Analisis dokumen kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) pada SMK berstandar nasional di Kabupaten Tulungagung / Arif Budi Yasmono

Main Author: Arif Budi Yasmono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/43684/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKYasmonoArifB.2007.AnalisisDokumenKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)padaSMKBerstandarNasionaldiKabupatenTulungagung.JurusanTeknikMesin.FakultasTeknik(FT)UniversitasNegeriMalang(UM).DosenPembimbing(I)Dr.MardiWiyonoM.Pd.(II)Drs.H.YotoS.T.M.Pd.M.M.KataKuncikurikulumsilabusstandarisistandarkompetensiUpayapeningkatankualitaspendidikanmasihterusdilakukan.SalahsatunyaadalahpemberlakuanKurikulumTingkatSatuanPendidikan(KTSP)padatahunpelajaran2006/2007.DalamKTSPsetiapsatuanpendidikandiberikeleluasaanuntukmenyusundanmengembangkankurikulumnyasendirimengacupadaStandarIsi(SI)danStandarKompetensiLulusan(SKL)sertaberpedomanpadapanduanpenyusunanyangdikembangkanBSNP.PermasalahnyasekarangsetiappenyelenggarapendidikanditingkatsatuankhususnyagurutentumempunyaipemahamandansikapyangberbedaterhadapKTSP.Mengingatgurutidakpernahbelajarbagaimanamembuatkurikulumsendiritentunyaakanmenghasilkankurikulumoperasionalyangbervariatif.Tujuanpenelitiandisiniadalah1)mendeskripsikanhasilpenyusunandokumenKTSPyangdirumuskanolehSMKberstandarnasionaldiKabupatenTulungagungyangmeliputi(a)tujuanpendidikansekolah(b)standarkompetensi(c)strukturdanmuatankurikulum2)mendeskripsikanhasilpenyusunansilabusdiSMKberstandarnasionaldiKabupatenTulungagung.PenelitianinidilakukandenganmetodestudikasuskarenajumlahobjekpenelitianyangtermasukdalamSMKberstandarnasionalpadakelompokteknologihanya3sekolahyaitu(1)SMKNegeri3Boyolangu(2)SMKSoredan(3)SMKVeteran.DariketigasekolahtersebutakandinilaiprodukKTSP-nyayangmeliputidokumenKTSPdansilabus.Masing-masingkomponenakandiklasifikasikanmenjadi5kriteriayaitutidakada/kurangsekali(0)kurang(1)cukup(2)baik(3)danbaiksekali(4).Hasilanalisismenunjukkanbahwa1)dokumenKTSPyangdirumuskanolehSMKberstandarnasionalsudahmengacupadaSIdanSKLdanmemenuhipedomanpenyusunanyangdikembangkanBSNPyaitukategoribaikuntukSMKVeterandanSMKSoresedangkanSMKN3termasukkategoribaiksekali.(a)tujuanpendidikansekolahyangdirumuskanketigasekolahsudahmemenuhistandarpenyusunanyangdikembangkanBSNPyaitutermasukkategoribaiksekali(b)standarkompetensiyangdikembangkanolehketigasekolahsudahmengacupadaSKLyaitudengankategoribaik(c)strukturdanmuatankurikulumyangdikembangkansekolahsudahcukupmengacupadaSIpadaSMKVeterandanSMKSoresedangkanSMKN3termasukkategoribaiksekali2)silabusyangdirumuskanolehSMKberstandarnasionalsudahmengacupadaSIdanSKLsertaberpedomanpadastandarpenyusunanyangdikembangkanBSNPyaitutermasukkategoribaiksekali.