Perbedaan hasil belajar sistem pengapian elektronik antara siswa yang diajar melalui pendekatan cooperative learning teknik jigsaw dengan teknik problem based learning (PBL) pada sisw Keahlian Ototronik kelas X SMK Negeri 1 Singosari / Achmad Helmi Mudhaffar

Main Author: Mudhaffar, Achmad Helmi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/43136/
Daftar Isi:
  • KatakunciCooperativeLearningJigsawProblemBasedLearning(PBL)hasilbelajarpengapianelektronik.Salahsatukunciutamadalamprosesbelajarmengajaradalahguru.DalamkonteksspektrumSMKsiswadituntutuntuklebihaktifsesuaidengantujuanpembelajarantersebut.Namunpadakenyataannyamasihbanyakguruyangkurangmemperhatikanpenggunaanmetodebelajaryangtepat.OlehkarenaitudalampenelitianiniditerapkansebuahmodelcooperativelearningteknikjigsawdanProblemBasedLearning(PBL)padapokokbahasandasarpengapianelektronikmotorbensin.TujuandaripenelitianiniadalahMengetahuiseberapabesarperbedaanhasilbelajarsiswaantarapenerapanpembelajaranmodelcooperatiflearningteknikjigsawdanProblemBasedLearning(PBL)materiDasarPengapianElektronikMotorBensinKelasXT.OTSMKNegeriSingosari.PenelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemudenganpolaTwoGroupPretestPosttestDesign.SubyekpenelitianiniadalahsiswakelasXT.OTTahunPelajaran2010/2011yangterdiridari4kelas.Sampelpenelitianmenggunakanduakelasdimanateknikpengambilannyamelaluirandomsampling.KelasXT.OT1sebagaikelaseksperimenJigsawdanXT.OT2sebagaikelaseksperimenProblemBasedLearning(PBL).Variabelpenelitianterdiridarivariabelbebasyaitumetodepembelajarandanvariabelterikatyaituhasilbelajar.Instrumenyangdigunakandalampenelitianinipretestdanposttest.HasilpenelitianmenunjukkanbahwadenganpenerapananmodelcooperatiflearningteknikJigsawterdapatpengaruhyangsignifikanterhadaphasilbelajarsiswadanjigsawlebihbaikdaripadaPBLdilihatdariperbedaanrata-ratasebelumdansesudahperlakuanyaitusebesar247sedangkandenganpenerapanProblemBasedLearning(PBL)jugaterdapatpengaruhmeskipuntidaksebesardenganpenerapananmodelcooperatiflearningteknikJigsawdilihatdariperbedaanrata-ratasebelumdansesudahperlakuanyaitu196.HasilbelajarantarakelaseksperimenJigsawdaneksperimenProblemBasedLearning(PBL)jugamenunjukkanperbedaanyangcukupsignifikanyaitu55dengannilaiSig(p)0001danteknikjigsawmenunjukkanlebihbaikdibandingkanPBLyaknidengannilaiSig(p)0000.KesimpulanpenelitianyaituterdapatperbedaanhasilbelajaryangsignifikanantarapenerapancooperativelearningteknikJigsawdanteknikProblemBasedLearning(PBL)padamateriPengapianElektronik.ModelcooperativelearningteknikJigsawmemberikanlebihbaikdibandingkanPBL.Saranbagigurupengajarhendaknyamenggunakanpembelajarancooperativelearningteknikjigsawsebagaialternatifpengajaranpengapianelektronikselanjutnya.