Studi pelaksanaan kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang (Kajian kelengkapan dan kesusaian sarana prasarana pembelajaran mata diklat produktif) / Mohammad Ardiansyah Aris Setiawan
Main Author: | Setiawan, Mohammad Ardiansyah Aris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43162/ |
Daftar Isi:
- KatakunciKelasSuzukiSMKPGRI3MalangSaranaPrasarana.PadasaatinikerjasamaantaraSMKdenganindustryiatauperusahaansudahbisadibilangmulaimeningkat.SalahsatubentukkerjasamaitudapatterwujuddengandibukanyasuatukelaspadaSMKdenganmenggunakanstandarindustridandidukunglangsungolehindustrytersebut.Kelasinibiasadisebutdengankelasindustri.2WSuzukiClassatauyangbiasadisebutdenganKelasSuzukiadalahsebuahproyekkerjasamaantaraSMKPGRI3MalangdenganPT.IndomobilSuzukiInternasionalmelaluiperwakilannyadiMalangPTHeroSaktiMotorGemilang.MasaStudi3tahundengankapasistasmurid24siswaperkelasnya.KelasinididesainpenuhdenganstandarbengkelresmiSuzukisebagaiinstrukturdiambildaristafpengajarproduktifbidangotomotifyangditrainingselama1tahundisemuabengkelresmiSuzukiyangberadadikaresidenanMalangKediridanJemberenganadanya2WSuzukiClassinidiharapkandapatmengisikebutuhanmekanikbengkelresmiSuzukiwilayahIndonesiaTimur.UntukmengetahuikualitaspembelajaranmatadiklatproduktifdikelassuzukiSMKPGRI3Malangmakapenelitianinidifokuskansebagaiberikut(1)BagaimanakahkelengkapansaranaprasaranapembelajaranMataDiklatProduktifkelasSuzukiSMKPGRI3Malang(2)BagaimanatingkatkesesuaiansaranaprasaranapembelajaranMataDiklatProduktifkelasSuzukiSMKPGRI3MalangdenganstandartyangtelahditetapkanolehperusahaanSuzuki.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptif.Pengumpulandatadilakukanolehpenelitisendiridandidukungolehinformankunci.Prosedurpengumpulandatadalampenelitianinidengancarapendekatantriangulasi.Penelitimelakukantriangulasidenganmembandingkandanmengecekbalikderajatkepercayaansuatuinformasiyangdiperolehmelaluiwaktudanalatyangberbedadalammetodekualitatif.Padametodetriangulasidapatdiperolehdenganberbagaicarameliputi(1)wawancara(2)observasiataupengamatan(3)dokumentasi.Datayangdiperolehmelaluiprosedurtersebutdianalisisdenganmenggunakanteknikdeskriptifyangyangdiorganisirdalambentuktabeldanpenerapannyapadatigaalurkegiatanyaitu(1)reduksidata(2)penyajiandata(3)penarikankesimpulanBerdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatadiperolehtemuan-temuansebagaiberikut(1)kelengkapansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatproduktifdikelasSuzukiSMKPGRI3MalangdisesuaiakanpenuhdenganiibengkelresmisepedamotorSuzukidenganmenggunakanperbandinganrasiodariPERMENDIKNAStentangstandartsaranaprasaranaSMK.(2)kelengkapansaranaprasaranapembelajaranteorimemilikikelengkapansebanyak42buahdankelengkapanpembelajaranpraktekberjumlah348buahdan10set.JumlahtotalkelengkapansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatproduktifSMKPGRI3Malangyaitusebanyak390buahdan10set(3)TingkatkesesuaiansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatProduktifKelasSuzukiSMKPGRI3Malangdalamrata-ratapersentasemencapai8524%.TingkatkesesuaianseluruhkelengkapansaranaprasaranapembelajaranproduktifkelasSuzukiSMKPGRI3Malangyaitu8366%.Adabeberapahalyangdisarankanyaitu(1)Bagipihaksekolahperluadanyapenambahanperabotuntukruangteoriterutamakursidanmejapesertadidikagarpembelajarandapatberjalandengannyamanperluditerapkannyapenggunaanpakaiankeselamatankerjabagipesertadidikpadasaatpraktekkelengkapansaranaprasaranayangadasudahcukupbaikdansudahcukupsesuaidenganstandartkondisiiniperludijagadanlebihdilengkapi.(1)BagipenelitiselanjutnyapenelitianmengenaikelengkapandankesesuaiansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatproduktifkelasSuzukidiSMKPGRI3MalangmenurutstandartbengkelresmisepedamotorSuzukiinidapatdijadikansebagaireferensiuntukpenelitiansejenisyangfokusterhadapsaranaprasaranapembelajaranmaupunterhadapkelasindustrilain.