Pengaruh variasi lobe separation angle camshaft terhadap daya pada sepeda motor Honda Vario 108 cc / Akhmad Afif Farid
Main Author: | Farid, Akhmad Afif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43440/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFaridAkhmadAfif.2016.PengaruhVariasiLobeSeparationAngleCamshaftTerhadapDayaPadaSepedaMotorHondaVario108cc.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.(2)Drs.H.ParyonoS.T.M.T.KataKunciCamshaftLobeSeparationAngleCamshaftDayaMesin.Padasaatiniperkembanganteknologikhususnyadibidangotomotifsetiaptahunnyaselalumengalamipeningkatanhaliniditandaidengansemakinmeningkatnyapenjualankendaraanbermotordanaksesoripendukungnya.Seiringdengankemajuanteknologidibidangotomotifinipihakindustrimulaimengeluarkanproduk-produkbaruyangmenarikminatparakonsumenuntukmelakukanmodifikasi.Modifikasiyangdilakukantersebutmeliputimodifikasipenampilankendaraanbermotordanmodifikasiperformamesin.Tujuandaripenelitianiniadalah(1)untukmengetahuidayasepedamotorhondavario108ccyangmenggunakanlobeseparationanglecamshaftdenganvariasiukuran102o104odan106o(2)untukmengetahuipengaruhvariasilobeseparationanglecamshaftterhadapdayapadasepedamotorhondavario108cc.Penelitianinimerupakanpeneltianeksperimental.RancanganpenelitianyangdigunakanadalahPostTestOnlyControlDesign.PenelitianinimenggunakanvariasiLobeSeparationAngleCamshaftyangterdiridaricamshaftdenganLSAstandart(104o)denganlift45mmcamshaftdenganLSAdiperbesar(106o)denganlift45mmdancamshaftdenganLSAdiperkecil(102o)denganlift47mm.Pengujiandilakukanpadaputaran2500rpmsampai8000rpmdenganrentan500rpmuntukmelihatdayamesinHasilpenelitianmenunjukkanadanyaperbedaanbahwapenggunaancamshaftdenganLSAdiperkecil(102o)menghasilkandayamaksimumyanglebihbesarsedangkanpenggunaancamshaftdenganLSAdiperbesar(106o)menghasilkandayamaksimumyangsemakinmenurun.CamshaftdenganLSAstandart(104o)menghasilkandayamaksimumsebesar6589HPpada7500rpmdandayaminimumsebesar3701HPpada2500rpm.CamshaftdenganLSAdiperbesar(106o)menghasilkandayamaksimumsebesar5270HPpada7000rpmdandayaminimumsebesar2710HPpada2500rpm.CamshaftdenganLSAdiperkecil(102o)menghasilkandayamaksimumsebesar6726pada7500rpmdandayaminimumsebesar3330pada2500rpm.Hasilpenelitiandapatdigunakansebagaireferensibagimahasiswaataupihaklainyangakanmelakukanpenelitianlebihdalammengenaipenggunaanvariasicamshaftpadasepedamotor.Untukpenelitiselanjutnyavariabeldalampenelitianinihanyamenelitipengaruhterhadapdayaselanjutnyadapatditelititerhadapkonsumsibahanbakardanemisigasbuangyangdihasilkandaripenggunaanvariasicamshaft.SebagaipertimbanganagarmenggunakancamshaftdenganLSAdipersempituntukmeningkatkandayapadasepedamotor.