Studi komparasi penggunaan bahan bakar LPG dan bahan bakar premium terhadap daya dan emisi gas buang sepeda motor empat tak / Muhamad Jainudin

Main Author: Jainudin, Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/43695/
Daftar Isi:
  • JainudinM.2013.StudiKomparasiPenggunaanBahanBakarLpgdanBahanBakarPremiumTerhadapDayadanEmisiGasBuangSepedaMotorEmpatTak.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.ImamMudaNauriS.T.M.T.(II)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.KataKunciBahanBakarLPGPremiumDayaEmisiGasBuangSalahsatudampakburukyangdihasilkanolehkendaraanbermotoradalahemisigasbuangyangkurangramahlingkungan.DisalahsatukotadiIndonesiaproduksigasCOsebesar54.800ton/tahundan98%dihasilkanolehkendaraanNOxsebesar5.650ton/tahunSOxsebesar16.100ton/tahundanproduksiHCsebesar3.100ton/tahun.Perbaikankualitasudaramembutuhkanperhatiankhususagarudarakembaliramahlingkungan.SalahsatuaspekyangbisadiambiluntukmemperbaikikualitasudaraadalahdenganmelakukansubstitusibahanbakaralternatifdaripremiumkeLPG.OlehkarenaitupenelitianinibertujuanuntukmengetahuiapakahadaperbedaanyangsignifikanpadadayadanemisigasbuangsepedamotorempattakdenganmenggunakanbahanbakarLPGdanbahanbakarpremium.PenelitianinimenggunakanmetodeeksperimensemudimanasepedamotorempattakberbahanbakarLPGdanpremiumdiujidalamkeadaanstatis.Pengujiandayadilakukandenganmenggunakandynotestsedangkanuntukpengujianemisigasbuangdilakukandenganmenggunakangasanalyzer.Hasildarianalisisdatamenunjukkanbahwarata-ratadayayangdihasilkansepedamotordenganbahanbakarLPGadalah6.2hpsedangkanpremiumadalah7.3hp.Rata-rataemisigasbuangCOyangdihasilkanolehsepedamotordenganbahanbakarLPGadalahsebesar0.8%volsedangkanpremiumsebesar1.3%vol.Rata-rataemisigasbuangCO2yangdihasilkanolehsepedamotordenganbahanbakarLPGadalahsebesar5.5%volsedangkanpremiumsebesar5.39%vol.Rata-rataemisigasbuangHCyangdihasilkanolehsepedamotordenganbahanbakarLPGadalahsebesar197.91ppmsedangkanpremiumsebesar135.76ppm.DarihasilpenelitianinitidakterdapatperbedaanyangsignifikanpadadayaemisigasbuangCOdanemisigasbuangCO2sepedamotorempattakdenganmenggunakanbahanbakarLPGdanbahanbakarpremium.SedangkanuntukemisigasbuangHCterdapatperbedaanyangsignifikanpadaemisigasbuangtersebut.EmisigasbuangHCpadasepedamotordenganmenggunakanbahanbakarpremiumlebihrendahjikadibandingkandenganbahanbakarLPG.Akantetapipadaputaran4000rpmemisigasbuangHCpadaLPGmengalamipenurunansebesar52.11%.SelanjutnyadenganhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwaLPGbisadigunakansebagaibahansepedamotoruntuksubstitusidaribahanbakarpremium.DayadanemisigasbuangdaribahanbakarLPGjugabisadimaksimalkanmenjadilebihbaikdenganadanyaconverterkityangtepatuntuksepedamotor.