Pengaruh blended learning berbasis schoology dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di kelas XI TKR SMK Negeri 3 Singaraja / Vincentius Tjandra Irawan

Main Author: Irawan, Vincentius Tjandra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/43400/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIrawanVincentiusTjandra.2016.PengaruhBlendedLearningBerbasisSchoologydanKemampuanAwalSiswaterhadapHasilBelajarMataPelajaranPemeliharaanKelistrikanKendaraanRingandiKelasXITKRSMKNegeri3Singaraja.Skripsi.JurusanTeknikMesin.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.EddySutadjiM.Pd(II)Dr.WidiyantiM.Pd.KataKunciBlendedLearningSchoologyKemampuanAwalHasilBelajarSekolahMenengahKejuruanmerupakanpenyediateknisimadyaterbesardiIndonesia.MayoritaspelajaranyangdiberikandiSMKadalahpraktikum.PadakenyataannyagurupadaMataPelajaranPemeliharaanKelistrikanKendaraanRingankelasXITKRSMKNegeri3Singarajamemberikan70%materiteoridan30%praktikumpadasiswa.HalinidisebabkankemampuanawalyangdimilikisiswamasihrendahgurukhawatirakanhasilbelajaryangtidakmemenuhiKKMsehinggadifokuskanpadapemberianteoriagarhasilbelajarmemenuhiKKM.BlendedLearningberbasisSchoologyhadirsebagaisolusiuntukmemberiteoritambahandiluarjampelajaransekolahsehinggapertemuanteoridapatdikurangidandigantipraktikum.Metodepenelitianyangdigunakanadalaheksperimentalsemudenganthenonequivalentcontrolgroupdesign.Subjekpenelitianberjumlah64siswa30siswaXITKR1sebagaikelastreatmentdan34siswaXITKR2sebagaikelasnontreatment.Kemampuanawaldidapatdenganmemberipratesdanhasilbelajardidapatdenganmemberipostes.Instrumenyangdigunakanadalahtesmultiplechoice.DatapadapenelitiandianalisismenggunakanSPSSversi17forwindows.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahANAVAduajalan.Hasilpenelitianadalah(1)terdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarasiswadenganmodelBlendedLearningberbasisSchoologydansiswadenganmodelProblemBasedLearning(sigp0000