Studi perbandingan hasil belajar sub kompetensi sistem penerangan lampu kepala dengan strategi pembelajaran quantum teaching pada siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Bayan Kab. Lombok Utara NTB / Rahibul Satarudin
Main Author: | Satarudin, Rahibul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43237/ |
Daftar Isi:
- SatarudinRahibul.2013.StudiPerbandinganHasilBelajarSub.KompetensiSistemPeneranganLampuKepalaDenganStrategiPembelajaranQuantumTeachingPadaSiswaKelasXITKRdiSMKNegeri1BayanKab.LombokUtaraNTB.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikOtomotifFakultasTeknikUniversitasNegeriMalangPembimbing(1)Dr.SyarifSuhartadiM.Pd(2)Drs.H.SumarliM.Pd.M.T.KataKunciStrategipembelajaranquantumteaching.Strategipembelajaranquantumteachingdapatmeningkatkanhasilpembelajaransebagaiberikut1)69%meningkatkanmotivasibelajarsiswa2)73%meningkatkannilaibelajarsiswa3)84%meningkatkankehormatandirisiswa4)98%melanjutkanmemanfaatkanketrampilan(dalampenelitianGroenendal).Strategipembelajaranquantumteachingyangditerapkanpadamatapelajarankelistrikansub.kompetensisistempeneranganlampukepaladiharapkanakanmemberikontribusidanhasilbelajarkepadasiswayangdulunyasulitmemahamimenjadimudahbahkanmenjadimateriyangdisukai.Strategipembelajaranquantumteachingdapatmembantumerangsanaktifitasbelajaruntukmengorganisasipengalamanbelajarsiswa.Tujuanpenelitianiniuntukmengetahui1)Hasilbelajarsub.kompetensisistempeneranganlampukepalapadasiswakelasXITKRdiSMKN1Bayanyangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajarankonvensional2)Hasilbelajarsub.kompetensisistempeneranganlampukepalapadasiswakelasXITKRdiSMKN1Bayanyangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajaranquantumteaching3)Perbedaanhasilbelajarsub.kompetensisistempeneranganlampukepalapadasiswakelasXITKRdiSMKN1Bayanantarayangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajarankonvensioanaldenganyangprosesbelajarmengajarmenggunakanstrategipembelajaranquantumteching.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimendenganrancanganekspereimensemu(quasieksperiment).Penelitianinimenggunakanempatjenisdatakuantitatifdatapre-testkelompokkontroldatapre-testkelompokeksperimendatapost-testkelompokkontroldatapost-testkelompokeksperimen.SubyekpenelitianmelibatkanduakelaskelasXITKR1sebagaikelaseksperimenyangdiperlakuanstrategipembelajaranquantumteachingdanXITKR2sebagaikelaskontroldenganperlakuanstrategipembelajarankonvensional.AnalisisdatayangdigunakanadalahstatistikkuantitatifdenganSPSS16.Penelitimenemukanrata-ratanilaihasilbelajarsiswapadakelaseksperimen744437dankelaskontrol579997.Ujihipotesismenggunakanuji-tmenunjukkanhasilbelajarsiswamemilikinilaisignifikansi0000005kesimpulandarianalisismenunjukkanterdapatperbedaanreratahasilbelajarsiswayangmenggunakanstrategipembelajaranquantumteachingdenganyangstrategikonvensional.