Pengembangan media pembelajaran matakuliah Sistem Chasis berbasis e-learning menggunakan edmodo untuk Prodi Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Malang / Khusnaini
Main Author: | Khusnaini |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43317/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKhusnaini.2015.PengembanganMediaPembelajaranMatakuliahSistemChasisBerbasisE-learningMenggunakanEdmodountukProdiPendidikanTeknikOtomotifDiUniversitasNegeriMalang.Skripsi.JurusanTeknikMesinProgramStudiPendidikanTeknikOtomotif.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Drs.MarjiM.Kes.(2)Drs.SumarliM.Pd.M.T.KataKuncimediapembelajaransistemchasise-learningedmodoPembelajaranadalahkegiatangurusecaraterprogramdalamdesaininstruksionaluntukmembuatsiswabelajaraktifyangmenekankanpadapenyediaansumberbelajar.DisisilainsalahsatumatakuliahyangharusdikuasaimahasiswaProdiPend.TeknikotomotifadalahsistemChasis(sistemkemudidansistemrem)yangwajibditempuhpadasemester5.Namunpembelajarandikelasbersifatkonvensionaldenganwaktuwaktuterbatassehinggamembuatmahasiswakurangaktifdantermotivasidalamkegiatanpembelajaran.Akantetapidengankemampuanmahasiswauntukmengaksesinternetmerupakandukunganuntukmemanfaatkanmediapembelajaranberbasise-learningmenggunakanedmodo.Tujuandaripenelitianpengembanganiniadalah(1)Untukmenghasilkanmodelpembelajarane-learningmenggunakanedmodountukmatakuliahsistemchasis.(2)Untukmengetahuiefektifitasmodelpembelajarane-learningmenggunakanedmododalampembelajaransistemchasisdiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifUniversitasNegeriMalang.MetodepenelitianpengembanganyangdigunakanmengadopsidaritahapanADDIEyaituanalysisdesigndevelopmentimplementationdanevaluation.Instrumenpengumpulandatayangdigunakandalampenelitianpengembanganiniberupakuisioneryangtelahtelahdivalidasiolehahliinstrumen.Instrumenkemudiandiberikankepadaahlimediaahlimateriujikelompokkecildanujilapanganberupapretestdanposttestterhadap15mahasiswa.Jenisdatayangdiperolehberupadatakualitatifhasilwawancarapadatahapanalysisdandatakuantitatifuntukmenilaikevalidanprodukmediayangdihasilkan.Hasilvalidasiangketinstrumenmenunjukkanskor100%validasiahlimediamenunjukkanskor91%validasiahlimaterimenunjukkanskor945%ujicobakelompokkecilmenunjukkanskor704%danhasilpretestdanposttestpadaujilapanganmampumeningkatkanprestasibelajarmahasiswasebesar1534%.Kesimpulandaripenilaiankeseluruhanmediapembelajaranyangdikembangkanadalahvaliddanlayakdigunakan.Hasilrevisimediainimeliputipenulisandalamsoalevaluasisertatatapenulisanmodul.