Pengaruh pemasangan variasi main jet terhadap unjuk kerja dan emisi gas buang pada penggunaan bahan bakar pertamax sepeda motor Suzuki Shogun R / Rio Fazal M
Main Author: | Fazal M, Rio |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43294/ |
Daftar Isi:
- FazalMRio.2014.PengaruhPemasanganVariasiMainJetterhadapUnjukKerjadanEmisiGasBuangpadaPenggunaanBahanBakarPertamaxSepedaMotorSuzukiShogunR.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.Ir.MustamanM.Pd(2)Drs.ParyonoS.T.M.T.KatakunciPemasanganVariasiMainJetUnjukKerjaEmisiGasBuangBahanBakarPertamaxSuzukiShogunR.12288122881228812288DalamprosespembakaranpadamotorbensinempatlangkahSuzukiShogunRseringterjadibeberapakerugianyangmengakibatkantidakterjadinyapembakaransempurnadalamruangbakar.Sehinggamotorbawaanpabrikinimemilikibeberapakekuranganyaitumotorsulituntukmelajukencangpadaputarantinggitidakbertenagasaatmelewatijalanyangmenanjakdanyanglebihpentingpolusiyangditimbulkansangatberbahayadanmerusak.12288122881228812288MainJetadalahsaluranbahanbakardalamkarburatoryangberfungsimenyalurkanbahanbakarbaikpadakecepatanrendahataupadasaatkecepatantinggi.Sepertiyangtelahdiketahuipertamaxyangseringdipakaisudahdalambentukcairjadidenganpenggunaanmainjetstandarbawaandaripabrikbelumtentucocokdigunakandalamalternatifinikarenamainjettersebutdidesainutukbahanbakarbensin.Walaupundemikiantidakjugadenganseenaknyamenggunkanmainjetdenganvariasitertentuuntukmendapatkanperformayangbagusdenganbahanbakarpertamaxtetapijugaharusdiketahuidampaknegatifdalampengantianvariasimainjetyaituhasildariemisigasbuang.12288122881228812288Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggantianpemasanganvariasimainjetterhadapdayayangdihasilkandanuntukmengetahuipengaruhpenggantianpemasanganvariasimainjetterhadapemisigasbuangpadapenggunaanbahanbakarpertamax.12288122881228812288Penelitianinimengguakananalisishasilanovasatuarah.Pengujiandilakukanpadarpm250027503000325035003750400042504500danrpm4750.Untukpengambilandatadayadanemisidilakukandenganbebantaktentudanpadagigi4(gigirasio4)untukmenjagakeabsahandatadilakukandelapankalipengujiantiaprpmpadatiapmainjet.12288122881228812288Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwaadapengaruhyangsignifikandaripenggantianpemasanganvariasimainjetterhadapunjukkerja(dayamotor)danemisigasbuangsepedamotorSuzukiShogunRpadasetelanudarastandar.Dayatertinggidihasilkanolehmainjet75mmyaitupadaRpm4750didapatkanhasil1325HPdayayangdihasilkanlebihtinggidarimainjet65mm67.5mmdan71mm.Dayaterendahdihasilkanolehmainjet65mmyaitupadaRpm4750didapatkanhasil1275HPdayayangdihasilkanlebihrendahdarimainjet67.5mm71mmdan75mm.KadarCOtertinggidihasilkanolehmainjet75mmyaitupadaRpm4750didapatkanhasil558%volkadarCOyangdihasilkanlebihtinggidarimainjet65mm67.5mmdan71mm.KadarCOterendahdihasilkanolehmainjet65mmyaitupadaRpm4750didapatkanhasil436%volkadarCOyangdihasilkanlebihrendahdarimainjet67.5mm71mmdan75mm.KadarHCtertinggidihasilkanolehmainjet75mmyaitupadaRpm4750didapatkanhasil56900ppmkadarHCyangdihasilkanlebihtinggidarimainjet65mm67.5mmdan71mm.KadarHCterendahdihasilkanolehmainjet65mmyaitupadaRpm4750didapatkanhasil43433ppmkadarHCyangdihasilkanlebihrendahdarimainjet67.5mm71mmdan75mm.12288122881228812288Berdasarkanhasilpenelitianiniterdapatpengaruhyangsignifikandenganhasilterbaikpadaputaranmesin4750rpmmenggunakanmainjet75mmdengandaya1325HPemisiCOdanHC558%voldan56900ppmdapatdisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjutmisalnyapenelitianmengenaipengaruhpemasanganvariasimainjetterhadapkonsumsibahanbakaryanglebihdetaildanefisiensithermalsepedamotorSuzukiShogunR.