Analisis penggunaan koil racing terhadap daya pada sepeda motor / Joko Agung Setiyo Oetomo
Main Author: | Oetomo, Joko Agung Setiyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43275/ |
Daftar Isi:
- OetomoJokoAgungSetiyo.2014.AnalisisPenggunaanKoilRacingterhadapDayapadaSepedaMotor.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.SumarliM.Pd.M.T.(II)Drs.ParyonoS.T.M.T.Katakuncikoilracingkoilstandarsistempengapiandayasepedamotor12288122881228812288Performamesinstandaryangdirasakurangmaksimalmembuatbanyakdarisebagianmasyarakatyangmemutuskanuntukmengaplikasikanproduk-produkaftermarketuntukmeningkatkanperformamesin.Diduniaotomotifuntukmeningkatkanperformamesinbisadilakukandenganmemaksimalkankinerjadarisistempengapiangunamemperbesarpercikanbungaapidaribusiagarcampuranbahanbakardanudarabisaterbakardengansempurna.Pembakaranyangsempurnaakanmenyebabkankinerjamotormenjadimeningkat.Olehkarenaitupenggunaankoilracingsebagaipirantiyangbertugasuntukmemperkuatpercikanbungaapipadabusidiharapkanmampumeningkatkandayasecaraoptimal.12288122881228812288Penelitianinidilaksanakandengantujuan(1)Untukmengetahuidayayangdihasilkansebuahsepedamotoryangmenggunakankoilstandar(2)Untukmengetahuidayayangdihasilkansebuahsepedamotoryangmenggunakankoilracing(3)Untukmenemukanadanyaperbedaandayayangdihasilkanantarasepedamotoryangmenggunakankoilstandardenganyangmenggunakankoilracing.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimen.ObyekdalampenelitianiniadalahsepedamotorYamahaVegaR110cc.AnalisisdatayangdipakaiadalahanalisisIndependentSampleTTestdenganmenggunakanprogramSPSS17forWindows.12288122881228812288Hasilpenelitianmenunjukkanbahwadayaterendahyangdihasilkankoilstandaradalah670Hppadaputaranmesin1500rpmdandayatertinggiyangdihasilkanadalah1117Hppadaputaranmesin4500rpm.Sedangkandayaterendahyangdihasilkankoilracingadalah728Hppadaputaranmesin1500rpmdandayatertinggiyangdihasilkanadalah1235Hppadaputaranmesin4500rpm.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwapenggunaankoilracingpadasepedamotormemberikanpengaruhyangpositifterhadapdayayangdihasilkan.Dimanadayayangdihasilkandenganmenggunakankoilracinglebihtinggidaripadadayayangdihasilkandenganmenggunakankoilstandartetapitidakadaperbedaandayayangsignifikanantarasepedamotoryangmenggunakankoilstandardenganyangmenggunakankoilracing.Dengankatalainterdapatperbedaantetapitidaksignifikanantarapenggunaankoilstandardenganpenggunaankoilracingterhadapdayadiputaranmesin1500sampai4500rpmpadasepedamotorYamahaVegaR110cc.12288122881228812288Dengandemikiandapatdisarankanagardilakukanpenelitianlebihlanjutmengenaipengaruhpenggunaankoilracingdenganvariasisaatpengapian(ignitiontiming)terhadapemisigasbuangdankonsumsibahanbakar.