Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan prestasi belajar sistem pengapian sepeda motor di kelas X SMKN 9 Cemorokandang Malang / By Habsi Al Farisi

Main Author: Al Farisi, By Habsi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/43698/
Daftar Isi:
  • ByHabsiAlFarisi.2014.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediauntukMeningkatkanPrestasiBelajarSistemPengapianSepedaMotordiKelasXSMKN9CemorokandangMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikMesinJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd.(II)Drs.PryonoS.TM.T.KataKunciMediaPembelajaranPrestasiBelajarSistemPengapianSepedaMotor12288122881228812288Dalamprosesbelajar-mengajarmediapembelajaranmempunyaiperananyangcukuppentingyaitusebagaialatbantudalamkegiatanpembelajaranbagiguru.Untukitugurudituntutharusmempunyaimediapembelajaranyangdapatmenarikminatsiswadalambelajar.KarenaselamainiprosespembelajaranpadasiswakelasXSMKN9Cemorokandangdimanagurudalammenyampaikanmaterimasihmenggunakanmetodekonvensionalsehinggasiswatidakdapatmemahamisemuamateriyangdiajarkanolehgurudikarenakankurangnyagurudalammemanfaatkanmetodepembelajaranyangunik.12288122881228812288TujuanpenelitianiniadalahuntukpengembanganmediapembelajaranberbasismultimediadalammeningkatkanprestasibelajarsistempengapiansepedamotorsiswakelasXSMKN9CemorokandangMalang.12288122881228812288Metodepenelitianyangdigunakanadalahmetodepengembanganmediapembelajaranberbasismultimediainteraktifinimenggunakanmodelpengem-banganmenurutSadimanperancanganmediapembelajaranmelalui(1)mengana-lisiskebutuhan(2)merumuskantujuanpembelajaran(3)merumuskanbutir-butirmateri(4)menyusuninstrumenevaluasi(5)menulisnaskahmedia(6)produksiprodukmediapembelajaran(7)validasiahli(8)ujicobaproduk(9)revisi10)hasilproduk.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehdatabahwavalidasimateridiperolehpersentase68.75%dantanggapanyangdiberikanahlimediapadainstrumenangketcukuplayaktetapiadabagianyangperludirevisiatasproduknya.Dariahlimateridenganpersentasekevalidannyamencapai83.33%dantanggapanyangdiberikanahlimediapadainstrumenangketkemudianditindaklanjutipadabagianrevisiproduk.Artinyabahwamediapembelajaranberbasismultimediatersebutvaliduntukdigunakansebagaimediapembelajaranuntukmeningkatkanprestasibelajar.Darisiswa/audiensperseorangandenganhasil91.98%Makadapatdisimpulkanbahwamediapembelajaranberbasismultimediauntukmeningkatkanprestasibelajarsistempengapiansepedamotorvalid/layakuntukdigunakansebagaimediapembelajaran.