Pengaruh metode latihan terbimbing dan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi keahlian sistem starter dan pengisian untuk siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI Singosari / Ma'mum Ro'is
Main Author: | Ro'is, Ma'mum |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43252/ |
Daftar Isi:
- RoisMamum.2013.PengaruhMetodeLatihanTerbimbingdanPenggunaanMediaAudioVisualTerhadapHasilBelajarSiswaPadaKompetensiKeahlianSistemStarterdanPengisianUntukSiswaKelasXITeknikKendaraanRinganDiSMKPGRISingosari.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(II)Drs.ParyonoS.T.M.T.KataKuncimetodelatihanterbimbingmediaaudiovisualhasilbelajarPerkembanganmetodepembelajarandikelaspadasaatinisangatberanekaragam.Dariberbagaimacammetodetersebutyangseringdigunakansebagaivariasidalammengajardikelasantaralainceramahtanyajawabdiskusidemonstrasikaryawisatadansebagainya.SetelahmelaksanakanPPLdiSMKPGRISingosaripenyusunmenemuibeberapamasalahsepertirendahnyamotivasibelajarsiswakurangaktifnyasiswadalammengikutipelajarandikelastidakoptimalnyaprosespembelajaranpraktikumdikelasdankurangtertariknyasiswaterhadapsuatumatapelajaran.Berkaitandenganitumakadiperlukanpenelitianeksperimenmengenaipenerapanmetodedikelastersebut.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarametodelatihanterbimbingdannonlatihanterbimbingperbedaanhasilbelajarantarapenggunaanmediaaudiovisualdannonpenggunaanmediaaudiovisualinteraksiantarametodelatihanterbimbingdanpenggunaanmediaaudiovisual.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifuntukmengujihipotesisyangtelahdisusun.Metodepenelitiankuantitatifinimenggunakanrancangandesainfaktorial2x2.Padarancangandesaininimelibatkanempatkelompokyangterdiridariduakelas.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaituberupatessoalpilihanganda.Jadiperolehannilaihasilbelajarsiswadiketahuidaritessoalpilihangandatersebut.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamapadapenggunaanmediaaudiovisual(Y)diperolehnilaiF36708denganangkasignifikansi0015(P005)haliniberartihipotesisnolyangmenyatakanTidakadaperbedaanhasilbelajarantarapenggunaanmediaaudiovisualdannonmediaaudiovisualditolak.Denganperkataanlainadaperbedaanhasilbelajarantarapenggunaanmediaaudiovisualdannonmediaaudiovisual.Keduapadametodelatihanterbimbing(X)diperolehnilaiF98287denganangkasignifikansi0000(P005)haliniberartihipotesisnolyangmenyatakanTidakadaperbedaanhasilbelajarantarametodelatihanterbimbingdannonmediaaudiovisualditolak.Denganperkataanlainadaperbedaanhasilbelajarantarametodelatihanterbimbingdannonmediaaudiovisual.Ketigapadametodelatihanterbimbing(X)danpenggunaanmediaaudiovisual(Y)diperolehnilaiF2.786denganangkasignifikansi0101(P005)haliniberartihipotesisnolyangmenyatakanTidakadainteraksiantarametodelatihanterbimbingdenganpenggunaanmediaaudiovisualterhadapterhadaphasilbelajarsiswaditerima.Denganperkataanlainmemangtidakadainteraksiantarametodelatihanterbimbingdenganpenggunaanmediaaudiovisualterhadaphasilbelajarsiswa.