Analisis penggunaan koil racing terhadap daya pada sepeda motor / Joko Agung Setiyo Oetomo

Main Author: Oetomo, Joko Agung Setiyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/43275/
Daftar Isi:
  • OetomoJokoAgungSetiyo.2014.AnalisisPenggunaanKoilRacingterhadapDayapadaSepedaMotor.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumarliM.Pd.M.T.(II)Drs.ParyonoS.T.M.T.Katakuncikoilracingkoilstandarsistempengapiandayasepedamotor12288122881228812288Performamesinstandaryangdirasakurangmaksimalmembuatbanyakdarisebagianmasyarakatyangmemutuskanuntukmengaplikasikanproduk-produkaftermarketuntukmeningkatkanperformamesin.Diduniaotomotifuntukmeningkatkanperformamesinbisadilakukandenganmemaksimalkankinerjadarisistempengapiangunamemperbesarpercikanbungaapidaribusiagarcampuranbahanbakardanudarabisaterbakardengansempurna.Pembakaranyangsempurnaakanmenyebabkankinerjamotormenjadimeningkat.Olehkarenaitupenggunaankoilracingsebagaipirantiyangbertugasuntukmemperkuatpercikanbungaapipadabusidiharapkanmampumeningkatkandayasecaraoptimal.12288122881228812288Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)Untukmengetahuidayayangdihasilkansebuahsepedamotoryangmenggunakankoilstandar(2)Untukmengetahuidayayangdihasilkansebuahsepedamotoryangmenggunakankoilracing(3)Untukmenemukanadanyaperbedaandayayangdihasilkanantarasepedamotoryangmenggunakankoilstandardenganyangmenggunakankoilracing.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimen.ObyekdalampenelitianiniadalahsepedamotorYamahaVegaR110cc.AnalisisdatayangdipakaiadalahanalisisIndependentSampleTTestdenganmenggunakanprogramSPSS17forWindows.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadayaterendahyangdihasilkankoilstandaradalah670Hppadaputaranmesin1500rpmdandayatertinggiyangdihasilkanadalah1117Hppadaputaranmesin4500rpm.Sedangkandayaterendahyangdihasilkankoilracingadalah728Hppadaputaranmesin1500rpmdandayatertinggiyangdihasilkanadalah1235Hppadaputaranmesin4500rpm.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaankoilracingpadasepedamotormemberikanpengaruhyangpositifterhadapdayayangdihasilkan.Dimanadayayangdihasilkandenganmenggunakankoilracinglebihtinggidaripadadayayangdihasilkandenganmenggunakankoilstandartetapitidakadaperbedaandayayangsignifikanantarasepedamotoryangmenggunakankoilstandardenganyangmenggunakankoilracing.Dengankatalainterdapatperbedaantetapitidaksignifikanantarapenggunaankoilstandardenganpenggunaankoilracingterhadapdayadiputaranmesin1500sampai4500rpmpadasepedamotorYamahaVegaR110cc.12288122881228812288Dengandemikiandapatdisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaipengaruhpenggunaankoilracingdenganvariasisaatpengapian(ignitiontiming)terhadapemisigasbuangdankonsumsibahanbakar.