Pengaruh penggunaan racing valve pada mesin bersistem DOHC terhadap konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang pada sepeda motor Suzuki Satria F 150 cc / Nasrudin Majid
Main Author: | Majid, Nasrudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43498/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMajidNasrudin.2017.PengaruhPenggunaanRacingValvepadaMesinBersistemDOHCterhadapKonsumsiBahanBakardanEmisiGasBuangpadaSepedaMotorSuzukiSatriaF150cc.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.Hj.WidiyantiM.Pd.(II)Drs.IrEkoEdiPoerwantoS.E.M.Pd.M.M.KataKuncipenggunaanracingvalveputaranmotorkonsumsibahanbakaremisigasbuang.Valveadalahbagianutamadarimekanismekatupyangmenjadisaluranmasukcampuranudara-bahanbakardansaluranbuanguntukgassisapembakaran.Katupjugadiharuskanmampumenutuprapatsaatlangkahkompresi.Katupharuskuatmenerimapembebananpadaujungbatangkatupdaripelatukataudaricamdanharuskuatpadabatangkatupkarenamenerimakeausansaatbekerja.Daunkatupharuskuatdaritumbukandanharusdapatmenahanpanasdengansuhu8000C.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuikonsumsibahanbakardanemisigasbuangyangdihasilkanolehsepedamotorSuzukiSatriaf150ccpenelitianinidilakukandiUPTPKBKLPasuruandenganmenggunakanalatgelasukuruntukujikonsumsibahanbakardanmenggunakanalatexhausegasanalyzeruntukujiemisigasbuang.Rancanganpenelitianyangdigunakanialahrancanganfactorial(designfactorial)danmenggunakananalisisduajalan.Hasilpenelitianinimenemukan1)TerdapatperbedaanpenggunaanracingvalveterhadapkonsumsibahanbakardanemisigasbuangpadasepedamotorSuzukiSatriaF150cc.Penggunaanyangdihasilkantersebutadalahperbedaanyangkearahpositifdannegativekonsumsibahanbakardanemisigasbuang.Konsumsibahanbakardanemisigasbuangyangdihasilkanracingvalveterbuktiadaperbedaanyangsignifikandenganmenggunakanstandardvalve.2)Terdapatperbedaanputaranmotor15004000dan6000rpmterhadapkonsumsibahanbakaryangdihasilkanpadasepedamotorSuzukiSatriaF150cc.Selisihkenaikankonsumsibahanbakarpadaputaranmesin1500rpmsebesar033mlselanjutnyapadaputaranmesin4000rpmterjadiselisihpenurunansebesar1mldanpadaputaranmesin6000rpmterjadiselisihpenurunansebesar1ml.3)Untukputaranmesin1500rpmterjadiselisihpenurunankadarCOsebesar002%volumeCOselanjutnyauntukputaranmesin4000rpmterjadiselisihpenurunankadarCOsebesar013%volumeCOdanpadaputaranmesin6000rpmterjadiselisihpenurunankadarCOsebesar036%volumeCO.4)Selisihpenurunankadarhidrokarbon(HC)padaputaranmesin1500rpmsebesar54partpermillion(ppm)selanjutnyapadaputaranmesin4000rpmterjadiselisihpenurunansebesar433partpermillion(ppm)danpadaputaranmesin6000rpmterjadiselisihpenurunansebesar15partpermillion(ppm).Dengandemikiandapatdisarankanperluadanyapengembangandanpenelitianlebihlanjutmengenaipengaruhpenggunaanracingvalveterhadapakselerasidayadantorsi.ABSTRACTMajidNasrudin.2017.InfluenceofRacingValveUsageofDOHCSystemEngineonFuelConsumptionandExhaustGasEmissionsSuzukiSatriaF150ccMotorcycle.SarjanasThesisDepartmentofMechanicalEngineeringFacultyofEngineeringStateUniversityofMalang.Advisor(I)Dr.Hj.WidiyantiM.Pd.(II)Drs.IrEkoEdiPoerwantoS.E.M.Pd.M.M.Keywordsracingvalvemotorrotationfuelconsumptionexhaustgasemissions.Thevalveisamajorpartofthevalvemechanismthatbecomestheair-fuelmixtureinletandtheexhaustforthecombustiongas.Valvesarealsorequiredtoclosetightlyduringthecompressionstep.Thevalvemuststronglyacceptloadingattheendofthevalverodfromthetriggerorfromthecamandshouldbestrongonthevalvestemasitacceptswearduringworking.Thevalveleafmustbestrongfromtheimpactandshouldbeabletowithstandheatwithatemperatureof8000C.ThisstudyaimstodeterminethefuelconsumptionandexhaustemissionsgeneratedbySuzukiSatriaf150ccmotorcyclethisresearchwasconductedinUPTPKBKLPasuruanbyusingmeasuringtoolsforfuelconsumptiontestandusingexhausegasanalyzerforexhaustgasemissiontest.Theresearchdesignusedisfactorialdesignandusingtwowayanalysis.Theresultsofthisstudyfound1)TherearedifferencesintheuseofracingvalveonfuelconsumptionandexhaustemissionsonSuzukiSatriaF150ccmotorcycle.Theresultingusageisthedifferencetowardsthepositiveandnegativefuelconsumptionandexhaustemissions.Fuelconsumptionandexhaustemissionsproducedbyracingvalveprovedtobeasignificantdifferencebyusingstandardvalves.2)Thereisadifferencemotorrotation15004000and6000rpmtothefuelconsumptionproducedonthebikeauthorSuzukiSatriaF150cc.Thedifferenceoffuelconsumptionincreaseattheenginespeedof1500rpmof0.33mlthenat4000rpmenginespeedoccursthedifferenceofdecreaseof1mlandat6000rpmenginespeedoccursadecreaseof1ml.3)Fortheenginespeedof1500rpmthereisadifferenceofdecreaseinCOlevelby0.02%COvolumethenfor4000rpmenginespeedoccursadecreaseinCOcontentby0.13%COvolumeandat6000rpmenginespeedoccursthedifferenceindecreaseinCOlevelby0.36%COvolume.4)Differenceinthedecreaseofhydrocarbon(HC)levelattheenginespeedof1500rpmis54partspermillion(ppm)thenat4000rpmenginespeedthereisadecreaseof433partspermillion(ppm)andat6000rpmDecreaseof15partspermillion(ppm).Thusitcanbesuggestedthatthereshouldbefurtherdevelopmentandresearchontheinfluenceofracingvalveusageonaccelerationpowerandtorque.