Pengaruh penggunaan groundstrap dan variasi jenis busi terhadap daya sepeda motor Honda Beat F1 tahun 2016 / Ivan Adi Pamungkas

Main Author: Pamungkas, Ivan Adi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/43606/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPamungkasIvanAdi.2018.PengaruhPenggunaanGroundstrapdanVariasiJenisBusiTerhadapDayaSepedaMotorHondaBeatFI2016.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ParyonoS.T.M.T.(II)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.KataKunciGroundstrapBusiIgnitionBoosterKabelBusidanDayaModifikasidilakukanuntukmeningkatkanperformakendaraan.Modifikasidilakukandengancarapenggantianpartataudenganpenambahanpart.Penggunalebihmemilihmelakukanpenambahanpartkarenabiayauntukpenggantianpartrelatifmahal.Salahsatuinovasitersebutadalahpenggunaanignitionbooster.Ignitionboosteradalahalatyangdipasangkanuntukmeningkatkankualitaspengapian.Groundstrapmerupakansalahsatujenisignitionboosterprinsipkerjanyamemanfaatkanelektromagnetuntukmendorongfluksmagnetsehinggaarusyangdihasilkanlebihstabil.PenelitianeksperimeninidilakukanpadakendaraanHondaBeatFI110ccdenganperlakuanberbeda.Pertamamelakukanpencatatandatapengukurandayadenganjenisbusistandarplatinumdaniridiumsebagaistandarpengukurantanpamenggunakangroundstrapdanpengukurankeduamenggunakangroundstrap.Pengambilandatamenggunakanalatdynotest.DatayangdiambilmulaidariRPM4000-9000dengankenaikan500RPM.TeknisanalisisdatamenggunakanstatistikparametrikdenganmetodeOneWayAnova.HasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadaperbedaanyangsignifikanantarapenggunaangroundstrapdanjenisbusistandarplatinumdaniridiumpadasepedamotorHondabeatFI110cc.Penggunaangroundstrapmeningkatkandayamaksimalbusistandarsebesar1046HPbusiplatinum1066HPdaniridium1058HPakantetapihasiltersebuttidaksignifikankemungkinanhaltersebutdisebabkankarenateganganyangmampuditerimabusisudahmaksimal.Dengandemikiandapatdisarankanperluadanyapengembangandanpenelitianlebihlanjutmengenaipengaruhpenggunaanpengaruhpenggunaangroundstrapterhadapteganganlistrikdanmedanmagnetyangdihasilkan.