Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran merawat sistem AC siswa kelas 2 di SMK PGRI 1 Kertosono / Satrio Budi Utomo
Main Author: | Utomo, Satrio Budi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43701/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUtomoSatrioBudi.2015.PengaruhPenerapanModelPembelajaranInkuiriTerhadapMotivasiDanHasilBelajarMatapelajaranMemeliharaSistemACSiswaKelas2DiSMKPGRI1Kertono.SkripsiJurusanMesinProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PartonoM.Pd.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KataKunciModelPembelajaranInkuiriMotivasiHasilBelajar.Modelpembelajaranyangbaikmampuuntukmenciptakiansuasanabelajaryangmenyenangkandankondusifdalamkelassehinggapadaakhirnyajugamampuuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasimodelpembelajaranyangditerapkandiSMKPGRI1Kertosonoselamainiadalahmodelpembelajarankonvensionalmelaluiceramah.Dampakdaripenerapanmodelpembelajaranadalahsiswamenjadipasifdankurangmandiridalambelajar.Olehkarenaituperluadanyasebuahpembaharuanmodelpembelajaranuntukmengubahparadigmatersebutyaitudenganmenerapkanmodelpembelejaraninkuirisebagaialternatifuntukmengatasipermasalahantersebut.Penelitianinimerupakanjenispenelitianexperimentsemu.Pelaksanaanpenelitianinidilaksanakanmelalui4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIProgramKeahlianOtomotifyaituKelasIIO.1sebagaikelaskontroldankelasIIO.2sebagaikelasexperimendiSMKPGRI1Kertosono.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakantestertuliswawancaraangketmotivasisiswadandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaskorrata-ratamotivasibelajarkelasexperimenmencapainilai300hasiltersebutlebihtinggidibandingdengankelaskontrolyaitu280.Walaupunselisihnyakurangsignifikanakantetapidisinitetapadaselisihyangberartibahwasiswapadakelasexperimenmemilikimotivasibelajaryanglebihtinggi.AnalisishasilbelajarsiswamenunjukkanbahwajumlahsiswakelasexperimenyangtelahdinyatakanmelampauiSKMbelajarsebesar90%dan10%dinyatakanbelummelampauiSKMbelajarhasiltersebutjugalebihtinggidibandingkelaskontrolyanghanyamelampauiSKMsebesar65%dan35%yangdinyatakanbelummelampauiSKMbelajar.Makapenelitimenyimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaraninkuirimemilikipengaruhyanglebihsignifikandibandingpenerapanmodelpembelajarankonvensional(ceramah).Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagisekolahsebaiknyamenerapkanmodelpembelajaraninkuirisebagaialternatifpembelajarandikelaspadamatapelajaranMemeliharaSistemAC(2)BagiSiswasebaiknyadalampenerapanmodelpembelajaraninkuirisiswadiharapkanuntuklebihberaniuntukmenyampaikanpertanyaanberargumendapatberpikirkreatifaktifmandiridanlebihtermotivasidalamprosespembelajaran(3)Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitianmodelpembelajaraninkuiripadamatapelajaranlainyadengansekolahberbedaagarhasilpenelitianbisalebihberkembang..