Pengaruh variasi kapasitansi Electrostatic Capacitor pada Capacitor Discharge Ignition (CDI) tipe Direct Current (DC) terhadap daya motor dan emisi gas buang sepeda motor Yamaha Jupiter Z 110cc / Bayu Dadang Prakoso

Main Author: Prakoso, Bayu Dadang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/43324/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPrakosoBayuDadang.2015.PengaruhVariasiKapasitansiElectrostaticCapacitorPadaCapacitorDischargeIgnition(CDI)TipeDirectCurrent(DC)TerhadapDayaMotordanEmisiGasBuangSepedaMotorYamahaJupiterZ110CC.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ImamMudaNauriS.T.M.T.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KataKuncikapasitansielectrostaticcapacitorcapacitordischargeignitiondirectcurrentdayamotoremisigasbuangyamahajupiterz110ccCapacitorDischargeIgnition(CDI)tipeDirectCurrent(DC)adalahsalahsatujenissistempengapianelektronikpadasepedamotoryangprinsipkerjanyaadalahdenganmemanfaatkanpengosongancepatolehelectrostaticcapacitoruntukmemberikantegangankejutpadaprimerkoilyangkemudianterjadiinduksilistriktegangantinggipadasekunderkoil.Listriktegangantinggidarisekunderkoiltersebutkemudianmengalirkebusiuntukmemberikanloncatanbungaapipadaruangbakar.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhvariasipemasangankapasitansielectrostaticcapacitorpadaCapacitorDischargeIgnition(CDI)tipeDirectCurrent(DC)terhadapdayamotorkadaremisigasbuangHCdankadaremisigasbuangCOpadasepedamotorYamahaJupiterZ110CC.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmetodeeksperimentaldenganmenggunakananalisisdataujianovasatuarahdenganprasyaratdatatersebuttelahdiujinormalitasdanhomogenitas.AnalisisanovasatuarahmeliputipenjelasantentangseberapabesarpengaruhvariasipemasangankapasitansielectrostaticcapacitorterhadapdayamotorkadaremisigasbuangCOdankadaremisigasbuangHC.Berdasarkanhasilpenelitiandiperolehdayamotortertinggidimilikiolehkapasitansielectrostaticcapacitor20Fpadaputaranmesin4000rpmdenganhasil107775Hp.Sedangkandayamotorterendahdimilikiolehkapasitansielectrostaticcapacitor1017Fpadaputaranmesin1500rpmdenganhasil523Hp.KadaremisigasbuangCOterendahdimilikiolehkapasitansielectrostaticcapacitor0678Fpadaputaranmesin2000rpmdenganhasil0565%vol.SedangkankadaremisigasbuangCOtertinggidimilikiolehkapasitansielectrostaticcapacitor0678Fpadaputaranmesin4000rpmdenganhasil256%vol.KadaremisigasbuangHCterendahdimilikiolehkapasitansielectrostaticcapacitor20Fpadaputaranmesin2000rpmdenganhasil255ppmvol.SedangkankadaremisigasbuangHCtertinggidimilikiolehkapasitansielectrostaticcapacitor0678Fpadaputaranmesin1500rpmdenganhasil138125ppmvol.