Dampak alih fungsi Sekolah Menengah Atas (SMA) ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhadap kinerja guru di SMA Negeri 11 Malang / Suparman Since

Main Author: Since, Suparman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2010
Online Access: http://repository.um.ac.id/43110/
Daftar Isi:
  • KebijakanumumDepartemenPendidikanNasional(Depdiknas)padatahun2005-2009diantaranyaadalahperluasandanpemerataanaksesuntukmemperolehpendidikanpadasemuajenisdanjenjangpendidikansertapeningkatanmutupadarencanastrategisDepdiknasmeningkatkanaksespendidikanditingkatsekolahmenengahakanlebihditekankanpadasekolahmenengahkejuruan(SMK)dimanawacanayangberkembangakhir-akhiriniadalahpadatahun2020perbandinganSMKSMAadalah7030.Kinerjaguruadalahhasilkerjayangdicapaiolehseoranggurudalammelaksanakantugas-tugasyangdiberikankepadanyayangdidasarkanataskecakapanpengalamandankesungguhanGuruadalahkomponenyangpalingstrategisdalamprosespendidikan.Jauhlebihstatregisdibandingkandenganduakomponenstrategislainnyayaitupesertadidikdankurikulum.TujuanpenelitianiniuntukmengetahuidampakalihfungsiSMAkeSMKterhadapkinerjagurudiSMANegeri11malangditinjaudaripersiapanmengajarnyaAlat/mediaStrategi/MetodePenguasaaanMateriSumberBelajarSaranadanPrasaranadanEvaluasidalamprosespembelajaran.Metodepenelitianyangdigunakanadalahkualitatifdenganmelakukanwawancarapengamatandanstudidokumentasiterhadapprosespelaksanaanfaktorpendukungdanpenghambatpelaksanasertapersiapanmengajarmediayangdigunakanpenguasaanmaterisumberbelajarsaranadanprasaranadanevaluasipembelajaran.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaprosesalihfungsiberjalandalamwaktuyangcukupsingkatsehinggatahappersiapanyangdilakukanpihaksekolahkurangmaksimal.DiantaranyagurusebagaipendidiksangatmerasakansekalidampaknyayangharusberalihmengajarkesekolahmenegahkejuruandanjugaadaguruyangmasihbimbangdimanabidangkeahliannyatidaklagiterdapatpadakurikulumSMKDisampingitukurangnyasaranadanprasaransekolahyangsangatminim.KesimpulanSehinggaperludiadakanpelatihanuntukgurusertatersedianyasaranadanprasaranasepertiruanganbukureverensialatpraktikdanlain-lainyangmemadaiuntukmeningkatkanmutupembelajarandisekolahsetempatTidakterlepasdariituperankepalasekolahsangatdiharapkan.