Korelasi motivasi belajar dan media pembelajaran berbasis TIK dengan hasil belajar mata pelajaran penggunaan alat ukur siswa kelas X Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Tanjunganom Kabupaten Nganjuk / Mohammad Surya Saputra
Main Author: | Saputra, Mohammad Surya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43241/ |
Daftar Isi:
- SaputraMohammadSurya.2013.KorelasiMotivasiBelajarDanMediaPembelajaranBerbasisTIKDenganHasilBelajarMataPelajaranPenggunaanAlatUkurSiswaKelasXKompetensiKeahlianTeknikKendaraanRinganDiSMKNegeri1TanjunganomKabupatenNganjuk.SkripsiJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.AmatNyotoM.Pd.(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KatakunciMotivasiBelajarMediaPembelajaranBerbasisTIKHasilBelajar.Motivasibelajarmerupakankeseluruhandayapenggerakpsikisdidalamdirisiswayangmenimbulkansemangatbelajaruntukmencapaisuatutujuan(hasilbelajar).MediapembelajaranberbasisTeknikInformasidanKomunikasi(TIK)merupakanalatyangberwujudkomputeryangberfungsisebagaialatuntukmenyampaikanpesandalampembelajaran.PenelitidisinimengambilindikatorvariabelpadapenggunaanprogramMicrosoftPowerPoint(PPT)danpenggunaanprogramMacromediaFlash.MediaberbasisTIKmemilikiperananpentingdalamprosespembelajaran.JenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdenganmetodequasieksperimenmenggunakanPretest-PostestOnlyNon-equivalentControlGroup.RancanganpadapenelitianiniadalahmenerapkanduamediapembelajaranberbasisTIKdenganmemanfaatkansoftwareyangadapadakomputer.KeduasoftwaretersebutantaralainMicrosoftPowerPoint(PPT)danMacromediaFlash.DarikeduamediatersebutditerapkandidalamprosespembelajaranpadamatapelajaranpenggunaanalatukurdiSMKNegeri1Tanjunganomyangtepatnyadiaplikasikandikelaseksperimen(PPT)dankelaskontrol(MacromediaFlash).AnalisisdatapadapenelitianinimenggunakanteknikstatistikRegresiLinierBerganda(MultipleRegression).Berdasarkanhasilanalisisdatapenelitiandisimpulkanmotivasibelajarsiswakelaseksperimenlebihbaikdaripadakelaskontrolkarenaberdasarkanstatistiktertinggisiswayangtergolongklasisfikasisangatbaikkelaseksperimenberjumlah3siswadan1siswadikelaskontrol.DariperhitunganujihipotesisdapatdisimpulkanbahwaadainteraksiantaramotivasibelajardanmediapembelajaranberbasisTIKdenganhasilbelajarmatapelajaranpenggunaanalatukursiswakelasXdiSMKNegeri1TanjunganomKabupatenNganjuk.BerdasarkanhasilujibedamediapembelajaranberbasisTIKyaituMicrosoftPowerPoint(PPT)lebihbaikdaripadaMacromediaFlashkarenadenganmenerapkanmediaMicrosoftPowerPoint(PPT)dikelaseksperimenhasilbelajarsiswamengalamipeningkatanlebihbaikbiladibandingkandikelaskontrolyangditerapkanmenggunakanMacromediaFlash.Halinidibuktikandengannilaihasilujibedatingkatsignifikansi(2-tailed)adalah0001darinilaialpha005.