Dampak alih fungsi Sekolah Menengah Atas (SMA) ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap kinerja guru di SMA Negeri 11 Malang / Suparman Since
Main Author: | Since, Suparman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/43110/ |
Daftar Isi:
- KebijakanumumDepartemenPendidikanNasional(Depdiknas)padatahun2005-2009diantaranyaadalahperluasandanpemerataanaksesuntukmemperolehpendidikanpadasemuajenisdanjenjangpendidikansertapeningkatanmutupadarencanastrategisDepdiknasmeningkatkanaksespendidikanditingkatsekolahmenengahakanlebihditekankanpadasekolahmenengahkejuruan(SMK)dimanawacanayangberkembangakhir-akhiriniadalahpadatahun2020perbandinganSMKSMAadalah7030.Kinerjaguruadalahhasilkerjayangdicapaiolehseoranggurudalammelaksanakantugas-tugasyangdiberikankepadanyayangdidasarkanataskecakapanpengalamandankesungguhanGuruadalahkomponenyangpalingstrategisdalamprosespendidikan.Jauhlebihstatregisdibandingkandenganduakomponenstrategislainnyayaitupesertadidikdankurikulum.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuidampakalihfungsiSMAkeSMKterhadapkinerjagurudiSMANegeri11malangditinjaudaripersiapanmengajarnyaAlat/mediaStrategi/MetodePenguasaaanMateriSumberBelajarSaranadanPrasaranadanEvaluasidalamprosespembelajaran.Metodepenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdenganmelakukanwawancarapengamatandanstudidokumentasiterhadapprosespelaksanaanfaktorpendukungdanpenghambatpelaksanasertapersiapanmengajarmediayangdigunakanpenguasaanmaterisumberbelajarsaranadanprasaranadanevaluasipembelajaran.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprosesalihfungsiberjalandalamwaktuyangcukupsingkatsehinggatahappersiapanyangdilakukanpihaksekolahkurangmaksimal.DiantaranyagurusebagaipendidiksangatmerasakansekalidampaknyayangharusberalihmengajarkesekolahmenegahkejuruandanjugaadaguruyangmasihbimbangdimanabidangkeahliannyatidaklagiterdapatpadakurikulumSMKDisampingitukurangnyasaranadanprasaransekolahyangsangatminim.KesimpulanSehinggaperludiadakanpelatihanuntukgurusertatersedianyasaranadanprasaranasepertiruanganbukureverensialatpraktikdanlain-lainyangmemadaiuntukmeningkatkanmutupembelajarandisekolahsetempatTidakterlepasdariituperankepalasekolahsangatdiharapkan.