Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8.0 pada kompetensi dasar mengidentifikasi kelistrikan dan instrumen sepesa motor untuk siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif sepeda motor di SMK Negeri 9 Malang / Aries Prastowo
Main Author: | Prastowo, Aries |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43267/ |
Daftar Isi:
- PrastowoAries.2014.PengembanganMediaPembelajaranBerbasisMacromediaFlash8.0PadakompetensiDasarMengidentifikasiKelistrikanDanInstrumenSepedaMotorUntukSiswaKelasXIJurusanTeknikOtomotifSepedaMotordiSMKNegeri9Malang.SkripsiJurusanTeknikMesinProgramStudiS1PendidikanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.ImamMudaNauriS.T.M.T(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.Katakuncimediapembelajaranmacromediaflash8.0kelistrikandaninstrumensepedamotor12288122881228812288BerdasarkanhasilobservasipadakegiatanPraktikPengalamanLapangansemestergenaptahunajaran2012/2013danhasilobservasimelaluiangketpadasiswakelasXIjurusanTeknikOtomotifSepedaMotordiSMKNegeri9Malang.Dibutuhkanmediapembelajarankelistrikandaninstrumensepedamotoryangdapatmembantugurudalammelaksanakankegiatanbelajardandapatmeningkatkandayatarikbelajarsiswa.TujuandaripenelitianiniadalahmenghasilkanmediapembelajaranberbasisMacromediaFlash8.0yangmenariksertauntukmengetahuikelayakandariprodukmediapembelajaranberbasisMacromediaFlash8.0.12288122881228812288MetodepenelitiandanpengembanganyangdigunakanmengadopsidaritahapanADDIEyaitu(1)analysis(2)design(3)development(4)implementationdan(5)evaluation.Instrumenpengumpuldatayangdigunakandalampenelitiandanpengembanganiniberupakuisioneryangsudahdivalidasiolehdosenselanjutnyadiberikankepadaahlimediaahlimateridanujicobakelompokkecilberupahasiltanggapanmediapembelajaranterhadap20siswa.Jenisdatayangdiperolehberupadatakuantitatifuntukmeniliaikemenarikanmaupunkevalidanprodukmediayangdihasilkandandatakualitatifyaituhasilsarandantanggapandariparavalidatorsecaralisanolehpengembangsebagaibahanuntukrevisiproduk.12288122881228812288BerdasarkanhasilanalisisdatadalampenelitianinidiperolehdatahasilvalidasiangketdandatahasilvalidasiprodukmediapembelajaranberbasisMacromediaFlash8.0.Datahasilvalidasiangketolehdosenmemperolehpersentase75%yangtermasukkriteriavalid.Haliniberartibahwaangketsudahlayakuntukdigunakansebagaiinstrumentvalidasiprodukyangdikembangkanolehpengembang.Datahasilvalidasimediaolehahlimediamenunjukkanbahwamediainimemperolehpersentase872%yangtermasukkriteriavalidyangberartimedialayakuntukdigunakandatahasilvalidasimateriolehahlimaterimenunjukkanbahwamediainimemperolehpersentase848%yangtermasukkriteriavalidyangberartimateriyangdigunakandidalammediapembelajaransudahsesuaidanlayakuntukdigunakandatahasilvalidasipenggunaolehGuruprogramstudimemperolehpresentasesebesar762%yangtermasukkriteriavalidyangberartimediapembelajaranberbasisMacromediaFlash8.0layakuntukdigunakan.SedangkanhasilvalidasiujicobakelompokkecilolehsiswakelasXITOSM2menunjukkanbahwamediapembelajaraninimemperolehpresentase881%yangberartisiswasangattertarikdenganadanyakegiatanpembelajaranyangmemanfaatkanmediapembelajaranberbasisMacromediaFlash8.0.Berdasarkanhasilanalisisdatadisimpulkanbahwamediayangtelahdikembangkanpadapenelitianpengembanganinidinyatakanvaliddanlayakdigunakandalampembelajaran.12288122881228812288BeberapasaranpengembanganprodukmediapembelajaranberbasisMacromediaflash8.0padakompetensidasarmengidentifikasisistemkelistrikandaninstrumentsepedamotorinimeliputi(1)dibutuhkanmodulcetakataupetunjukpenggunaanmediapembelajaranberbasismacromediaflash8.0(2)aspekpembelajaranpadamediapembelajaranberbasismacromediaflash8.0dibutuhkantampilanberupamotivasipadaawaldanakhirdarikegiatanpembelajaran(3)aspekisisoaltesevaluasipadamediapembelajaranberbasismacromediaflash8.0dibutuhkantampilansoalberupaperhitungansecaramatematis(4)aspekisisoaltesevaluasipadamediapembelajarandibutuhkantampilanberupasoalyangmemilikitampilandarihasiljawaban(5)aspekmediapadamediapembelajaranberbasismacromediaflash8.0dibutuhkantampilankesesuaiankedipanlampuseindenganefeksuara.