Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap motivasi dan hasil belajar mata pelajaran merawat sistem AC siswa kelas 2 di SMK PGRI 1 Kertosono / Satrio Budi Utomo

Main Author: Utomo, Satrio Budi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/43701/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUtomoSatrioBudi.2015.PengaruhPenerapanModelPembelajaranInkuiriTerhadapMotivasiDanHasilBelajarMatapelajaranMemeliharaSistemACSiswaKelas2DiSMKPGRI1Kertono.SkripsiJurusanMesinProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PartonoM.Pd.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KataKunciModelPembelajaranInkuiriMotivasiHasilBelajar.Modelpembelajaranyangbaikmampuuntukmenciptakiansuasanabelajaryangmenyenangkandankondusifdalamkelassehinggapadaakhirnyajugamampuuntukmeningkatkanmotivasidanhasilbelajarsiswa.BerdasarkanhasilobservasimodelpembelajaranyangditerapkandiSMKPGRI1Kertosonoselamainiadalahmodelpembelajarankonvensionalmelaluiceramah.Dampakdaripenerapanmodelpembelajaranadalahsiswamenjadipasifdankurangmandiridalambelajar.Olehkarenaituperluadanyasebuahpembaharuanmodelpembelajaranuntukmengubahparadigmatersebutyaitudenganmenerapkanmodelpembelejaraninkuirisebagaialternatifuntukmengatasipermasalahantersebut.Penelitianinimerupakanjenispenelitianexperimentsemu.Pelaksanaanpenelitianinidilaksanakanmelalui4tahapyaitu(1)perencanaan(2)pelaksanaan(3)observasidan(4)refleksi.SubjekdalampenelitianiniadalahsiswakelasXIProgramKeahlianOtomotifyaituKelasIIO.1sebagaikelaskontroldankelasIIO.2sebagaikelasexperimendiSMKPGRI1Kertosono.Teknikpengumpulandatadalampenelitianinimenggunakantestertuliswawancaraangketmotivasisiswadandokumentasi.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaskorrata-ratamotivasibelajarkelasexperimenmencapainilai300hasiltersebutlebihtinggidibandingdengankelaskontrolyaitu280.Walaupunselisihnyakurangsignifikanakantetapidisinitetapadaselisihyangberartibahwasiswapadakelasexperimenmemilikimotivasibelajaryanglebihtinggi.AnalisishasilbelajarsiswamenunjukkanbahwajumlahsiswakelasexperimenyangtelahdinyatakanmelampauiSKMbelajarsebesar90%dan10%dinyatakanbelummelampauiSKMbelajarhasiltersebutjugalebihtinggidibandingkelaskontrolyanghanyamelampauiSKMsebesar65%dan35%yangdinyatakanbelummelampauiSKMbelajar.Makapenelitimenyimpulkanbahwapenerapanmodelpembelajaraninkuirimemilikipengaruhyanglebihsignifikandibandingpenerapanmodelpembelajarankonvensional(ceramah).Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)BagisekolahsebaiknyamenerapkanmodelpembelajaraninkuirisebagaialternatifpembelajarandikelaspadamatapelajaranMemeliharaSistemAC(2)BagiSiswasebaiknyadalampenerapanmodelpembelajaraninkuirisiswadiharapkanuntuklebihberaniuntukmenyampaikanpertanyaanberargumendapatberpikirkreatifaktifmandiridanlebihtermotivasidalamprosespembelajaran(3)Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamelakukanpenelitianmodelpembelajaraninkuiripadamatapelajaranlainyadengansekolahberbedaagarhasilpenelitianbisalebihberkembang..