Pengaruh penggunaan alat pemutus sistem perlambatan otomatis terhadap emisi gas buang (CO, CO2 dan HC) pada motor bensin Toyota 4K oleh Hernowo Subiantoro
Main Author: | Subiantoro, Hernowo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43691/ |
Daftar Isi:
- KendaraanbermotorpadaabadinitelahmenjadisuatufasilitaspentingdalamsebagianbesarbentukaktivitaskehidupanmanusiaD.inegarakitabahkandiduniainternasionatlransportasteilahmenjadisalahsatutulangpunggungrodaperekonomiaDn.arisekianbanyakprodukskiendaraabnermotors.elainmemberikemudahanbagiumatmanusiajugamulai.dirasakadnampaknegatifrryaterlebihlebihdengantimbulnyakerusakanlingkunganyangditandaidengantimbulnyapencemaraundarapemanasagnlobalbumidanpenyakitsaluranpemapasapnadamanusia.Akibatketergantunganmanusiaterhadapsaftrnatransportaskiendaraanbermotorternyatatelahmenjadipenyumbangterbesarpenyebabpolusiudarakota.lntidaritimbulnyapencemaranudaradikota-kotayangberlalulintaspadatadalahprodukemisigasbuangdanprosespembakaranyangtidaksempurnadarikendaraanbermotor.Adatigaemisipokokyangdihasilkankendaraanbermotoryaituyangpertamakarbonmonoksida(CO)keduaadalahkarbondioksida(CO2)danketigaadalahhidrokarbo(nHC).UntukmembatassiertamengontroelmisigdsbuangdarikendaraabnermotormakadilakukansuatucarapembatasannySa.alahsatucarayangdikembangkanadalahdengancarapenambahaanlatpemulussistemperlamhatanotomutisA.latinibekerjasecaraelektronikyanginputnyaberasadlarisensorkatupgasdansensorputaranmotorsedangkanoutputnyakcselenoidkarburator.Sistemperlambataninibekerjapadasaatkendaraamnengalampierlambatadnanmengerem(pedalgasdilepas)atautepatnyapadasaatputarantinggimenujuputaranrendah.Motorakanberhentibekerjasesaaktarenasuplaibahanbakarterhenti.Berhentinyasuplaibahanbakarkerrangintakemanifolddapatkitasetelpadaputaranmotortertentusesuaidengankeinginankita.Berhentinyasuplaibahanbakarkeruangintakemanifolddapatkitasetelpadaputaranmotortertentusesuaidengankeinginankitadengancatatantidakpadaputaranstasionemrotor(1250rpm).Padasaatturunpengemudimengrnjakpedalremyangberartimelepaspedalgas.SaatinilahsakelayrangterpasanpgadapedalgasmenghubungJ.ikaputaranmesinmasihdiatas1250rpmmakarelaiputaranbekerjaB.ekerjanyarelaiputaranmengakibatkarnelaipemutusjugabekerjauntukmemutuskanarusIGyangmenujukeselenoidsehinggabahanbakarbensintidakmengalirkeruangintakemanifoldPadakondisiiniprosespengapianterusberlangsungdankemudianuntukselangwaktusepersekiandetikmotormeniadakanprosespembakaranl.ogikanyajikatidakterjadiprosespembakaranmakatidakadaproduksigasCOCOzdanHC.Jikaputaransudahturunkurangdari1250rpmmakarelaiputarantidakbekerjalagisehinggarelaipemutusjugatidakbekerjauntukmemutusarusdariIGkeselenoid.Dengandemikianbahanbakarakanmengalirkembalisecaraotomatisdanmotorakantetaphidupdankembalibekerja.PenelitianinibermuladariadanyapermasalahaynaituapakahterdapatperbedaankadaremisigasbuangCOCO2danHCpadamotorToyota4Kantarayangmenggunakanalatpekutussistemperlambatanotomatisdenganyangtidak.SehinggatujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahupierbedaankadaremisigasbuangCOCO2danHCpadamotorToyota4Kantarayangmenggunakanalatpekutussistemperlambataontomatisdenganyangtidak.TempaptenelitiandilakukandiLaboratoriumOtomotipUniversitasNegeriMalangdenganbantuanalatEmissionlestersertaenginestandToyota4K.RancangapnenelitianyangdigunakanadalahjeniseksperimentaAl.nalisishasilpenelitianyangdipakaiadalahteknikanalisisstatistikuji-Tdengantarafsignifikans0i.05.Pelaksanaaannalisisdilakukandenganmenggunakabnantuankomputermelaluiprogram.lSlSPC-forwirulowsreleuse80.KegiatanyangdilakukanadalahmendatakadaremisigasbuangCOCOzdanHCpadamotorToyota4Kantarayungnggunakanalatpemutussistemperlambataontomatisdenganyangtidak(lndependenStampleTest).HasilpenelitianinimenunjukkanbahwaterdapatperbdaanyangsangatsignifikankadaremisigasbuangCOCO2danHCpadamotorToyota4Kantarayangmenggunakanalatpemutussistemperlambatanotomatisdenganyangtidak.BesarnyaperbedaaknadaremisiCOdengannilait-tes16y30danp005untukperbedaaknadaremisiCO2dengannilait-tes19425danp005sedangkanperbedaaknadaremisiHCdengannilait-test3494danp005.DarianalisispenelitianinidapatdisimpulkanbahwaadaperbedaankadaremisigasbuangCOCOzdanHCantarayangmenggunakanalatpemutussisternperlambataontomatisdenganyangtidakpadamotorToyota4K.HasilpenelitianinijugamerekomendasikauntukpengembangapnenelitianselanjutnyayangsejenisuntukpengaruhpenambahanalatpernutussistemperlambatanotomatisterhadapefisiensibahanbakardanwaktuperlambatanS.elainitujugapenambahanobjekpenelitianuntukmenggunakanmotordenganmerkdanjumlahsilinderyangberbeda.