Hubungan antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap minat berwirausaha mendirikan bengkel otomotif siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Kepanjen / Ricky Krisdianto

Main Author: Krisdianto, Ricky
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/43145/
Daftar Isi:
  • KataKuncilingkungankeluargamotivasibelajarminatberwirausahamendirikanbengkelotomotif.SMKadalahsekolahkejuruanyangmendidiksiswanyaagarmemilikiketrampilanyangdibutuhkandiduniausaha/industri.SelainmatapelajaranteoridanpraktiksiswaSMKjugadibekalidenganmatapelajarankewirausahaan.DiharapkansetelahlulussiswaSMKdapatmembukalapangankerjasendiri.Adabanyakhalyangmempengaruhisiswadalamberwirausahasalahsatunyaadalahminat.Minatsendiridipengaruhiolehbanyakhaldiantaranyalingkungankeluargadanmotivasibelajar.Keduahaltersebutmerupakanhalyangpentingyangakanpenelitikajilebihmendalamuntukdapatmengetahuihubungandenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotif.Pemilihanvariabeltersebutmerupakanindikatoryangpentinguntukdapatdigunakansebagaialatukurminatberwirausahamendirikanbengkelotomotif.DaripaparantersebutmenunjukkanbahwalingkungankeluargamotivasibelajardapatmempengaruhiminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjenuntukterjunkeduniakerja.Untukmengujikebenarandugaantersebutpenelitianinimerumuskanmasalahsebagaiberikut(1)AdakahhubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(2)AdakahhubunganyangsignifikanantaramotivasibelajardenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(3)AdakahhubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadanmotivasibelajarterhadapminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXITeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen.PenelitianinidirancangmenggunakandeskriptifkorelasionalyangdilakukanpadasiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjendenganjumlahpopulasi243siswadanjumlahpertanyaan/angketsebanyak26butir.Penelitianinimenggunakanangketsebagaialatpengumpuldata.Kesimpulanpenelitiandiperoleh(1)AdahubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(2)adahubunganyangsignifikanantaramotivasibelajardenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen(3)AdahubunganyangsignifikanantaralingkungankeluargadanmotivasibelajardenganminatberwirausahamendirikanbengkelotomotifsiswakelasXIJurusanTeknikKendaraanRinganSMKMuhammadiyah1Kepanjen.Saranpenelitianantaralain(1)BagiSekolahsupayameningkatkankomunikasidenganorangtuasiswagunamemantauprosesbelajarsiswasecaraintensif(2)BagiOrangtuasiswagunaterciptanyasuasanapembelajaranyangkondusifdemiterwujudnyaminatyangdimilikiolehsiswaagarlebihmemperhatikanprosesbelajarketertibansekolahdanmemberikanmotivasikepadaputranyaagarbelajarlebihgiat.Orangtuajugadisarankanmenjalinkomunikasidenganpihaksekolah(3)Bagiguruotomotifgunameningkatkanmotivasibelajarsiswakeahlianteknikkendaraanringanharuslahmeningkatkanfaktor-faktoryangdapatmempengaruhimotivasibelajarsiswasepertimeningkatkankemampuandanprofesionalismegurusehinggadapatmemotivasisiswauntukbelajardanpadaakhirnyameningkatkanprestasibelajarsiswa(4)Bagisiswagunamengembangkanminatyangdimilikisiswaharuslebihaktifdalammenambahpengetahuan.Misalmencarireferensidaribukudiluarbukupelajaranataupundariinternet.Siswajugaharuslebihaktifdalambelajarsertamempersiapkanmateriyangakandipelajaripadahariesok.