Pengaruh metode pembelajaran kooperative Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran motor otomotif di kelas 2 SMK Siwa Lima Santo Yosep Langgur-Tual / Pelipus Febby
Main Author: | Pelipus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42942/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFebbyPelipus2009.PengaruhPembelajaranKooperatifModelStudentTeamsAchievementDivision(STAD)terhadapMotivasiBelajardanPrestasiBelajarpadamatadiklatmotorotomotifdikelas2SMKSiwaLimaSantoYosephLanggurTual.PendidikanTeknikMesinFakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.KataKunciKooperatifTipeSTADCeramahMotivasiBelajarPrestasiBelajar.MutupendidikandiIndonesiajikadibandingkandenganmutupendidikandinegara-negaraASEANlainnyamasihrelatifrendah.Padahaldalamkenyataanyamutupendidikansangatmempengaruhimutusiswayangdikeluarkannya.Rendahnyamutupendidikanditunjukkandenganrendahnyaprestasibelajarsiswatermasukmatapelajaranmotorotomotif.Halitudisebabkanmasihadanyakesulitandalampembelajaranmotorotomotifyangditimbulkankarenakurangnyavariasipembelajaranmotorotomotif.Materiyangharusdisampaikanpadasiswasangatbanyaksehinggagurudenganmetodekontekstualyangmeliputikegiatanceramahbervariasimengejarpemenuhanmateri.OlehkarenaitudiperlukanvariasipembelajaranuntukmengatasikesulitanbelajarmotorotomotifpadasiswayangsalahsatunyadapatdilakukandenganpembelajarankooperatiftipeSTAD.TujuanpenelitianiniadalahuntukmendapatkangambaranmengenaiperbedaanmotivasibelajardanprestasibelajarmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipeSTADdenganmetodepembelajaranceramahpadapokokbahasansistimpendinginpadakendaraanrodaempatdanuntukmengetahuimetodemanayangsesuaisehinggadapatmemberikanhasilbelajaryanglebihbaik.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhsiswakelasIIsemesterIISMKSiwaLimaSantoYosephLangguryangberjumlah44siswayangberasaldarikelasIIAsampaidengankelasIIBSampeldalampenelitianiniberjumlah2kelasdimanakelasIIBuntukkelompokeksperimendankelasIIAuntukkelompokkontrol.TeknikpengambilansampeladalahmengunakanteknikOneStageClusterRandomSampling.VariabelpenelitianadaduayaituvariabelpembelajarankooperatiftipeSTAD(X2)danmetodePembelajarankonvensional(X1)Datadiambilmelaluiteknikdokumentasidantes.Datayangdiperolehdianalisismenggunakananalisisujit.Berdasarkanhasilanalisismotivasiawalkeduakelompokmemilikiratamotivasi83.3%.Berdasarkanhasilujibedaprestasibelajarsiswadarikeduakelompokdiperolehthitung-0.131x44Padatarafsignifikasi5%dengandk2024-242diperolehF(005)(44)2.1.Dengandemikiandiketahuibahwathitungttabelyangberartikeduakelompokberbedanilairata-ratapretestnyaataukeduakelompokmemilikikesepadananataumemilikikemampuanawalyangsamaatauhomogen.Rata-ratamotivasidanprestasibelajarmotorotomotifsiswapadakelompokyangmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipeSTADadalah59.900danyangmenggunakanmetodepembelajaranceramahadalah58.969.Setelahdilakukananalisisdatadenganmenggunakanujitdiperolehthitung5.458.Sedangkan5.775.Sedangkant(0143)(44)6.292.Karenathitungt(0143)(44).Makadapatdisimpulkanbahwarata-rataprestasibelajarkelompokeksperimenlebihbaikdaripadakelompokkontrolataurata-rataprestasibelajarsiswamatapelajaranmotorotomotifyangmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipeSTADlebihbaikdaripadaprestasibelajarsiswapadamatapelajaranmotorotomotifyangmenggunakanmetodeceramah.BerdasarkanhasilujiketuntasanhasilbelajarsiswayangmendapatkanpengajarandenganmetodekoperatiftipeSTADdiperolehhargathitung5.458t-tabel4.303Dengandemikianmenunjukkanbahwarata-ratahasilbelajarsiswayaitu60.78telahmencapaiketuntasanbelajaryaitulebihbesardari55.Mengacudarihasilpenelitiantersebutpenelitidapatmengajukansaran-saranyaitu(1)PihaksekolahdiharapkanbersediamengunakanmetodepembelajarankooperatiftipeSTADdalammatapelajarannotorotomotifataupunmatapelajaranlainnyasepertipelajaranMatematikachasisdanbodyFisikadanlain-lain(2)Gurudiharapkansemakinmemotivasisiswauntukbelajardanbekerjasamaantarsesamaanggotakelompoknyadan(3)Bagipihaksekolahlembagaterkaitlainnyadanpenelitiberikutnyadiharapkanbiasamengadakanpenelitianlanjutansehinggasemakinmengembangkanmetodepembelajaran.