Hubungan kompetensi pedagogik guru dan pemahaman kompetensi dasar-dasar sistem kelistrikan dengahn hasil belajar praktikum pemeliharaan kelistrikan otomotif siswa kelas XI di SMK Islam 1 Blitar / Saeroni

Main Author: Saeroni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2017
Online Access: http://repository.um.ac.id/43495/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaeroni.2017.HubunganKompetensiPedagogikGurudanPemahamanKompetensiDasar-DasarSistemKelistrikandenganHasilBelajarPraktikumPemeliharaanKelistrikanOtomotifSiswaKelasXIDiSMKIslam1Blitar.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KataKuncikompetensipedagogikgurukompetensidasar-dasarsistemkelistrikanhasilbelajarpraktikumpemeliharaankelistrikanotomotifKompetensipedagogikadalahkemampuanmengelolapembelajaranyangmeliputipemahamanterhadappesertadidikperancanganpelaksanaanevaluasipembelajarandanpengembanganpesertadidikdalampencapaiankompetensi.Kompetensipedagogikgurudanpemahamandasar-dasarkelistrikanmemilikihubunganuntukketercapaiankompetensisiswadalamhalkelistrikanotomotif.PenelitianinibertujuanuntukmengungkapsignifikansiHubungan(1)kompetensipedagogikguru(X1)denganhasilbelajarpemeliharaankelistrikanotomotif(Y)(2)pemahamankompetensidasar-dasarkelisrikan(X2)denganhasilbelajarpemeliharaankelistrikanotomotif(Y)dan(3)kompetensipedagogikguru(X1)danpemahamankompetensidasar-dasarkelisrikan(X2)denganhasilbelajarpraktikumpemeliharaankelistrikanotomotif(Y).Penelitianinitergolongpenelitianexpostfakto.PopulasidalampenelitianiniadalahsemuasiswakelasXITeknikKendaraanRingandiSMKIslam1Blitaryangberjumlah220siswasementarasampelyangdiambilberjumlah59siswadaripopulasitersebut.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeangkettestulisberupapilihangandadandokumentasiyangdiperolehmelaluipersepsisiswa.Datayangdiperolehkemudiandiujidenganujiprasyaratanalisisdanujihipotesisuntukmengetahuihubunganantaravariabelbebasdenganvariabelterikatbaiksecaraparsialmaupunsimultan.Analisisdatapadapenelitianinimenggunakananalisiskorelasiproductmomentdanregresiberganda.Hasildaripenelitianyangtelahdilakukandiperolehdatayaitu(1)bahwa4406%respondenmemilikipersepsikompetensipedagogikgurubaik(2)3389%respondenmemilikipemahamankompetensidasr-dasarkelistrikanberkategoribaik(3)5084%respondenmemilikihasilbelajarpemeliharaankelisrikanotomotifbaik(4)TerdapathubunganyangpositifdansignifikanantaravariabelX1denganvariabelY(5)TerdapathubunganyangpositifdansignifikanantaravariabelX2denganvariabelY(6)TerdapathubunganyangpositifdansignifikanantaravariabelX1danX2secarasimultandenganvariabelY.