Hubungan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat berwirausaha mendirikan bengkel otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Ricky Krisdianto
Main Author: | Krisdianto, Ricky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43145/ |
Daftar Isi:
- KataKuncilingkungankeluargamotivasibelajarminatberwirausahamendirikanbengkelotomotif.SMKadalahsekolahkejuruanyangmendidiksiswanyaagarmemilikiketrampilanyangdibutuhkandiduniausaha/industri.SelainmatapelajaranteoridanpraktiksiswaSMKjugadibekalidenganmatapelajarankewirausahaan.DiharapkansetelahlulussiswaSMKdapatmembukalapangankerjasendiri.Adabanyakhalyangmempengaruhisiswadalamberwirausahasalahsatunyaadalahminat.Minatsendiridipengaruhiolehbanyakhaldiantaranyalingkungankeluargadanmotivasibelajar.Keduahaltersebutmerupakanhalyangpentingyangakanpenelitikajilebihmendalamuntukdapatmengetahuihubungandenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotif.Pemilihanvariabeltersebutmerupakanindikatoryangpentinguntukdapatdigunakansebagaialatukurminatberwirausahamendirikanbengkelotomotif.DaripaparantersebutmenunjukkanbahwalingkungankeluargamotivasibelajardapatmempengaruhiminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjenuntukterjunkeduniakerja.Untukmengujikebenarandugaantersebutpenelitianinimerumuskanmasalahsebagaiberikut(1)AdakahhubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(2)AdakahhubunganyangsignifikanantaramotivasibelajardenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(3)AdakahhubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadanmotivasibelajarterhadapminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen.PenelitianinidirancangmenggunakandeskriptifkorelasionalyangdilakukanpadasiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjendenganjumlahpopulasi243siswadanjumlahpertanyaan/angketsebanyak26butir.Penelitianinimenggunakanangketsebagaialatpengumpuldata.Kesimpulanpenelitiandiperoleh(1)AdahubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(2)adahubunganyangsignifikanantaramotivasibelajardenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(3)AdahubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadanmotivasibelajardenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen.Saranpenelitianantaralain(1)BagiSekolahsupayameningkatkankomunikasidenganorangtuasiswagunamemantauprosesbelajarsiswasecaraintensif(2)BagiOrangtuasiswagunaterciptanyasuasanapembelajaranyangkondusifdemiterwujudnyaminatyangdimilikiolehsiswaagarlebihmemperhatikanprosesbelajarketertibansekolahdanmemberikanmotivasikepadaputranyaagarbelajarlebihgiat.Orangtuajugadisarankanmenjalinkomunikasidenganpihaksekolah(3)Bagiguruotomotifgunameningkatkanmotivasibelajarsiswakeahlianteknikkendaraanringanharuslahmeningkatkanfaktor-faktoryangdapatmempengaruhimotivasibelajarsiswasepertimeningkatkankemampuandanprofesionalismegurusehinggadapatmemotivasisiswauntukbelajardanpadaakhirnyameningkatkanprestasibelajarsiswa(4)Bagisiswagunamengembangkanminatyangdimilikisiswaharuslebihaktifdalammenambahpengetahuan.Misalmencarireferensidaribukudiluarbukupelajaranataupundariinternet.Siswajugaharuslebihaktifdalambelajarsertamempersiapkanmateriyangakandipelajaripadahariesok.