Pengaruh model pembelajaran group investigation metode mind mapping terhadap hasil belajar mata pelajaran sistem pemindah tenaga materi sistem transmisi bagi siswa SMK kelas XI TKR SMK Nasional Malang / Yani Atmaja Dwiprani

Main Author: Dwiprani, Yani Atmaja
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/43542/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKDwipraniYaniAtmaja.2018.PengaruhModelPembelajaranGroupInvestigationMetodeMindMappingTerhadapHasilBelajarMataPelajaranSistemPemindahTenagaMateriSistemTransmisiBagiSiswaSMKKelasXITKRSMKNasionalMalang.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Drs.SyarifSuhartadiM.Pd.(II)Drs.Ir.EkoEdiPoerwantoS.E.M.M.M.Pd.KataKuncimodelpembelajaranGImetodepetakonsephasilbelajarPembelajaranyangditerapkandiSMKsaatinibersifatteachercenteryangartinyaseluruhkegiatanbelajardipusatkanolehgurusertamenggunakanmetodeceramahsehinggapembelajaranmenjadimembosankan.Siswamenjadisulitmemahamimateriyangdiajarkanolehgurusehinggamempengaruhihasilbelajaryangdiperolehsiswa.Disampingituperhatiansiswapadasaatpembelajaranberlangsungkurangmaksimalkarenapembelajaranyangditerapkankurangbervariasi.Jumahsiswapadasetiapkelascenderungbesarsehinggafokussiswamudahterpecahkarenaperhatiangurukurangmerata.Olehkarenaituperluadanyapenyesuaianmodelpembelajarandisertaimetodeyangbersifatstudentcenteryangdapatmeningkatkankreatifitassiswasehinggapembelajarandikelasmenjadimenyenangkansertaberdampakpositifterhadaphasilbelajar.Hasilbelajarsiswamenjadisangatpentingkarenadigunakansebagaitolokukuruntukmengetahuikeberhasilanpadaprosespembelajarandisekolah.Modelpembelajargroupinvestigationmerupakanmodelpembelajarankooperatifyangsesuaidenganteoribelajarkontruktivismeyangmemberikanpenekananpadakemampuanuntuksalingbekerjasamasertasalingmembantudalammemahamimateripelajaranyangdiajarkanataumenyelesaikantugasyangdiberikan.Modelpembelajarantersebutdikolaborasikandenganmetodemindmappinguntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaransistempemindahtenagamaterisistemtransmisi.Metodemindmapingmerupakancaramencatatefektifkreatifsertamemetakanide-ideberdasarkanpemahamansetiapindividu.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatifdenganjenispenelitianeksperimen.Rancanganpenelitiannyaadalaheksperimensemudandesainpenelitianyangdigunakanadalahposttestonlycontrolgroupdesign.PopulasipenelitianadalahsiswakelasXISMKNasionalMalangyangterdiridariduakelassedangkansampelnyaadalahkelasXITKR1sebagaikelaseksperimendankelasXITKR2sebagaikelaskontrol.Kelaseksperimenterdiridari30siswadankelaskontrolterdiridari32siswa.Penelitianinimenggunakanduainstrumentinstrumenperlakuan(silabusdanRPP)daninstrumenpengukuran(tespilihangandamaterisistemtransmisi).Datayangdiperolehpadakelaseksperimendankelaskontrolmenunjukkanhasilyangberdistribusinormaldanhomogen.Analisishasilbelajarmaterisistemtransmisidilakukanmenggunakanujitindependen.Berdasarkanhasilanalisisujihipotesistersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarakelaseksperimendankelaskontrol.Hasilbelajarpadakelaseksperimenlebihtinggidaripadakelaskontrolkarenanilairata-ratapadakelaseksperimensecaraklasikallebihtinggidaripadakelaskontrol.Penerapananmodelpembelajarangroupinvestigationdapatmeningkatkankemampuanberpikiryanglebihtinggisaatmelakukaninvestigasisehinggamateridapattersimpandalammemorijangkapanjang.Modelpembelajarantersebutdapatmelatihsiswauntukberfikirsecaralogisdankritissehinggakreativitassiswadapatberkembang.Metodemindmappingdikolaborasikandenganmodelpembelajarangroupinvestigationagarsiswalebihaktifdalammengikutikegiatanpembelajaran.Siswadituntutterlibatsecaraaktifdanlangsungsaatpembuatanmindmapsehinggamerekadapatmengembangkankonsepterkaitmateriyangsedangdipelajariuntukmenumbuhkankeberaniansiswadalammengembangkankreatifitas.Olehkarenaitumodelpembelajaransertametodepembelajarantersebutsangatefektifdalammeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hasilpenelitianinidapatdisimpulkanbahwahasilbelajarpadakelaseksperimenyangmenggunakanmodelpembelajarangroupinvestigationmetodemindmappinglebihtinggidaripadahasilbelajarkelaskontrolyangmenggunakanmodelpembelajarangroupinvestigationmetodediskusi.Siswalebihmemahamitentangmaterisistemtransmisikarenadibagimenjadibeberapakelompoksecarakooperatifsertatanpamelakukankegiatandiskusi.Pelaksanaanpresentasisangatsistematissehinggasiswatidakbingungdalammemahamimaterisehinggapembelajaranmenjadiefektifdanmenarik.Modelpembelajarangroupinvestigationmetodemindmappingdapatdiimplementasikanolehgurudalampelaksanaanpembelajarandisekolahuntukmeningkatkanhasilbelajar.