Pengaruh diameter velocity stack terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-Fi / Saiful Bachri

Main Author: Bachri, Saiful
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/43574/
Daftar Isi:
  • RINGKASANBachriSaiful.2018.PengaruhVariasiDiameterVelocityStackTerhadapEmisiGasBuangDanKonsumsiBahanBakarPadaSepedaMotorHondaBEATPGM-FI.SkripsiProgamStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SumarliM.P.dM.T(II)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoSEM.PdMMKataKunciVelocityStackEmisiGasBuangEfisiensiBahanBakar.Perkembanganilmudantegnolologidalamduniaotomotifdiindonesiasaatinisemakinpesatpadaperiodebelakanganini.Penyempurnaanteknologiterusdilakukanuntukmenyempurnakantegnologiterdahulu.berbagaiinovasidilakukanuntukmengoptimalkansistemudaramasukagarefisiensivolumetricbisameningkatsalahsatuinovasiyangdilakukanadalahdenganmenambahkanpirantivelocitystackpadasistemudaramasuk.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhvariasidiametervelocitystackterhadapefisiensibahanbakardanemisigasbuangkarbonmonoksidadanhidrokarbonpadamotorbensin.SehinggadapatdiketahuipengaruhpenggunaanvelocitystackterhadapefisiensibahanbakardanemisigasbuangCOdanHCsisahasilpembakaran.Pengambilandatainidilakukandenganalatgasanalyzerstopwatchtachometerdangelasukuruntukmengetahuikadaremisigasbuangkarbonmonoksidadanhidrokarbonsertakonsumsibahanbakar.ObjekpenelitianinimenggunakansepedamotorHondaBEATPGM-FItahunperakitan2014.Metodeyangdigunakanadalahdenganmembandingkankadaremisigasbuangdankonsumsibahanbakarantaratanpapenerapanvariasidiametervelocitystackdenganpenerapanvariasidiametervelocitystack.Padapengaplikasiannyasetiapvariasidiametervelocitystackdantanpapenerapanvelocitystackdilakukanpengambilandatapada1500RPMhingga8000RPMdengankelipatan500RPM.Hasildaripenelitianyangdilakukandapatdisimpulkan1)terdapatpengaruhpadapenggunaanvariasidiametervelocitystackdibandingtanpamenggunakanvariasidiametervelocitystackterhadapemisigasbuangCO.2)terdapatpengaruhpadapenggunaanvariasidiametervelocitystackdibandingtanpamenggunakanvariasidiametervelocitystackterhadapemisigasbuangHC.3)terdapatpengaruhpadapenggunaanvariasidiametervelocitystackdibandingtanpamenggunakanvariasidiametervelocitystackterhadapefisiensibahanbakar.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagipenggunasepedamotoruntukmempertimbangkandesainvariasiukurandarivelocitystackdankarakteristikmesinsebelummengaplikasikannyapadasepedamotordikarenakansetiapbentukdesainukuranyangberbedamemilikipengaruhpadakonsumsibahanbakardanemsigasbuangyangdihasilkan.Danperlujugamempertimbangkanmodelpemakaiansepedamotorsebelummenggunakanvariasivelocitystack.