Pengaruh metode latihan terbimbing dan penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada kompetensi keahlian sistem starter dan pengisian untuk siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK PGRI Singosari / Ma'mum Ro'is

Main Author: Ro'is, Ma'mum
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/43252/
Daftar Isi:
  • RoisMamum.2013.PengaruhMetodeLatihanTerbimbingdanPenggunaanMediaAudioVisualTerhadapHasilBelajarSiswaPadaKompetensiKeahlianSistemStarterdanPengisianUntukSiswaKelasXITeknikKendaraanRinganDiSMKPGRISingosari.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(II)Drs.ParyonoS.T.M.T.KataKuncimetodelatihanterbimbingmediaaudiovisualhasilbelajarPerkembanganmetodepembelajarandikelaspadasaatinisangatberanekaragam.Dariberbagaimacammetodetersebutyangseringdigunakansebagaivariasidalammengajardikelasantaralainceramahtanyajawabdiskusidemonstrasikaryawisatadansebagainya.SetelahmelaksanakanPPLdiSMKPGRISingosaripenyusunmenemuibeberapamasalahsepertirendahnyamotivasibelajarsiswakurangaktifnyasiswadalammengikutipelajarandikelastidakoptimalnyaprosespembelajaranpraktikumdikelasdankurangtertariknyasiswaterhadapsuatumatapelajaran.Berkaitandenganitumakadiperlukanpenelitianeksperimenmengenaipenerapanmetodedikelastersebut.Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarametodelatihanterbimbingdannonlatihanterbimbingperbedaanhasilbelajarantarapenggunaanmediaaudiovisualdannonpenggunaanmediaaudiovisualinteraksiantarametodelatihanterbimbingdanpenggunaanmediaaudiovisual.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifuntukmengujihipotesisyangtelahdisusun.Metodepenelitiankuantitatifinimenggunakanrancangandesainfaktorial2x2.Padarancangandesaininimelibatkanempatkelompokyangterdiridariduakelas.Instrumenyangdigunakanuntukmengumpulkandatayaituberupatessoalpilihanganda.Jadiperolehannilaihasilbelajarsiswadiketahuidaritessoalpilihangandatersebut.Berdasarkanhasilanalisisdatatersebutdiperolehtigasimpulanhasilpenelitiansebagaiberikut.Pertamapadapenggunaanmediaaudiovisual(Y)diperolehnilaiF36708denganangkasignifikansi0015(P005)haliniberartihipotesisnolyangmenyatakanTidakadaperbedaanhasilbelajarantarapenggunaanmediaaudiovisualdannonmediaaudiovisualditolak.Denganperkataanlainadaperbedaanhasilbelajarantarapenggunaanmediaaudiovisualdannonmediaaudiovisual.Keduapadametodelatihanterbimbing(X)diperolehnilaiF98287denganangkasignifikansi0000(P005)haliniberartihipotesisnolyangmenyatakanTidakadaperbedaanhasilbelajarantarametodelatihanterbimbingdannonmediaaudiovisualditolak.Denganperkataanlainadaperbedaanhasilbelajarantarametodelatihanterbimbingdannonmediaaudiovisual.Ketigapadametodelatihanterbimbing(X)danpenggunaanmediaaudiovisual(Y)diperolehnilaiF2.786denganangkasignifikansi0101(P005)haliniberartihipotesisnolyangmenyatakanTidakadainteraksiantarametodelatihanterbimbingdenganpenggunaanmediaaudiovisualterhadapterhadaphasilbelajarsiswaditerima.Denganperkataanlainmemangtidakadainteraksiantarametodelatihanterbimbingdenganpenggunaanmediaaudiovisualterhadaphasilbelajarsiswa.