Pengembangan bahan ajar berupa jobsheet praktikum sistem pengapian untuk kelas XII Teknik Kendaraan ringan di SMK Negeri 11 Malang / Salehudin Al Ayubi
Main Author: | Al Ayubi, Salehudin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43262/ |
Daftar Isi:
- AyubiSalehudinAl.2014.PengembanganBahanAjarBerupaJobsheetPraktikumSistemPengapianUntukKelasXIITeknikKendaraanRinganDiSMKNegeri11Malang.SkripsiJurusanTeknikMesinProgramSrudiPendidikanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.PartonoM.Pd.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KataKuncipengembangankomponenjobsheetsistempengapian.12288122881228812288PenyusunanbahanajaryangdilakukanolehgurujarangmemperhatikankomponenpembuatanbahanajarsesuaiaturandariDepdiknassertakebutuhandankemampuansiswayangtelahdisusundalamRPPsebelumnya.Akibatnyaakanterjadikurangterkondisidanefektifnyapembelajarandikelasjenisbahanajaryangpalingberpengaruhdalamteorimaupunpraktekyaitujobsheetmakahendaknyabahanajarjenisinidibuatsesuaiaturandanmemperhatikankebutuhandankemampuansiswa.BerdasarkanhasilobservasiyangdilakukanpenelitimenemukanhalyangserupadenganpermasalahandiatasyaituguruSMKNegeri11MalangbelummengembangkanbahanajarterutamajenisjobsheetpadakompetensikejuruanTeknikKendaraanRingan.12288122881228812288Berdasarkanpermasalahandiatasmakaperludiadakanpengembanganbahanajarterutamajenisjobsheetyanglebihlayakdanefektif.SupayahasilnyalebihbaikdisampingpenyusunannyaberdasarkanpenelitiandisesuaikankebutuhandankemampuansiswaDelapankomponenpembuatanjobsheetdariDepdikansjugadikembangkanlagimenjadisebelaskomponenolehpeneliti.12288122881228812288PengembanganbahanajarberupajobsheetinimenggunakanlangkahpenelitiandanpengembangandariBorgandGalldenganhasil(1)Ujikelayakanujikelayakandilakukan2tahapyaituvalidasiahlidanvalidasisiswadenganhasil2orangvalidatorahlimedia875%2orangvalidatorahlimateri8375%danvalidasisiswadenganhasil90%termasukkedalamkreteriasangatvalid.Karenahasilnyasangatvalidmakajobsheetdapatdikatakansudahlayakuntukdigunakan.(2)UjikeefektifandilakukandenganmembandingkannilaihasilbelajarsiswakelaseksperimendengankelaskontroljikanilaikelaseksperimenlebihtinggisecarasignifikandarikelaskontrolmakajobsheetdikatakanefektifHasilujikeefektifanyaituhasilnilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggi437dibandingkankelaskontroldengantarafsignifikan0027makadapatkitasimpulkanjobsheettersebutefektifuntukdigunakansebagaisalahsatusumberbelajardiSMKNegeri11Malang.12288122881228812288Kelebihandarijobsheetiniyaitu(1)Komponenjobsheetsudahsesuaidenganaturanpembuatanjobsheetdandikembangkanmenjadisebelaskomponen(2)Materidalamjobsheetdisesuaikandengan(RPP)(3)dikembangkansesuaidengankebutuhandankemampuansiswa(4)Materibersifatproseduraldanprinsippengetahuanyangbersifatfakta.Adapunkekurangannyayaitu(1)PengembanganberdasarkankebutuhandankemampuansiswaSMKNegeri11Malangmakabahanajarinihanyadigunakanuntukkalanganterbatas(2)Pengembanganbahanajarhanyasebatasruanglingkupmateripokokdalamrencanapelaksanaanpembelajaran(RPP)sehinggafokuspadasistempengapiankonvensional.