Pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif model TTW (Think Talk Write) terhadap hasil belajar siswa SMK / Apriliana Windi Pratama

Main Author: Pratama, Apriliana Windi
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Online Access: http://repository.um.ac.id/43105/
Daftar Isi:
  • KataKunciMetodePembelajaranKooperatifTTW(ThinkTalkWrite)HasilBelajarSiswaSalahsatuupayayangdilakukanpengajaruntukmeningkatkankualitaspembelajarandisekolahyangmengacupadametodepembelajaran.PenelitimelakukansuatuperubahanpolabelajarsiswayangpadaakhirnyamampumenigkatkankemenarikanbelajarsertakemudahanbelajarkhususnyadiSMKPGRI3MalangkelasXIIotomotifsebagaiobjekpenelitian.DarihasilkuesioneryangdisebarkankepadarespondententangkemenarikanbelajarsertakemudahanbelajartentangpenggunaanmetodeTTWterlihatsiswayangtertarikaktifdanmudahdalambelajarsangattinggihalinidikarenakansiswamampumenguasaitigaunsurdariTTWyaituthinktalkdanwritesehinggahasilbelajaryangdiinginkanbisatercapai.MetodepembelajaranTTWberpengaruhbesarterhadapbelajarsiswadikarenakanterdapatunsurthinkyangmampumenjadikansiswaaktifdanmemahamimaterisehinggasiswatidakhanyamengacuterhadapgurutetapigurudisinihanyasebagaimotifatordidalambelajar.Penelitianinimenggunakanmetodeexperimentalsemu(quasiexperiment)sebabpenelitianinimenggunakanduakelompoksatukelompokexperimendansatukelompokkontrol.KelompokexperimendalampenelitianiniadalahkelompokyangdalamprosespembelajaranmenggunakanmetodeTTW(ThinkTalkWrite)sedangkankelompokkontroladalahkelompokyangdalamprosespembelajaranmenggunakanmetodekonvensional.Dengansatuvariabelbebasyaitumetodepembelajarandansatuvariabelterikatyaituhasilbelajar.Sertavariabelinterviningkemudahandankemenarikanbelajarsiswa.PopulasidalampenelitianiniadalahsiswakelasXIIOSSMKPGRI3Malangtahunajaran2010/2011yangterdiridariduakelasyaitukelompokXIIOtomotifSepedaMotorB(30siswa)danXIIOtomotifSepedaMotorD(30siswa).BerdasarkanhasilanalisisdiketahuibahwametodepembelajarankooperatifmodelTTW(ThinkTalkWrite)berpengaruhterhadaphasilbelajarsiswasertaberhubunganterhadapvariabelinterviningkemenarikandankemudahanbelajar.Haliniditunjukandengannilairata-ratakemampuanakhirkelompokexperimensetelahdiberiperlakuan.Dariteskemampuanakhirtersebutdapatdilihatbahwanilairata-ratakelompokexperimenlebihtinggidibandingkandengannilairata-ratakelompokkontrol.JadidapatdisimpulkankemenarikandankemudahanhasilbelajarsiswayangdiajardenganmenggunakanmetodekooperatifThinkTalkWritelebihtinggidibandingkandengankemenarikandankemudahanhasilbelajarmenggunakanmetodekonvensionalkarenaadanyaperbedaanperlakuanpembelajaranantarasiswakelompokexperimendengankelompokkontrol.Saranyangdiajukandalampenelitianiniyaitu1)gurudapatmenerapkanmetodepembelajarankooperatifmodelTTW(ThinkTalkWrite)untukmelihattingkatsignifikansikemenarikandankemudahanbelajardalamprosespembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajar2)bagilembagapendidikandaninstansiyangterkaitdisarankanuntukmensosialisasikanpembelajaranThinkTalkWritedalampelatihandanpenataranuntukmelihattingkatkemenarikandankemudahanbelajardalammeningkatkanhasilbelajar.