Pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap emisi gas buang pada sepeda motor New Vixion / Puguh Santoso
Main Author: | Santoso, Puguh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43569/ |
Daftar Isi:
- vRINGKASANSantosoPuguh.2018.PengaruhPenggunanKoilStandarDanKoilRacingDenganBusiIridiumTerhadapEmisiGasBuangpadaSepedaMotorNewVixion.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.ParyonoS.TM.T(2)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.EM.PdM.M.KataKunciKoilBusiKarbonmonoksidaHidrokarbon.Saatiniindustriotomotifdiindonesiaberkembangsangatpesat.Inidiakibatkanolehkebutuhanmasyarakatterhadaptransportasi.Jumlahtransportasidiindonesiayangmeningkatdiindonesiaberakibatpadapeningkatankadaremisigasbuangdikendaraanbermotor.emisigasbuangtersebutadalahCOHCNox.Untukmengurangiemisigasbuangtersebutinidapatdilakukanmelaluipengubahanpadasistempengapiannya.Penelitianinibertujuanuntukmengatahuipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapemisigasbuangkarbonmonoksidadanhidrokarbon.Sehinggadapatdiketahuipresentasekadaremisigasbuangdikendaraanbermotortersebutdenganmenggunakanbahanbakarpertalite.Pengambilandatadilakukandenganmenggunakangasanalizerdanobjekpenelitianinimenggunakankendaraansepedamotornewvixiontahun2013.Metodeyangdigunakanadalahmembandingkankadaremisigasbuangantarapenggunaankoilstandardenganbusiiridiumdankoilracingdenganbusiiridium.Pengambilandatadilakukanpadaputaran1500rpmhinggaputaran9000rpmdengankelipatan500rpm.Halinidilakukanuntukmemastikandatayangdiperolehtelahvalid.Datayangdiperolehdaripenelitianiniadalahhasiltertinggipadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapemisigasbuangkarbonmonoksida(CO)terdapatpadaputaran6500rpmdenganangka218%vol.Hasilterendahpadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapkarbonmonoksida(CO)terdapatpadaputaran4000rpmdenganangka010%vol.Hasiltertinggipadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapemisigasbuanghidrokarbon(HC)terdapatpadaputaran1500rpmdenganangka144ppm.Hasilterendahpadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapkarbonhidrokarbon(HC)terdapatpadaputaran4000rpmdenganangka14ppm.Berdasarkanhasilpenelitianpadapenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumdatayangdiperolehtidakdapatmenurunkanemisigasbuang(COdanHC)secarasignifikandilihatdarianalisismenggunakanujionewayanovadenganSPSS.DalamhaliniujiyangdidapattidaksignifikandalamPenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiummenurunkanemisigasbuang(COdanHC).DarihasilpenelitianyangditunjukkanperluadanyapenelitianlebihlanjutdalampengubahansistempengapianpadamotorinjeksidenganmenambahkomponenyanglainsepertikoilbusidenganteganganyanglebihbesarlagidanECU(electronikcontrolunit)sehinggadapatdiketahuidariemisigasbuangdayatorsidankonsumsibahanbakarpadasepedamotor.