Pengembangan bahan ajar berupa jobsheet praktikum sistem pengapian untuk kelas XII Teknik Kendaraan ringan di SMK Negeri 11 Malang / Salehudin Al Ayubi

Main Author: Al Ayubi, Salehudin
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/43262/
Daftar Isi:
  • AyubiSalehudinAl.2014.PengembanganBahanAjarBerupaJobsheetPraktikumSistemPengapianUntukKelasXIITeknikKendaraanRinganDiSMKNegeri11Malang.SkripsiJurusanTeknikMesinProgramSrudiPendidikanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PartonoM.Pd.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KataKuncipengembangankomponenjobsheetsistempengapian.12288122881228812288PenyusunanbahanajaryangdilakukanolehgurujarangmemperhatikankomponenpembuatanbahanajarsesuaiaturandariDepdiknassertakebutuhandankemampuansiswayangtelahdisusundalamRPPsebelumnya.Akibatnyaakanterjadikurangterkondisidanefektifnyapembelajarandikelasjenisbahanajaryangpalingberpengaruhdalamteorimaupunpraktekyaitujobsheetmakahendaknyabahanajarjenisinidibuatsesuaiaturandanmemperhatikankebutuhandankemampuansiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitimenemukanhalyangserupadenganpermasalahandiatasyaituguruSMKNegeri11MalangbelummengembangkanbahanajarterutamajenisjobsheetpadakompetensikejuruanTeknikKendaraanRingan.12288122881228812288Berdasarkanpermasalahandiatasmakaperludiadakanpengembanganbahanajarterutamajenisjobsheetyanglebihlayakdanefektif.SupayahasilnyalebihbaikdisampingpenyusunannyaberdasarkanpenelitiandisesuaikankebutuhandankemampuansiswaDelapankomponenpembuatanjobsheetdariDepdikansjugadikembangkanlagimenjadisebelaskomponenolehpeneliti.12288122881228812288PengembanganbahanajarberupajobsheetinimenggunakanlangkahpenelitiandanpengembangandariBorgandGalldenganhasil(1)Ujikelayakanujikelayakandilakukan2tahapyaituvalidasiahlidanvalidasisiswadenganhasil2orangvalidatorahlimedia875%2orangvalidatorahlimateri8375%danvalidasisiswadenganhasil90%termasukkedalamkreteriasangatvalid.Karenahasilnyasangatvalidmakajobsheetdapatdikatakansudahlayakuntukdigunakan.(2)UjikeefektifandilakukandenganmembandingkannilaihasilbelajarsiswakelaseksperimendengankelaskontroljikanilaikelaseksperimenlebihtinggisecarasignifikandarikelaskontrolmakajobsheetdikatakanefektifHasilujikeefektifanyaituhasilnilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggi437dibandingkankelaskontroldengantarafsignifikan0027makadapatkitasimpulkanjobsheettersebutefektifuntukdigunakansebagaisalahsatusumberbelajardiSMKNegeri11Malang.12288122881228812288Kelebihandarijobsheetiniyaitu(1)Komponenjobsheetsudahsesuaidenganaturanpembuatanjobsheetdandikembangkanmenjadisebelaskomponen(2)Materidalamjobsheetdisesuaikandengan(RPP)(3)dikembangkansesuaidengankebutuhandankemampuansiswa(4)Materibersifatproseduraldanprinsippengetahuanyangbersifatfakta.Adapunkekurangannyayaitu(1)PengembanganberdasarkankebutuhandankemampuansiswaSMKNegeri11Malangmakabahanajarinihanyadigunakanuntukkalanganterbatas(2)Pengembanganbahanajarhanyasebatasruanglingkupmateripokokdalamrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)sehinggafokuspadasistempengapiankonvensional.