetingkatkelayakanmodulsebesar9524%(valid)validasiahlimaterimenunjukanrata-rataprosentasetingkatkelayakanmodulsebesar8676%(valid)hasilujicobaskalakecilmenunjukanrata-rataprosentasetingkatkelayakanmodulsebesar8547%(valid)danhasilujicobaskalabesarmenunjukanrata-rataprosentasetingkatkelayakanmodulsebesar8298%(valid).BerdasardatatersebutmakadapatdisimpulkanbahwaprodukmodulSistemPengisiandikatakanlayakdandapatdigunakansebagaimediapembelajaranpadakompetensimemeliharasistempengisianolehsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKNasionalMalang.