Studi pelaksanaan kelas Suzuki SMK PGRI 3 Malang (Kajian kelengkapan dan kesusaian sarana prasarana pembelajaran mata diklat produktif) / Mohammad Ardiansyah Aris Setiawan

Main Author: Setiawan, Mohammad Ardiansyah Aris
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/43162/
Daftar Isi:
  • KatakunciKelasSuzukiSMKPGRI3MalangSaranaPrasarana.PadasaatinikerjasamaantaraSMKdenganindustryiatauperusahaansudahbisadibilangmulaimeningkat.SalahsatubentukkerjasamaitudapatterwujuddengandibukanyasuatukelaspadaSMKdenganmenggunakanstandarindustridandidukunglangsungolehindustrytersebut.Kelasinibiasadisebutdengankelasindustri.2WSuzukiClassatauyangbiasadisebutdenganKelasSuzukiadalahsebuahproyekkerjasamaantaraSMKPGRI3MalangdenganPT.IndomobilSuzukiInternasionalmelaluiperwakilannyadiMalangPTHeroSaktiMotorGemilang.MasaStudi3tahundengankapasistasmurid24siswaperkelasnya.KelasinididesainpenuhdenganstandarbengkelresmiSuzukisebagaiinstrukturdiambildaristafpengajarproduktifbidangotomotifyangditrainingselama1tahundisemuabengkelresmiSuzukiyangberadadikaresidenanMalangKediridanJemberenganadanya2WSuzukiClassinidiharapkandapatmengisikebutuhanmekanikbengkelresmiSuzukiwilayahIndonesiaTimur.UntukmengetahuikualitaspembelajaranmatadiklatproduktifdikelassuzukiSMKPGRI3Malangmakapenelitianinidifokuskansebagaiberikut(1)BagaimanakahkelengkapansaranaprasaranapembelajaranMataDiklatProduktifkelasSuzukiSMKPGRI3Malang(2)BagaimanatingkatkesesuaiansaranaprasaranapembelajaranMataDiklatProduktifkelasSuzukiSMKPGRI3MalangdenganstandartyangtelahditetapkanolehperusahaanSuzuki.Penelitianinimenggunakanpendekatandeskriptif.Pengumpulandatadilakukanolehpenelitisendiridandidukungolehinformankunci.Prosedurpengumpulandatadalampenelitianinidengancarapendekatantriangulasi.Penelitimelakukantriangulasidenganmembandingkandanmengecekbalikderajatkepercayaansuatuinformasiyangdiperolehmelaluiwaktudanalatyangberbedadalammetodekualitatif.Padametodetriangulasidapatdiperolehdenganberbagaicarameliputi(1)wawancara(2)observasiataupengamatan(3)dokumentasi.Datayangdiperolehmelaluiprosedurtersebutdianalisisdenganmenggunakanteknikdeskriptifyangyangdiorganisirdalambentuktabeldanpenerapannyapadatigaalurkegiatanyaitu(1)reduksidata(2)penyajiandata(3)penarikankesimpulanBerdasarkanhasilpenelitiandananalisisdatadiperolehtemuan-temuansebagaiberikut(1)kelengkapansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatproduktifdikelasSuzukiSMKPGRI3MalangdisesuaiakanpenuhdenganiibengkelresmisepedamotorSuzukidenganmenggunakanperbandinganrasiodariPERMENDIKNAStentangstandartsaranaprasaranaSMK.(2)kelengkapansaranaprasaranapembelajaranteorimemilikikelengkapansebanyak42buahdankelengkapanpembelajaranpraktekberjumlah348buahdan10set.JumlahtotalkelengkapansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatproduktifSMKPGRI3Malangyaitusebanyak390buahdan10set(3)TingkatkesesuaiansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatProduktifKelasSuzukiSMKPGRI3Malangdalamrata-ratapersentasemencapai8524%.TingkatkesesuaianseluruhkelengkapansaranaprasaranapembelajaranproduktifkelasSuzukiSMKPGRI3Malangyaitu8366%.Adabeberapahalyangdisarankanyaitu(1)Bagipihaksekolahperluadanyapenambahanperabotuntukruangteoriterutamakursidanmejapesertadidikagarpembelajarandapatberjalandengannyamanperluditerapkannyapenggunaanpakaiankeselamatankerjabagipesertadidikpadasaatpraktekkelengkapansaranaprasaranayangadasudahcukupbaikdansudahcukupsesuaidenganstandartkondisiiniperludijagadanlebihdilengkapi.(1)BagipenelitiselanjutnyapenelitianmengenaikelengkapandankesesuaiansaranaprasaranapembelajaranmatadiklatproduktifkelasSuzukidiSMKPGRI3MalangmenurutstandartbengkelresmisepedamotorSuzukiinidapatdijadikansebagaireferensiuntukpenelitiansejenisyangfokusterhadapsaranaprasaranapembelajaranmaupunterhadapkelasindustrilain.