Pengaruh variasi elektromagnet pada aliran bahan bakar terhadap daya mesin dan emisi gas buang pada sepeda motor Honda Beat PGM-FI / Pungki Widi Utomo

Main Author: Utomo, Pungki Widi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/43263/
Daftar Isi:
  • UtomoPungkiW.2014.PengaruhVariasiElektromagnetPadaAliranBahanBakarTerhadapDayaMesinDanEmisiGasBuangPadaSepedaMotorHondaBeatPGM-FI.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.MustamanM.Pd.(II)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.KataKunciElektromagnetDayaMesinGasBuangPeningkatanpenggunakendaraanbermotorkhususnyasepedamotorselalumeningkattiaptahunya.Keadaantersebutmembuatparaprodusensepedamotorsalingbersainguntukmemberikaninovasibarudemikenyamanan.SalahsatuprodusenyangmemberikaninovasiadalahHondadengansalahsatuinovasinyayaituPGM-FIyangmerupakansistempemasukanbahanbakardengancarainjeksiyangmenggantikansistembahanbakarkonvensional.Disadariatautidakpertambahanjumlahsepedamotoryangdiproduksidandigunakanolehkonsumenmenimbulkanbanyakmasalahdiantaranyaadalahmeningkatnyapolusiudarakarenaemisigasbuangsisahasilpembakaranbahanbakaryangtidaksesuai.Haltersebutterjadikarenasifatfisikmolekulbahanbakartidaksesuaidantidakhomogen.BerawaldaripermasalahantersebutpenulisberinisiatifuntukmembuatpenelitiantentangpenyempurnaanpembakarandengancarapemasanganelektromagnetpadaaliranbahanbakarpadasepedamotordenganteknologiyangterbaruyaituPGM-FI.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhpenggunaanelektromagnetterhadapdayamesindanemisigasbuang.PenelitianinidilaksanakandiLaboratoriumSepedaMotorVEDCMalang.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahanalisisstatistikmenggunakanmetodeOneWayAnovadenganbantuanSPSS16ForWindows.HasilpenelitianyangdidapatpadapenelitiantersebutialahrerataselisihdayamesintanpamenggunakanvariasielektromagnetdenganelektromagnetAsebesar(0536Hp)denganelektromagnetBsebesar(0398Hp)dandenganelektromagnetCsebesar(0325Hp).UntukkadarCOdalamemisigasbuangpadamesintanpavariasielektromagnetdenganelektromagnetAmempunyaiselisihpenurunansebesar(010%vol)denganelektromagnetBselisihpenurunansebesar(003%vol)dandenganmenggunakanelektromagnetCmempunyaiselisihpenurunansebesar(006%vol).SelanjutnyauntukkandungangasHCpadaemisigasbuangmesintanpaelektromagnetdenganelektromagnetAmempunyaiselisihpenurunansebesar(1192ppm)denganelektromagnetBselishpenurunansebesar(619ppm)dandenganmenggunakanelektromagnetCmempunyaiselisihpenurunansebesar(508ppm).BerdasarkanhasilpenelitiandiatasdansetelahdilakukananalisisdatadapatdisimpulkanbahwatidakterdapatpengaruhyangsignifikanpenggunaanvariasielektromagnetterhadapdayamesindanemisigasbuangpadasepedamotorhondaBeatPGM-FI.Untukpenelitianselanjutnyadisarankanuntukmenggunakanelektromagnetdengankuatmedanmagnetyanglebihkuatdanmenggunakanjenisbahanbakaryangberbeda.