Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar sistem pengapian sepeda motor siswa kelas XI di SMK PGRI Singosari / Fajar Adi Arifianto
Main Author: | Arifianto, Fajar Adi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43445/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKArifiantoS.Pd.2015.PengaruhGayaBelajarterhadapHasilBelarSistemPengapianSepedaMotorSiswaKelasXIdiSMKPGRISingosari.SkripsiJurusanTeknikOtomotifFakultasTeknikMesinUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.PartonoM.Pd(II)Dr.SutijonoM.M.KatakunciPengaruhGayaBelajarHasilBelajarHasilbelajarmerupakantolakukursiswagunauntukmengetahuisampaisejauhmanakemampuansiswadalammemahamisuatumateri.Dimanahasilbelajardipengaruhibeberapafaktoryaituinternal(kepribadiangayabelajar)daneksternal(lingkunganmediapendidikandansarana).Diantaranyamenjadifenomenabarudikalanganakedemisiterkaitfaktorinternalyangmempengaruhipemahamanmaterimatapelajaransiswadiantaranyagayabelajar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui(1)DeskripsiPerbedaangayabelajardanhasilbelajar(2)PengaruhPerbedaangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswa.JenispenelitianyangdigunakanadalahDeskriptif.PopulasiyangdipilihadalahsiswakelasXISMKPGRISingosarisebanyak99siswadansampelnyasebesar66siswa.Pengambilansampeldilakukandenganmetodeproportionalrandomsampling.SkalapengukuranmenggunakanskalaLikertdenganlimapilihanjawaban.Hasilujivaliditasdanreliabilitasmenunjukkan66itempertanyaandinyatakanvaliddanreliabel.Berdasarkanhasilujiasumsiklasikmodelregresimemenuhiasumsinormalitasdanlayakuntukdipakaitidakterjadimutikolineritastidakterjadiheteroskedastisitasdanketigagayabelajartersebutberdasarkanhasilbelajarnyamempunyaivarianyangsama.HasilpenelitianmenunjukkanbahwaAdapengaruhyangpositifdansignifikanantarakeragamangayabelajarterhadaphasilbelajarsiswamatapelajaranpelajaransistempengapiansepedamotordiSMKPGRISingosari..Berdasarkanhasilpenelitianinipenelitimenyarankan(1)Perluadanyakemauanuntukberinteraksiantaratemanmaupungurusertadapatmenyadariperbedaakecenderungangayabelajaryangterdiridarigayabelajarvisualauditorialdankinestetiksehinggadapatmembantucarabelajarsasaranbelajaryangefektifdanefisien(2)Sebagaisumbanganpemikiranbagiguruuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Denganmengetahuibahwasetiapsiswamemilikigayabelajarmyangberbeda-bedamakagurulebihmemberikanmotivasisepertimemberitahucarabelajardangayabelajaryangsesuidengansiswaperhatiankepadasiswayaitudengancaramemperhatikansiswayangaktifdanpasifdanmemberikansaran-sarankepadasiswayangpasifuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswa(3)Bagipenelitiyangberminatuntukmelakukanpenelitiansejenisdisarankanuntukmemperhatikanhasilbelajaryangdigunakandalampenelitanyaitumenggunakannilaimurnisebelumadanyaremidianperhatikankeseriusandanketepatansiswadalampengisianangketsertamemperhatikanvariabel-variabellainyangdapatmempengaruhihasilbelajarsepertifactoreksternaldaninternal.