Pengaruh model pembelajaran group investigation metode mind mapping dan metode diskusi terhadap hasil belajar mata pelajaran perawatan sistem Air Conditioner (AC) bagi siswa SMK kelas XII TKR SMKN 2 Bojonegoro / Wahyu Lantip Anggraito

Main Author: Anggraito, Wahyu Lantip
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Online Access: http://repository.um.ac.id/43617/
Daftar Isi:
  • vABSTRAKAnggraitoWahyuLantip.2019.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationMetodeMindMappingdanMetodeDiskusiTerhadapHasilBelajarMataPelajaranPerawatanSistemAirconditioner(AC)BagiSiswaSMKKelasXIITKRSMKNegeri2Bojonegoro.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PartonoM.Pd.(II)Dr.Drs.SyarifSuhartadiM.Pd.KataKuncimodelinvestigasikelompokmetodepetapikiranhasilbelajarPelaksanaanpembelajaranpadaSekolahMenengahKejuruanhendaknyamenggunakanpendekatansaintifiknamunpadakenyataaannyametodeceramahmasihbanyakdigunakan.Haltersebutmenyebabkansiswamenjadipasifdansulitmemahamimateriyangdiajarkanolehgurusehinggamempengaruhihasilbelajarsiswa.Olehkarenaituperluadanyapenyesuaianmodelpembelajaranyangdapatmeningkatkanpastisipasisiswasehinggapembelajarandikelasmenjadimenyenangkansertaberdampakpositifterhadaphasilbelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhantaramodelpembelajarangroupinvestigationmetodemindmappingdanmodelpembelajarangroupinvestigationmetodediskusimenggunakanpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimen.Rancanganpenelitiannyaadalaheksperimensemudandesainpenelitianyangdigunakanadalahposttestonlycontrolgroupdesign.SubyekpenelitianiniadalahsiswaSMKnegeri2BojonegorokelasXIITKR1sebagaikelaseksperimensatudankelasXIITKR2sebagaikelaseksperimenduadengantotal60siswa.Metodepengambilandatayangdigunakanadalahujitessoalpilihanganda.Analisisdatayangdigunakanadalahujikomparatifdanujitindependen.Berdasarakandatahasilpenelitiandiketahuibahwakelasyangmenggunakanmodelpembelajaraninvestigasikelompok(Groupinvestigation)metodepetapikiran(MindMapping)mendapatrata-ratahasilbelajarsebesar832dengannilaiterendah76dannilaitertinggi92sedangkankelasyangmenggunakanmodelpembelajaraninvestigasikelompokmetodediskusimendapatrata-ratahasil743dengannilaiterendah60dannilaitertinggi84.Sehinggadapatdisimpulkanterdapatperbedaanyangsignifikanantarakelasyangmenggunakanmodelpembelajaraninvestigasikelompokmetodepetapikirandengankelasyangmenggunakanmodelpembelajaraninvestigasikelompokmetodediskusi.