Pengaruh penggunaan bahan ajar dan penerapan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil akademik dan pembentukan karakter pada kompetensi dasar Sistem Bahan Bakar Bensin di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Wigih
Main Author: | Wigih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43337/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWigih.2015.PengaruhPenggunaanBahanAjardanPenerapanModelPembelajaranKolaboratifterhadapHasilAkademikdanPembentukanKarakterpadaKompetensiDasarSistemBahanBakarBensindiSMKNegeri3BoyolanguTulungagung.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.AmatNyotoM.Pd.(II)Drs.H.ParyonoS.T.M.T.Katakuncibahanajarmodelpembelajarankolaboratifhasilakademikpembentukankarakter.ProsespembelajarandiSekolahMenengahKejuruan(SMK)dipengaruhiolehbeberapahaldiantaranyaadalahbahanajardanmodelpembelajaran.BahanajardanmodelpembelajaranyangdapatdigunakandanditerapkandiSMKterdiridaribeberapamacamdimanapenggunaandanpenerapannyaharusdisesuaikandenganprosespembelajaran.Penggunaanbahanajarmemilikiperananpentingkarenabahanajarmerupakansalahsatudarisumberbelajarsedangkanpenerapanmodelpembelajaranjugamemilikiperananyangtidakkalahpentinghalinidikarenakandenganpemilihanmodelpembelajaranyangtepatdapatmenjadikanprosespembelajaranberpusatpadapebelajar(studentcenteredlearning).Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmendapatkandataempirikterkaitpengaruhdaninteraksidaripenggunaanbahanajaryangberupamoduldibandingkandenganhandoutdanditerapkandenganmodelpembelajarankolaboratiftipejigsawdanjigsawvariasiterhadaphasilakademikdanpembentukankarakterpebelajar.PenelitianinimerupakanpenelitianQuasiEksperimenyangdilakukandenganmenggunakanrancanganfaktorial2x2denganteknikpengambilansampelprobabilitysamplingyangberupatotalsampling.Variabelbebasnyaadalahbahanajaryangterdiridarimoduldanhandoutsertamodelpembelajarankolaboratifyangterdiridaritipejigsawdanjigsawvariasisedangkanvariabelterikatnyaadalahhasilakademikdanpembentukankarakter.Hasilpenelitianmenunjukanadanyaperbedaanyangsignifikanantarapenggunaanbahanajardanpenerapanmodelpembelajarankolaboratifterhadaphasilakademikdanpembentukankarakterdimanabahanajarberupahandoutmendapatkanhasilyanglebihbaikdaripadamoduldanmodelpembelajarankolaboratiftipejigsawmendapatkanhasilyanglebihbaikdaripadajigsawvariasi.Hasilpenelitianjugamenunjukanadanyainteraksiyangsignifikanantarapenggunaanbahanajardanpenerapanmodelpembelajarankolaboratifterhadaphasilakademikdanpembentukankarakter.