Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan kombinasi program Adobe Flash dan Camtasia Studio pada mata pelajaran gambar teknik untuk siswa kelas X dan XI teknik kendaraan ringan di SMK Canda Bhirawa Pare Kabupaten Kediri / Misba'ul Lukman
Main Author: | Lukman, Misba'ul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43323/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKLukmanMisbaul.2015.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMultimediaMenggunakanKombinasiProgramAdobeFlashdanCamtasiaStudiopadaMataPelajaranGambarTeknikuntukSiswaKelasXdanXITeknikKendaranRingandiSMKCandaBhirawaPareKabupatenKediri.Skripsi.ProgramStudiTeknikOtomotif.JurusanTeknikMesin.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.(II)Drs.H.AgusSholahM.Pd.KataKuncipengembanganmultimediagambarteknikadobeflashdancamtasiastudio.Multimediapembelajaranmerupakankombinasidaribeberapamediateksgrafikanimasivideodanaudioyangmempunyaitujuanyangsamadalampembelajaran.Multimediapembelajaraninidiharapkandapatlebihmenariklebihmeningkatkanmotivasisiswamengajaksiswauntukbelajarmandiridenganguruatautanpagurudanmeningkatkankeberhasilanbelajarsiswauntukmatapelajarangambarteknik.BerdasarkanhasilobservasidanwawancaradiSMKCandaBhirawaParedidapatkanhasilbahwapembelajaranpadamatapelajarangambarteknikinitidakbisaberwujudtulisansajamelainkanharusjugadidukungdengansecaravisualdanpenggambaranyanglebihnyata.Olehkarenaitupengembangmembuatalternatifpilihanuntukmenggunakanmultimediapembelajaran.PengembanganinibertujuanuntukmenghasilkanprodukmediapembelajaranberbasismultimediayangdikemasdalamformatDVDsebagaipendukungpembelajarangambarteknikuntuksiswaSMKkelasXdanXIdiSMKCandaBhirawaParedanmengetahuikevalidandarimediapembelajarangambarteknik.Metodepenelitianyangdigunakandalampenelitianiniadalahmodelpengembangansadimanyangterdiridari10langkahyaitu(1)menganalisiskebutuhandankarakteristikpesertadidik(2)merumuskantujuanpembelajaran(3)merumuskanbutir-butirmateri(4)menyusuninstrumenevaluasi(5)menulisnaskahmedia(6)melakukanevaluasimediapembelajaran(7)validasiahli(8)ujicobaproduk(9)revisiprodukdan(10)hasilproduk.Hasilujicobakelayakanmenunjukkanbahwamediapembelajarangambartekniklayakdigunakandalamkegiatanpembelajaran.Kesimpulantersebutdidukungbedasarkananalisisdatasebagaiberikut(1)ahlimediasecarakeseluruhandiperolehhasil9334%dinyatakanvalid(2)ahlimaterisecarakeseluruhandiperolehhasil925%dinyatakanvalid(3)ujikelompokkecilsecarakeseluruhandiperolehhasil875%dinyatakanvalid(4)ujicobakelassecarakeseluruhandiperolehpresentasetingkatketuntasansiswauntukkelasXTKRmencapai90%denganpeningkatan2105%danpresentasetingkatketuntasansiswauntukkelasXITKRmencapai100%denganpeningkatan2387%dinyatakanefektifdanlayak.KesimpulandaripenelitiandanpengembanganiniadalahprodukmediapembelajarangambarteknikinidinyatakanlayakdandapatdigunakandalamkegiatanpembelajarandiprogramkeahlianTKRkelasXdanXISMKCandaBhirawaPare.