Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 2 Tulungagung / Rizaldi Ilham Zaky

Main Author: Zaky, Rizaldi Ilham
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/43582/
Daftar Isi:
  • RINGKASANZakyRizaldiIlham.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)TerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranTeknologiDasarOtomotif(TDO)KelasXJurusanTeknikKendaraanRinganOtomotif(TKRO)diSMKNegeri2Tulungagung.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(II)Drs.PartonoM.PdKataKunciProblemBasedLearning(PBL)HasilBelajar.PembelajarandiSMKbertujuanuntukmenyiapkansiswamemasukiduniakerjasehinggadiperlukanmodelpembelajaranyangsesuaidenganorientasipadaduniakerja.Akantetapipadakenyataannyabanyakditemuipermasalahanyangmengindikasikanmasihbelumoptimalnyapembelajarandalammembentukpemahamandanketerampilansiswayangsesuaidenganduniakerja.Berdasarkanhaltersebutperludigunakanmodelpembelajaranyangmampumembentukkondisibelajaryangsesuaidengankondisiduniakerja.PenelitianinibertujuanuntukmengujisignifikansiperbedaanhasilbelajarmatapelajaranTeknologiDasarOtomotifantarakelompoksiswayangdikenakanmodelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dankelompoksiswayangdikenakanmodelPembelajaranKonvensional.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasiExperimentalDesign.Desaininimempunyaikelompokkontroltetapitidakdapatberfungsisepenuhnyauntukmengontrolvariabel-variabelluaryangmungkinmempengaruhipelaksanaaneksperimen.QuasiExperimentalDesigndigunakankarenapadakenyataannyasulitmendapatkankelompokkontrolyangdigunakanuntukpenelitian.Dalampenelitianinipengaruhadanyatreatmentdianalisisdenganujibedareratamenggunakanstatistikt-test.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarmatapelajaranTeknologiDasarOtomotifsiswayangmenggunakanmodelProblemBasedLearning(PBL)lebihbaikdaripadahasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelPembelajaranKonvensional.Hasileksperimenmenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarsiswayangdikenaimodelProblemBasedLearning(PBL)sebesar7943danrata-ratahasilbelajarsiswayangdikenaimodelPembelajaranKonvensionalsebesar6786.NilaitertinggiyangdidapatkanpadakelasyangdikenaimodelProblemBasedLearning(PBL)sebesar95danyangterendahsebesar50sedangakannilaitertinggiyangdidapatkanpadakelasyangdikenaimodelPembelajaranKonvensionalsebesar90danyangterendahsebesar40.v