Pengaruh diameter velocity stack terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-Fi / Saiful Bachri
Main Author: | Bachri, Saiful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43574/ |
Daftar Isi:
- RINGKASANBachriSaiful.2018.PengaruhVariasiDiameterVelocityStackTerhadapEmisiGasBuangDanKonsumsiBahanBakarPadaSepedaMotorHondaBEATPGM-FI.SkripsiProgamStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SumarliM.P.dM.T(II)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoSEM.PdMMKataKunciVelocityStackEmisiGasBuangEfisiensiBahanBakar.Perkembanganilmudantegnolologidalamduniaotomotifdiindonesiasaatinisemakinpesatpadaperiodebelakanganini.Penyempurnaanteknologiterusdilakukanuntukmenyempurnakantegnologiterdahulu.berbagaiinovasidilakukanuntukmengoptimalkansistemudaramasukagarefisiensivolumetricbisameningkatsalahsatuinovasiyangdilakukanadalahdenganmenambahkanpirantivelocitystackpadasistemudaramasuk.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhvariasidiametervelocitystackterhadapefisiensibahanbakardanemisigasbuangkarbonmonoksidadanhidrokarbonpadamotorbensin.SehinggadapatdiketahuipengaruhpenggunaanvelocitystackterhadapefisiensibahanbakardanemisigasbuangCOdanHCsisahasilpembakaran.Pengambilandatainidilakukandenganalatgasanalyzerstopwatchtachometerdangelasukuruntukmengetahuikadaremisigasbuangkarbonmonoksidadanhidrokarbonsertakonsumsibahanbakar.ObjekpenelitianinimenggunakansepedamotorHondaBEATPGM-FItahunperakitan2014.Metodeyangdigunakanadalahdenganmembandingkankadaremisigasbuangdankonsumsibahanbakarantaratanpapenerapanvariasidiametervelocitystackdenganpenerapanvariasidiametervelocitystack.Padapengaplikasiannyasetiapvariasidiametervelocitystackdantanpapenerapanvelocitystackdilakukanpengambilandatapada1500RPMhingga8000RPMdengankelipatan500RPM.Hasildaripenelitianyangdilakukandapatdisimpulkan1)terdapatpengaruhpadapenggunaanvariasidiametervelocitystackdibandingtanpamenggunakanvariasidiametervelocitystackterhadapemisigasbuangCO.2)terdapatpengaruhpadapenggunaanvariasidiametervelocitystackdibandingtanpamenggunakanvariasidiametervelocitystackterhadapemisigasbuangHC.3)terdapatpengaruhpadapenggunaanvariasidiametervelocitystackdibandingtanpamenggunakanvariasidiametervelocitystackterhadapefisiensibahanbakar.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanbagipenggunasepedamotoruntukmempertimbangkandesainvariasiukurandarivelocitystackdankarakteristikmesinsebelummengaplikasikannyapadasepedamotordikarenakansetiapbentukdesainukuranyangberbedamemilikipengaruhpadakonsumsibahanbakardanemsigasbuangyangdihasilkan.Danperlujugamempertimbangkanmodelpemakaiansepedamotorsebelummenggunakanvariasivelocitystack.