Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif (TDO) kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) di SMK Negeri 2 Tulungagung / Rizaldi Ilham Zaky
Main Author: | Zaky, Rizaldi Ilham |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43582/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANZakyRizaldiIlham.2018.PenerapanModelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)TerhadapHasilBelajarSiswaPadaMataPelajaranTeknologiDasarOtomotif(TDO)KelasXJurusanTeknikKendaraanRinganOtomotif(TKRO)diSMKNegeri2Tulungagung.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(II)Drs.PartonoM.PdKataKunciProblemBasedLearning(PBL)HasilBelajar.PembelajarandiSMKbertujuanuntukmenyiapkansiswamemasukiduniakerjasehinggadiperlukanmodelpembelajaranyangsesuaidenganorientasipadaduniakerja.Akantetapipadakenyataannyabanyakditemuipermasalahanyangmengindikasikanmasihbelumoptimalnyapembelajarandalammembentukpemahamandanketerampilansiswayangsesuaidenganduniakerja.Berdasarkanhaltersebutperludigunakanmodelpembelajaranyangmampumembentukkondisibelajaryangsesuaidengankondisiduniakerja.PenelitianinibertujuanuntukmengujisignifikansiperbedaanhasilbelajarmatapelajaranTeknologiDasarOtomotifantarakelompoksiswayangdikenakanmodelPembelajaranProblemBasedLearning(PBL)dankelompoksiswayangdikenakanmodelPembelajaranKonvensional.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahQuasiExperimentalDesign.Desaininimempunyaikelompokkontroltetapitidakdapatberfungsisepenuhnyauntukmengontrolvariabel-variabelluaryangmungkinmempengaruhipelaksanaaneksperimen.QuasiExperimentalDesigndigunakankarenapadakenyataannyasulitmendapatkankelompokkontrolyangdigunakanuntukpenelitian.Dalampenelitianinipengaruhadanyatreatmentdianalisisdenganujibedareratamenggunakanstatistikt-test.HasilpenelitianmenunjukkanbahwahasilbelajarmatapelajaranTeknologiDasarOtomotifsiswayangmenggunakanmodelProblemBasedLearning(PBL)lebihbaikdaripadahasilbelajarsiswayangmenggunakanmodelPembelajaranKonvensional.Hasileksperimenmenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarsiswayangdikenaimodelProblemBasedLearning(PBL)sebesar7943danrata-ratahasilbelajarsiswayangdikenaimodelPembelajaranKonvensionalsebesar6786.NilaitertinggiyangdidapatkanpadakelasyangdikenaimodelProblemBasedLearning(PBL)sebesar95danyangterendahsebesar50sedangakannilaitertinggiyangdidapatkanpadakelasyangdikenaimodelPembelajaranKonvensionalsebesar90danyangterendahsebesar40.v