Hubungan antara motivasi belajar dan penerapan model pembelajaran Talking Stick dengan hasil belajar sistem bahan bakar diesel siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Al Kaaffah Kabupaten Malang / Andy Mirza Permana

Main Author: Permana, Andy Mirza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2013
Online Access: http://repository.um.ac.id/43188/
Daftar Isi:
  • PermanaAndyMirza.2012.HubunganantaraMotivasiBelajardanPenerapanModelPembelajaranTalkingStickdenganHasilBelajarSistemBahanBakarMotorDieselSiswaKelasXITeknikKendaraanRingandiSMKAlKaaffahKabupatenMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.Ir.Machfudz(II)Drs.Ir.MustamanM.Pd.KatakuncimotivasibelajarmodelpembelajarantalkingstickdanhasilbelajarBerdasarkanhasilpengamatandiketahuibahwapelaksanaanpembelajaranpadapelajaranproduktifsiswakelasXITKRdiSMKAlKaaffahKabupatenMalangmasihmenggunakanmetodeceramah.Mengakibatkansiswakurangantusiasmudahbosandanmotivasibelajarsiswanaikturunsaatpembelajaranberlangsungsehinggaberdampakpadahasilbelajarsiswarendah.Dari34siswakelasXI7059%siswamendapatkanhasilbelajardiatasSKMsedangkan2941%siswamendapatkanhasilbelajardibawahSKM.Demikianperludilakukanpenerapanpembelajaranyangmampumembuatsiswamenjadilebihaktifsalahsatunyadenganpenerapanmodelpembelajarantalkingstick.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanamotivasibelajarsiswapenerapanmodelpembelajarantalkingstickhasilbelajarsiswasertauntukmengetahuihubunganantaramotivasibelajarsiswadanpenerapanmodelpembelajarantalkingstickdenganhasilbelajarsistembahanbakarmotordieselsiswakelasXITeknikKendaraanRingandiSMKAlKaaffah.Penelitianyangdigunakanadalahpenelitianhubungandenganpendekatankuantitatif.SampelpenelitiandiambildarikeseluruhanjumlahpopulasiyaitusiswakelasXITKRyangberjumlah34siswa.Pengumpulandatamotivasibelajardanpenerapanmodelpembelajarantalkingstickdenganmenggunakanmetodeangketuntukdatahasilbelajardenganmenggunakanmetodetes.Teknikanalisisyangdigunakanadalahstatistikdeskriptifuntukmendeskripsikandatapenelitiandenganujikorelasionalsertaujihipotesispenelitian.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)motivasibelajarsiswatinggi(2)penerapanmodelpembelajarantalkingstickmendapatskorpencapaianbaik(3)hasilbelajarsiswatinggi(4)terdapathubunganpositifyangkuatantaramotivasibelajardenganhasilbelajarsiswa(5)terdapathubunganpositifyangkuatantarapenerapanmodelpembelajarantalkingstickdenganhasilbelajarsiswa(6)terdapathubunganpositifyangsangatkuatantaramotivasibelajardanpenerapanmodelpembelajarantalkingstickdenganhasilbelajarsiswa.Saranyangdiberikanyaitu(1)bagigurupelajaranproduktifhendaknyamodelpembelajarantalkingstickdijadikanalternatifdalampembelajarandanselalumenanamkanmotivasibelajarkesiswa(2)bagiKepalaSMKAlKaaffahhendaknyaselalumemberidoronganpadaguruuntukmenerapkanpembelajaranyangmampumembuatsiswaaktifdalamprosespembelajaran(3)bagipenelitiselanjutnyadirekomendasikanuntukmenelitipenerapanmodelpembelajarantalkingstickpadamatapelajaranlainsesuaidalamduasekolahataulebih.