Pengaruh penggunaan koil standar dan koil racing dengan busi iridium terhadap emisi gas buang pada sepeda motor New Vixion / Puguh Santoso

Main Author: Santoso, Puguh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/43569/
Daftar Isi:
  • vRINGKASANSantosoPuguh.2018.PengaruhPenggunanKoilStandarDanKoilRacingDenganBusiIridiumTerhadapEmisiGasBuangpadaSepedaMotorNewVixion.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.ParyonoS.TM.T(2)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.EM.PdM.M.KataKunciKoilBusiKarbonmonoksidaHidrokarbon.Saatiniindustriotomotifdiindonesiaberkembangsangatpesat.Inidiakibatkanolehkebutuhanmasyarakatterhadaptransportasi.Jumlahtransportasidiindonesiayangmeningkatdiindonesiaberakibatpadapeningkatankadaremisigasbuangdikendaraanbermotor.emisigasbuangtersebutadalahCOHCNox.Untukmengurangiemisigasbuangtersebutinidapatdilakukanmelaluipengubahanpadasistempengapiannya.Penelitianinibertujuanuntukmengatahuipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapemisigasbuangkarbonmonoksidadanhidrokarbon.Sehinggadapatdiketahuipresentasekadaremisigasbuangdikendaraanbermotortersebutdenganmenggunakanbahanbakarpertalite.Pengambilandatadilakukandenganmenggunakangasanalizerdanobjekpenelitianinimenggunakankendaraansepedamotornewvixiontahun2013.Metodeyangdigunakanadalahmembandingkankadaremisigasbuangantarapenggunaankoilstandardenganbusiiridiumdankoilracingdenganbusiiridium.Pengambilandatadilakukanpadaputaran1500rpmhinggaputaran9000rpmdengankelipatan500rpm.Halinidilakukanuntukmemastikandatayangdiperolehtelahvalid.Datayangdiperolehdaripenelitianiniadalahhasiltertinggipadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapemisigasbuangkarbonmonoksida(CO)terdapatpadaputaran6500rpmdenganangka218%vol.Hasilterendahpadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapkarbonmonoksida(CO)terdapatpadaputaran4000rpmdenganangka010%vol.Hasiltertinggipadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapemisigasbuanghidrokarbon(HC)terdapatpadaputaran1500rpmdenganangka144ppm.Hasilterendahpadaujipengaruhpenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumterhadapkarbonhidrokarbon(HC)terdapatpadaputaran4000rpmdenganangka14ppm.Berdasarkanhasilpenelitianpadapenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiumdatayangdiperolehtidakdapatmenurunkanemisigasbuang(COdanHC)secarasignifikandilihatdarianalisismenggunakanujionewayanovadenganSPSS.DalamhaliniujiyangdidapattidaksignifikandalamPenggunaankoilstandardankoilracingdenganbusiiridiummenurunkanemisigasbuang(COdanHC).DarihasilpenelitianyangditunjukkanperluadanyapenelitianlebihlanjutdalampengubahansistempengapianpadamotorinjeksidenganmenambahkomponenyanglainsepertikoilbusidenganteganganyanglebihbesarlagidanECU(electronikcontrolunit)sehinggadapatdiketahuidariemisigasbuangdayatorsidankonsumsibahanbakarpadasepedamotor.