Penerapan kurikulum berbasis karakter dalam pengembangan soft skill siswa SMK / Ady Purnomo Setyo Pribadi
Main Author: | Pribadi, Ady Purnomo Setyo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2013
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43213/ |
Daftar Isi:
- KatakuncisoftskillkurikulumberbasiskarakterBerdasarkanhasilobservasisementarayangdilakukanolehpenelitimenunjukkanbahwakebanyakanlulusanSMKsaatiniketikabekerjadiperusahaandalamjenjangkarirmerekarelatiftidakbisacepatnaikhalinidikarenakanlulusanSMKdinilaibelummemilikisoftskillyangbaikdanjugabelummemilikikebiasaankaraktersesuaibidangpekerjaannya.UntukituperluadanyapembentukankarakterprofesionalitaspadadirisetiapsiswaSMK.DalamhalinipenerapankurikulumberbasiskaraktertampaknyadapatdijadikansebagaisalahsatualternatifgunamengembangkansoftskilldanmembentukkaraktersiswaSMK.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanpenelitianinidilakukandiSMKNegeri1KepanjenpadaprogramkeahlianTeknikOtomotifpadamatapelajaranproduktif.Prosedurpengumpulandatadalampenelitianinimeliputiwawancarastudidokumentasidanobservasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakurikulumberbasiskarakteryangditerapkandiSMKNegeri1KepanjenprogramkeahlianTeknikOtomotifadalahpengembanganKurikulumTingkatSatuanPendidikanyangbermuatankarakterdidalamnya.Tujuandaripenerapankurikuluminiadalahmembentukkaraktersiswasesuaidenganbidangpekerjaannyadankarakterterhadapsoftskillyangdimiliki.Dalampenyusunankurikulumdisusunberdasarkankompetensi-kompetensihasilrumusanantarapihaksekolahdenganpihakindustriyangmenghasilkan18pendidikankarakterdasaryangkemudiandikembangkandalambentuksilabusdanRPP.SilabusdanRPPyangtelahdisusunditerapkandalamprosespembelajarandikelas.Dalamevaluasipembelajaranpenilaianyangdigunakanberupasertifikasiskillmenggunakansistemgoandnogodenganbentukskor0dan100.SoftskillyangdikembangkanberpedomanpadasevenhabitsyangberasaldaribukusevenhabitsofhighlyeffectivepeoplekaranganSthepenRCoveyditambahdengan1problemsolving.DalampelaksanaanyafaktoryangmendukungadalahinputsiswayangmemangsudahterseleksisebelumnyakerjasamayangmendukungantarapihaksekolahdenganpihakindustridanadanyaLBByangdisediakanuntukmen-trainingguru-guruOtomotif.FaktoryangmenghambatadalahbelumsemuagurumemahamidanmelaksanakankurikulumberbasiskarakterpelaksanaannyamasihdalamlingkuppembelajaranproduktifKurangnyasaranaprasaranayangmemadaikhususnyauntukpembelajaranpraktikbelumsemuagurubisadijadikanpermodelandalampembentukankarakteruntuksiswadankurangnyapemantauankaraktersiswa.