Pengembangan media pembelajaran matakuliah Sistem Chasis berbasis e-learning menggunakan edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang / Khusnaini

Main Author: Khusnaini
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Online Access: http://repository.um.ac.id/43317/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhusnaini.2015.PengembanganMediaPembelajaranMatakuliahSistemChasisBerbasisE-learningMenggunakanEdmodountukProdiPendidikanTeknikOtomotifDiUniversitasNegeriMalang.Skripsi.JurusanTeknikMesinProgramStudiPendidikanTeknikOtomotif.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.MarjiM.Kes.(2)Drs.SumarliM.Pd.M.T.KataKuncimediapembelajaransistemchasise-learningedmodoPembelajaranadalahkegiatangurusecaraterprogramdalamdesaininstruksionaluntukmembuatsiswabelajaraktifyangmenekankanpadapenyediaansumberbelajar.DisisilainsalahsatumatakuliahyangharusdikuasaimahasiswaProdiPend.TeknikotomotifadalahsistemChasis(sistemkemudidansistemrem)yangwajibditempuhpadasemester5.Namunpembelajarandikelasbersifatkonvensionaldenganwaktuwaktuterbatassehinggamembuatmahasiswakurangaktifdantermotivasidalamkegiatanpembelajaran.Akantetapidengankemampuanmahasiswauntukmengaksesinternetmerupakandukunganuntukmemanfaatkanmediapembelajaranberbasise-learningmenggunakanedmodo.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalah(1)Untukmenghasilkanmodelpembelajarane-learningmenggunakanedmodountukmatakuliahsistemchasis.(2)Untukmengetahuiefektifitasmodelpembelajarane-learningmenggunakanedmododalampembelajaransistemchasisdiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifUniversitasNegeriMalang.MetodepenelitianpengembanganyangdigunakanmengadopsidaritahapanADDIEyaituanalysisdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.Instrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianpengembanganiniberupakuisioneryangtelahtelahdivalidasiolehahliinstrumen.Instrumenkemudiandiberikankepadaahlimediaahlimateriujikelompokkecildanujilapanganberupapretestdanposttestterhadap15mahasiswa.Jenisdatayangdiperolehberupadatakualitatifhasilwawancarapadatahapanalysisdandatakuantitatifuntukmenilaikevalidanprodukmediayangdihasilkan.Hasilvalidasiangketinstrumenmenunjukkanskor100%validasiahlimediamenunjukkanskor91%validasiahlimaterimenunjukkanskor945%ujicobakelompokkecilmenunjukkanskor704%danhasilpretestdanposttestpadaujilapanganmampumeningkatkanprestasibelajarmahasiswasebesar1534%.Kesimpulandaripenilaiankeseluruhanmediapembelajaranyangdikembangkanadalahvaliddanlayakdigunakan.Hasilrevisimediainimeliputipenulisandalamsoalevaluasisertatatapenulisanmodul.