Pengaruh strategi pembelajaran troubleshooting terhadap hasil belajar kompetensi memperbaiki komponen sistem bahan bakar bensin siswa kelas XI program keahlian teknik kendaraan ringan SMK 1 KADEMANGAN / Rheza Paleva A. F.

Main Author: Paleva A. F., Rheza
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Online Access: http://repository.um.ac.id/43159/
Daftar Isi:
  • Katakuncistrategipembelajarantroubleshootinghasilbelajarmemperbaikikomponensistembahanbakarbensin.DalampenelitianinidilakukanperbandinganpenggunanmodelpembelajarantroubleshootingdenganpembelajarankonvensionalpadamatadiklatServisSistemBahanBakarBensinkompetensidasarMemperbaikiKomponenSistemBahanBakarBensin.MetodepenelitianyangdigunakanadalahQuasiExperimentalDesignyangbertujuanuntukmengetahuimetodepembelajaranyanglebihungguldalammempengaruhipencapaianhasilbelajar.Datahasilbelajardiperolehmelaluitesakhirberupatesobjektifpilahangandadantesunjukkerjayangdiberikankepadasubjekpenelitian.Ujibedaakandigunakanuntukmenjawabhipotesis.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaadaperbedaanpengaruhdalampencapaianhasilbelajarataspenggunaanpembelajarantroubleshootingdenganpembelajarankonvensional.Haliniditunjukandengannilairata-ratahasilbelajarkelompokeksperimensetelahdiberiperlakuanyaitu797sedangkanrata-rataprestasibelajarkelompokkontrolsetelahdiberiperlakuanyaitu7308.Prosentasekelompokeksperimensiswayangmendapatnilaidalamkategoribaiksekaliadalah33%.Siswamendapatnilaikategoribaik50%.Siswamendapatnilaikategoricukup333%dansiswamendapatnilaikategorikurangadalah133%.Prosentasekelompokkontrolsiswayangmendapatnilaidalamkategoribaiksekaliadalah0%.Siswamendapatnilaikategoribaik10%.Siswamendapatnilaikategoricukup60%dansiswamendapatnilaikategorikurang30%.Dariteshasilbelajartersebutdapatdilihatbahwanilairata-ratakelompokeksperimenlebihtinggidibandingkandengannilairata-ratakelompokkontrol.Kesimpulandaripenelitianiniadalahhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanpembelajarantroubleshootinglebihtinggidibandingkandenganhasilbelajardenganmenggunakanpembelajarankonvensionalkarenaadanyaperbedaanperlakuanpembelajaranantarasiswakelompokeksperimendengankelompokkontrol.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyaitu1)gurudapatmenerapkanmetodepembelajarantroubleshootingdalamprosespembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajar2)siswahendaknyamemilikikebiasaan-kebiasaanberpikirsecarakritisdananalitissehinggahasilbelajarsesuaidenganyangdiharapkan3)Bagisekolahdisarankanuntukmensosialisasikanpembelajarantroubleshootingpadamatadiklatproduktifyanglainuntukmeningkatkanhasilbelajar.