Studi perbandingan hasil belajar sub kompetensi sistem penerangan lampu kepala dengan strategi pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Bayan Kab. Lombok Utara NTB / Rahibul Satarudin

Main Author: Satarudin, Rahibul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/43237/
Daftar Isi:
  • SatarudinRahibul.2013.StudiPerbandinganHasilBelajarSub.KompetensiSistemPeneranganLampuKepalaDenganStrategiPembelajaranQuantumTeachingPadaSiswaKelasXITKRdiSMKNegeri1BayanKab.LombokUtaraNTB.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(2)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.KataKunciStrategipembelajaranquantumteaching.Strategipembelajaranquantumteachingdapatmeningkatkanhasilpembelajaransebagaiberikut1)69%meningkatkanmotivasibelajarsiswa2)73%meningkatkannilaibelajarsiswa3)84%meningkatkankehormatandirisiswa4)98%melanjutkanmemanfaatkanketrampilan(dalampenelitianGroenendal).Strategipembelajaranquantumteachingyangditerapkanpadamatapelajarankelistrikansub.kompetensisistempeneranganlampukepaladiharapkanakanmemberikontribusidanhasilbelajarkepadasiswayangdulunyasulitmemahamimenjadimudahbahkanmenjadimateriyangdisukai.Strategipembelajaranquantumteachingdapatmembantumerangsanaktifitasbelajaruntukmengorganisasipengalamanbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui1)Hasilbelajarsub.kompetensisistempeneranganlampukepalapadasiswakelasXITKRdiSMKN1Bayanyangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajarankonvensional2)Hasilbelajarsub.kompetensisistempeneranganlampukepalapadasiswakelasXITKRdiSMKN1Bayanyangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajaranquantumteaching3)Perbedaanhasilbelajarsub.kompetensisistempeneranganlampukepalapadasiswakelasXITKRdiSMKN1Bayanantarayangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajarankonvensioanaldenganyangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajaranquantumteching.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganrancanganekspereimensemu(quasieksperiment).Penelitianinimenggunakanempatjenisdatakuantitatifdatapre-testkelompokkontroldatapre-testkelompokeksperimendatapost-testkelompokkontroldatapost-testkelompokeksperimen.SubyekpenelitianmelibatkanduakelaskelasXITKR1sebagaikelaseksperimenyangdiperlakuanstrategipembelajaranquantumteachingdanXITKR2sebagaikelaskontroldenganperlakuanstrategipembelajarankonvensional.AnalisisdatayangdigunakanadalahstatistikkuantitatifdenganSPSS16.Penelitimenemukanrata-ratanilaihasilbelajarsiswapadakelaseksperimen744437dankelaskontrol579997.Ujihipotesismenggunakanuji-tmenunjukkanhasilbelajarsiswamemilikinilaisignifikansi0000005kesimpulandarianalisismenunjukkanterdapatperbedaanreratahasilbelajarsiswayangmenggunakanstrategipembelajaranquantumteachingdenganyangstrategikonvensional.