Pengaruh strategi pembelajaran learning stage terhadap prestasi belajar bongkar pasang rem dan roda pada siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan di SMK Islam 2 Durenan Kabupaten Trenggfalek / Dwi Ahmad Cholik

Main Author: Cholik, Dwi Ahmad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/43221/
Daftar Isi:
  • KataKunciStrategiPembelajaranLearningStagePrestasiBelajar.Masalahyangseringkalidijumpaidilapangan(kelas)adalahmetodepembelajaranuntukmenyampaikanmateripelajarankesiswa.Siswakurangberminatselamamengikutipembelajarankarenametodeyangdigunakanterlalumonoton.Haltersebutmengakibatkanmenurunnyaprestasibelajarsiswa.Dengankeadaantersebutmakadibutuhkansebuahmetodepembelajarandengantingkatpemahamanyangtinggiagardapatmembuatprestasibelajarsiswameningkat.MetodepembelajaranuntukmeningkatkanprestasibelajaradalahmetodeurutanpembelajaranLearningStagepadamatapelajarankejuruansistemremdanroda.Penelitianinitermasukdalambentukquasieksperimental(eksperimensemu).Rancanganpenelitianeksperimentalsemu(QuasyExperimentalDesign)digunakankarenapenelitianbertujuanuntukmengetahuipengaruhStrategiPembelajaranLearningStageterhadapprestasibelajarbongkarpasangremdanrodapadasiswakelasXIITeknikKendaraanRingandiSMKIslam2DurenanKabupatenTrenggalek.Bentukdesainpenelitianeksperimenyangdigunakanadalahpostestonlydesign.Padarancanganpenelitiandigunakankelas-kelasyangtelahadaatauyangtelahterbentuksecarawajar(teknikkelompokataucluster).Instrumenperlakuanberupaperangkatjobsheetdanmateri.Sedangkaninstrumenpengukuranberupainstrumentes.TeknikanalisisdatayangdigunakanadalahUji-T.Darihasilpemaparandeskripsihasilbelajarpadamasing-masingkelasrata-ratauntukkelaseksperimenadalah7550sedangkanuntukkelaskontroladalah6867.HasilpenelitianmenyimpulkanbahwaadapengaruhStrategiPembelajaranLearningStageterhadapprestasibelajarsistemremdanrodasiswakelasXIIteknikkendaraanringandiSMKIslam2DurenanKabupatenTrenggalek.MelihatadanyapengaruhpositifdaripenerapanStrategiPembelajaranLearningStagepenelitimenyarankansekolah-sekolahkhususnyasekolahankejuruan(SMK)agardapatmengembangkandanmenerapkannyasehinggadapatmemotivasiguruuntuktidakmenggunakanmetodepembelajaranyangmonotonyangdapatmembuatsiswamerasabosandalamprosespembelajarandandapatmeningkatkanprestasibelajarsiswa.