Perbedaan hasil belajar sistem pengapian elektronik antara siswa yang diajar melalui pendekatan cooperative learning teknik jigsaw dengan teknik problem based learning (PBL) pada sisw Keahlian Ototronik kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Achmad Helmi Mudhaffar
Main Author: | Mudhaffar, Achmad Helmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43136/ |
Daftar Isi:
- KatakunciCooperativeLearningJigsawProblemBasedLearning(PBL)hasilbelajarpengapianelektronik.Salahsatukunciutamadalamprosesbelajarmengajaradalahguru.DalamkonteksspektrumSMKsiswadituntutuntuklebihaktifsesuaidengantujuanpembelajarantersebut.Namunpadakenyataannyamasihbanyakguruyangkurangmemperhatikanpenggunaanmetodebelajaryangtepat.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkansebuahmodelcooperativelearningteknikjigsawdanProblemBasedLearning(PBL)padapokokbahasandasarpengapianelektronikmotorbensin.TujuandaripenelitianiniadalahMengetahuiseberapabesarperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanpembelajaranmodelcooperatiflearningteknikjigsawdanProblemBasedLearning(PBL)materiDasarPengapianElektronikMotorBensinKelasXT.OTSMKNegeriSingosari.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudenganpolaTwoGroupPretestPosttestDesign.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXT.OTTahunPelajaran2010/2011yangterdiridari4kelas.Sampelpenelitianmenggunakanduakelasdimanateknikpengambilannyamelaluirandomsampling.KelasXT.OT1sebagaikelaseksperimenJigsawdanXT.OT2sebagaikelaseksperimenProblemBasedLearning(PBL).Variabelpenelitianterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinipretestdanposttest.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganpenerapananmodelcooperatiflearningteknikJigsawterdapatpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarsiswadanjigsawlebihbaikdaripadaPBLdilihatdariperbedaanrata-ratasebelumdansesudahperlakuanyaitusebesar247sedangkandenganpenerapanProblemBasedLearning(PBL)jugaterdapatpengaruhmeskipuntidaksebesardenganpenerapananmodelcooperatiflearningteknikJigsawdilihatdariperbedaanrata-ratasebelumdansesudahperlakuanyaitu196.HasilbelajarantarakelaseksperimenJigsawdaneksperimenProblemBasedLearning(PBL)jugamenunjukkanperbedaanyangcukupsignifikanyaitu55dengannilaiSig(p)0001danteknikjigsawmenunjukkanlebihbaikdibandingkanPBLyaknidengannilaiSig(p)0000.KesimpulanpenelitianyaituterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarapenerapancooperativelearningteknikJigsawdanteknikProblemBasedLearning(PBL)padamateriPengapianElektronik.ModelcooperativelearningteknikJigsawmemberikanlebihbaikdibandingkanPBL.Saranbagigurupengajarhendaknyamenggunakanpembelajarancooperativelearningteknikjigsawsebagaialternatifpengajaranpengapianelektronikselanjutnya.