Pengaruh penggunaan Hydrocarbon Crack System (HCS) dengan variasi putaran mesin dan variasi pembukaan katup air mix di intake manifold terhadap konsumsi bahan bakar, daya motor dan emisi gas buang pada sepeda motor Yamaha Mio-J FI tahun 2013 / Pragunanda Andika Wahyu Sa

Main Author: Saputra, Pragunanda Andika Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/43345/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSaputraPragunandaAndikaWahyu.2015.PengaruhPenggunaanHydrocarbonCrackSystem(HCS)DenganVariasiPembukaanKatupAirMixDiIntakeManifoldDanPutaranMesinTerhadapKonsumsiBahanBakarDayaMotorDanEmisiGasBuangPadaSepedaMotorYamahaMio-JFiTahun2013.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.MustamanM.Pd.(II)Drs.ImamMudaNauriS.T.M.T.KataKunciHydrocarbonCrackSystem(HCS)variasipembukaankatupairmixdiintakemanifoldkonsumsibahanbakardayamotoremisigasbuang.PenelitianinidilatarbelakangiolehadanyakeluhanpenggunaYamahaMio-JFIyangdisebabkankualitascampuranudaradanbahanbakarkurussehinggaperformamesinkurangmaksimal.HaltersebutdapatdiatasidenganmenambahkangashidrogenyangdidapatdaripenggunaanHydrocarbonCrackSystem(HCS).HydrocarbonCrackSystem(HCS)adalahsistempemecahatomhydrocarbonmenjadiatomhydrogen(H)dancarbon(C)dengancaramenggunakanpipakatalisyangdipanaskansehinggasusunanikatansenyawahydrocarbonakanterurai.Serbukaluminaoksidepadakatalisakanmengikatunsurcarbondangashydrogen(H)yangmemilikinilaioktan130akanmasukkeruangkabar.Sehinggaakanmempercepatprosespembakaranpadaruangbakar.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanhydrocarboncracksystem(HCS)denganvariasipembukaankatupairmixdiintakemanifolddanvariasiputaranmesinterhadapkonsumsibahanbakardayamotordanemisigasbuangpadasepedamotorYamahaMio-JFItahun2013.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimentaldenganmenggunakananalisisdataujianovasatuarahdanposthocdengansyaratdatatersebuttelahmelaluiujinormalitasdanujihomogenitas.Berdasarkanhasilpenelitianpeningkatanperformamesinpadapembukaankatupairmixtureputaranpadaputaranmesin1500rpmadalahkonnsumsibahanbakar253%dayamotor153%emisigasbuangmenurun285%kadarCOdan158ppmuntukkadarHC.Jikapadaputaranmesin3000rpmkonnsumsibahanbakar323%dayamotor77%emisigasbuangmenurun333%kadarCOdan312ppmuntukkadarHC.Sedangkanpadaputaranmesin5000rpmkonnsumsibahanbakar36%dayamotor48%emisigasbuangmenurun366%kadarCOdan384ppmuntukkadarHCdarikondisistandart.HaltersebutdipengaruhiolehadapeningkatankualitascampuranudaradanbahanbakaryangdihasilkankarenaadanyapenambahangashydrogenyangdihasilkanolehHydrocarbonCrackSystem(HCS).Dapatdisimpulkanbahwapembukaankatupairmixteredanputaranakanmengalamipeningkatanperformamesinkarenakualitascampuranudaradanbahanbakarideal.Sedangkanpembukaankatupairmixturedan1putaranakanmengalamipenurunanperformamesindisebabkankarenakualitascampuranudaradanbahanbakarterlalukaya.