Penerapan kurikulum berbasis karakter dalam pengembangan soft skill siswa SMK / Ady Purnomo Setyo Pribadi

Main Author: Pribadi, Ady Purnomo Setyo
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/43213/
Daftar Isi:
  • KatakuncisoftskillkurikulumberbasiskarakterBerdasarkanhasilobservasisementarayangdilakukanolehpenelitimenunjukkanbahwakebanyakanlulusanSMKsaatiniketikabekerjadiperusahaandalamjenjangkarirmerekarelatiftidakbisacepatnaikhalinidikarenakanlulusanSMKdinilaibelummemilikisoftskillyangbaikdanjugabelummemilikikebiasaankaraktersesuaibidangpekerjaannya.UntukituperluadanyapembentukankarakterprofesionalitaspadadirisetiapsiswaSMK.DalamhalinipenerapankurikulumberbasiskaraktertampaknyadapatdijadikansebagaisalahsatualternatifgunamengembangkansoftskilldanmembentukkaraktersiswaSMK.PenelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdanpenelitianinidilakukandiSMKNegeri1KepanjenpadaprogramkeahlianTeknikOtomotifpadamatapelajaranproduktif.Prosedurpengumpulandatadalampenelitianinimeliputiwawancarastudidokumentasidanobservasi.HasilpenelitianmenunjukkanbahwakurikulumberbasiskarakteryangditerapkandiSMKNegeri1KepanjenprogramkeahlianTeknikOtomotifadalahpengembanganKurikulumTingkatSatuanPendidikanyangbermuatankarakterdidalamnya.Tujuandaripenerapankurikuluminiadalahmembentukkaraktersiswasesuaidenganbidangpekerjaannyadankarakterterhadapsoftskillyangdimiliki.Dalampenyusunankurikulumdisusunberdasarkankompetensi-kompetensihasilrumusanantarapihaksekolahdenganpihakindustriyangmenghasilkan18pendidikankarakterdasaryangkemudiandikembangkandalambentuksilabusdanRPP.SilabusdanRPPyangtelahdisusunditerapkandalamprosespembelajarandikelas.Dalamevaluasipembelajaranpenilaianyangdigunakanberupasertifikasiskillmenggunakansistemgoandnogodenganbentukskor0dan100.SoftskillyangdikembangkanberpedomanpadasevenhabitsyangberasaldaribukusevenhabitsofhighlyeffectivepeoplekaranganSthepenRCoveyditambahdengan1problemsolving.DalampelaksanaanyafaktoryangmendukungadalahinputsiswayangmemangsudahterseleksisebelumnyakerjasamayangmendukungantarapihaksekolahdenganpihakindustridanadanyaLBByangdisediakanuntukmen-trainingguru-guruOtomotif.FaktoryangmenghambatadalahbelumsemuagurumemahamidanmelaksanakankurikulumberbasiskarakterpelaksanaannyamasihdalamlingkuppembelajaranproduktifKurangnyasaranaprasaranayangmemadaikhususnyauntukpembelajaranpraktikbelumsemuagurubisadijadikanpermodelandalampembentukankarakteruntuksiswadankurangnyapemantauankaraktersiswa.