Evaluasi pembelajaran kompetensi memperbaiki sistem rem pada kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 12 Malang / Arief Abdillah Muttaqien
Main Author: | Muttaqien, Arief Abdillah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43387/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEvaluasiPembelajaranKompetensiMemperbaikiSistemRemPadaKelasXITeknikKendaraanRinganDiSMKNegeri12Malang/AriefAbdillahMuttaqienUniversitasNegeriMalang.ProgramStudiPendidikanTeknikOtomotif2015.MuttaqienAriefA.2015.EvaluasiPembelajaranKompetensiMemperbaikiSistemRemPadaKelasXITeknikKendaraanRinganDiSMKNegeri12Malang.Skripsi.ProgramPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesin.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.AgusSholahM.Pd(II)Drs.SamsulM.Pd.KataKuncievaluasipembelajaranmodelevaluasiCIPPSMKNegeri12Malang.Evaluasipembelajaranyaitupenilaianyangdilakukanguruuntukmengetahuikeberhasilannyadalammengajarkansuatumateripelajaranterutamatentangsistemrem.Evaluasidigunakanuntukmengetahuiefektifitaskomponenprogramdalammendukungpencapaianpembelajaran.Pembelajarandirancangolehguruuntukmembantusiswamempelajarisuatukemampuanataunilaiyangbarudalamsuatuprosesyangsistematismelaluitahapanrancanganpelaksanaandanevaluasi.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuihasilevaluasivariabelkonteks(context)variabelmasukan(input)variabelproses(process)variabelhasil(product)pembelajarankompetensisistemrempadakelasXIteknikkendaraanringandiSMKNegeri12Malang.PenelitianinimenggunakanrancanganpenelitianevaluatifberupamodelevaluasiCIPPdenganmenggunakanpendekatandeskriptif.Pengumpulandataberupahasilevaluasipembelajarandiperolehmelaluiangketataukuisionersoalpretestdanposttestdokumentasiwawancarasertaobservasi.Instrumenyangdigunakandibuatolehpenelitisendirikemudiandivalidasiolehdosensebagaivalidatorahli.Analisisdatamenggunakandatakualitatifyangmerupakandatahasilwawancaradandatakuantitatifberupapretestsertaposttest.Hasildatadipisahkansesuaidenganklalifikasinyadataberupaangkatergolongdatakuantitatifdandataberupakalimattergolongdatakualitatif.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwavariabelkontekssecaraevaluatifterhadapsemuaindikatordapatdikategorikanbaiksekalidalamperencanaanpembelajarandisesuaikandenganvisimisidantujuanpembelajaran.Hasilvariabelmasukan(input)gurupengampumatapelajaransasisdanpemindahtenagakompetensimemperbaikisistemremdiSMKNegeri12Malangdikategorikanbaiklatarbelakanggurupengampumatapelajaransasisdanpemindahantenagamerupakanlulusandibidangotomotifsaranadanprasaranayangdigunakanolehgurumemilikikualitasyangbaiksekali.Hasilvariabelproses(process)mengenaiindikator-indikatorperencanaanpelaksanaandanevaluasiberjalandenganbaik.Variabelhasil(product)berupahasilbelajarsiswadiklasifikasikanmenjadi3aspekpembelajaranyaitukognitifafektifdanpsikomotorikmasukdalamkategoribaikkarenasiswamendapatkanskoryangbervariasidalampembelajarannyadanlebihdari70%memenuhiKKM.