Studi kelengkapan sarana dan prasarana bengkel otomotif serta hubungannya dengan prestasi belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran produktif Program Keahlian Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kepanjen / Yenis Pusdikawati
Main Author: | Pusdikawati, Yenis |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43290/ |
Daftar Isi:
- PusdikawatiYenis.2014.StudiKelengkapanSaranadanPrasaranaBengkelOtomotifsertaHubungannyadenganPrestasiBelajarSiswaKelasXIIpadaMataPelajaranProduktifProgramKeahlianTeknikKendaraanRinganSMKNegeri1Kepanjen.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.AnnyMartiningsihM.Kes(II)H.Drs.SumarliM.Pd.M.T.KataKuncisaranadanprasaranabengkelotomotifprestasibelajarmatapelajaranproduktifSaranadanprasaranabelajarmerupakansalahsatufaktoreksternalyangmempengaruhiprosesbelajarbagisiswa.Kuranglengkapnyaperalatanpraktikyangdimilikisekolahmenengahkejuruanmengakibatkanprosesbelajarmengajarterutamapadamatapelajaranyangberhubungandenganpraktikdibengkelotomotifkurangkondusif.Dengandemikianapabilasaranadanprasaranamasihterkondisidenganbaikdanterawatakanmenunjangprosesbelajarmengajarsiswatetapisebaliknyaapabilasaranadanprasaranatersebutkurangmemadaiatautidakseimbangdenganjumlahsiswapastiakanmenghambatterjadinyaprosesbelajarmengajaryangberakibatpadaprestasibelajarsiswa.PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuikondisisaranadanprasaranabengkelotomotifsertauntukmengetahuiadatidaknyahubunganantarapenggunaansaranadanprasaranadenganprestasibelajarproduktifsiswakelasXIIjurusanTeknikKendaraanRingan.Penelitianinimenggunakanmetodepenelitiandeskriptifkuantitatif.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanteknikobservasipenyebaranangketwawancaradandokumentasinilairaport.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatingkatkesesuaiansaranapadatigaareakerjabelummencapai100%.Padaareakerjamesinotomotiftingkatkesesuaiannyahanya50%areakerjachasisdanpemindahtenaga58%danareakerjakelistrikanotomotifjugahanya58%sedangkanuntukruangpenyimpanandaninstrukturmencapai100%.Tingkatkesesuaianyangmasihrendahtersebutsebagianbesardikarenakantidaktersedianyajenisperabotanpadamasing-masingareakerjadanselainitujugadikarenakanjumlahperalatanpraktekyangmasihsangatminimdantidakmencukupiuntukmemenuhikebutuhansejumlahpesertadidikdalam1kelas.Begitujugadenganprasaranaruangpadamasing-masingareakerjabengkelmekanikotomotiftersebutbelummemenuhistandardimanapadaareakerjamesinotomotiftingkatkesesuaiannyahanya48%areakerjachasisdanpemindahtenaga237%danareakerjakelistrikanotomotifjugahanya25%sedangkanuntukruangpenyimpanandaninstrukturmencapai85%.Berdasarkanhasilpenelitianhubunganantarapenggunaansaranadanprasaranadenganprestasibelajarsiswaadalahpositifdansignifikan.