Pengaruh penggunaan media animasi terhadap peningkatan hasil belajar materi tentang konstruksi dan cara kerja mesin 4 tak pada siswa kelas X jurusan teknik otomotif di SMK Negeri 1 Woja Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat / Al Adhar Teguh Laksana

Main Author: Laksana, Al Adhar Teguh
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/43114/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKLaksanaAlAdharTeguh.2010.PengaruhPenggunaanMediaAnimasiterhadapPeningkatanHasilBelajarMateriTentangKonstruksidanCaraKerjaMesin4TakpadaSiswaKelasXJurusanTeknikOtomotifdiSMKNegeri1WojaKabupatenDompuNusaTenggaraBarat.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikOtomotifJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Drs.H.SunomoM.Pd(II)Drs.SumarliM.Pd.M.T.Katakuncimediagambarmediaanimasihasilbelajar.ModelpembelajaranyangditerapkandiSMKN1WojaKabupatenDompuNusaTenggaraBaratsampaisekaranginimasihmenggunakanmetodeceramahdanmetodedemontrasisedangkanmediapembelajarannyaadalahmediagambar.Siswayangdiajarmenggunakanmediagambarsepertiinidinilaikurangmampumemahamimaksuddarigambaryangbersifatkomplekskhususnyagambaryangmenunjukkansebuahperistiwayangtidakdapatdilihatsecaralangsung.Penggunaanmediaanimasidiharapkandapatmengatasikesulitan-kesulitanyangdihadapiolehsiswadalammemahamiprinsipkerjamesin4takmaupuncarakerjakomponen-komponenutamayangterdapatdalammesintersebut.Penelitianiniselainbertujuanuntukmendeskripsikanhasilbelajarantarakelompoksiswayangdiajardenganmediagambardankelompoksiswayangdiajardenganmediaanimasijugauntukmengetahuiapakahadaperbedaanhasilbelajarkompetensikonstruksidancarakerjamesin4takantarakelompoksiswayangdiajardenganmediagambardankelompoksiswayangdiajardenganmediaanimasi.PenelitianinimenggunakanPre-ExperimentalDesignkarenadesaininimemilikibanyakdesainbiladilihatsubjekyangakanditelitimakasecarakhususdesaindalampenelitianinimenggunakandesainPre-testandPost-testGroup.SubjekdalampenelitianinidiambildarisiswakelasXjurusanTeknikOtomotifyangberjumlah40siswa.Hasilbelajardiambildarihasilpre-tesdanpost-test.SedangkanteknikanalisisdatayangdigunakanadalahteknikanalisisUji-t.Hasilpenelitianinimenunjukanbahwa65%siswayangdiajarmenggunakanmediaanimasiberhasilmemperolehhasilbelajarsecaramaksimaldenganrentanganskor81-100.Sedangkansiswayangdiajarmenggunakanmediagambarhanyaberjumlah10%.Darihasilanalisisdiketahuibahwaadaperbedaanhasilbelajaruntuktarafsignifikansi(945005)antaraduakelompoktersebut.Dengandemikianpenggunaanmediaanimasiberpengaruhsecarasignifikanterhadappeningkatanhasilbelajarmateritentangkonstruksidancarakerjamesin4tak.Melihatadanyapengaruhpositifdaripenggunaanmediaanimasi.Disarankanguruhendaknyamenerapkanmediaanimasisebagaialatbantudalamprosespembelajaranyangmaterinyamembahassuatuperistiwaatauproseskerjadarisebuahmesinyangtidakbisadilihatsecaralangsung.