Pengaruh pendinginan udara masuk dan variasi putaran terhadap kebisingan mesin diesel berbahan bakar biodiesel (solar-minyak jarak) / Irkham Slamet Widodo
Main Author: | Irkham Slamet |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2010
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42940/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKWidodoIrkhamSlamet.2009.Pengaruhpendinginanudaramasukdanvariasiputaranterhadapkebisinganmotordieselberbahanbakarbiodiesel(minyakjarak-minyaksolar).SkripsiJurusanPendidikanTeknikMesinFTUM.Pembimbing(I)Dr.MardjiM.Kes.(II)SukarniS.TM.T.KatakunciPendinginanputaranmesinkebisinganmesin.Kebisinganmerupakansalahsatugejalayangmeresahkanmasyarakat.apalagisalahsatupenyebabnyaadalahmesindieselyangseringdipakaiolehsebagianbesarkalanganmasyarakatbaikuntukperindustrianmaupunkendaraanangkutanmeskipungejalayangterjadisepertiitukebisinganmesindieseljugadapatdikurangidenganmemasukanudarayangberlebihyangdiharapkandapatmemaksimalkanpembakaranpadamesindieselsalahsatunyadengancaramendinginkanudarasebelummasukkeruangbakaragarmassaudarasemakinmeningkat.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipengaruhyangsignifikanpendinginanudaramasukpengaruhyangsignifikanvariasiputaranmesindanpengaruhinteraksiyangsignifikanantarapendinginanudaramasukdenganvariasiputaranmesinterhadapkebisinganmesindieselberbahanbakarbiodiesel.Minyakjarakyangdigunakansebagaibahanbakarbiodiesel(20%minyakjarak-80%solar)dalampenelitianinidiperolehdariLembagaPenilitianUniversitasNegeriMalangyaituminyakjarakyangtelahmelaluiprosestransesterifikasi.SedangkanyangdiaplikasikanuntukmendinginkanudaramasukadalahdryiceyangdiperolehdaripabrikPT.PETROKIMIAGresik.PenelitianinidilakukandiLaboratoriumMotorBakarUniversitasBrawijayaMalangtanggal26Mei2009denganmenggunakanalatSoundlevelmeter(Krisbow).Jenispenelitianinitermasukdalamkategoripenelitianeksperimentaldengandesainfaktorial6x2.Analisishasilpenelitianyangdipakaiadalahanalisvarianduajalanuntukmengujihipotesisyangdiajukan.Perlakuanputaranmesinyangdigunakanadalahrentangan1400rpm1700rpm2000rpm2300rpm2600rpmdan2900rpm.HasilPenelitianmenunjukkanFhitungPutaranMesinFtabelPutaranMesindansig.FPutaranMesin001makadapatdiambilkeputusanputaranmesinberpengaruhterhadapkebisingan.FhitungKondisiPendinginFtabelKondisiPendingindansig.FKondisiPendingin001makadapatdiambilkeputusankondisipendinginberpengaruhterhadapkebisingan.FhitungPutaranMesinKondisiPendinginFtabelPutaranMesinKondisiPendingindansig.FPutaranMesinKondisiPendingin001makadapatdiambilkeputusaninteraksiantaraputaranmesindengankondisipendinginberpengaruhterhadapkebisingan.KesimpulanpenelitianPutaranmesinmempengaruhikebisingan.Padasaatputaranmesin2900rpmmenghasilkankebisinganpalingtinggidanpadasaatputaranmesin1400menghasilkankebisinganpalingsedikit.Kondisipendinginmempengaruhikebisingan.Padasaatmesindiberipendingindryicekebisinganmencapainilaitertinggi.Interaksiantaraputaranmesindankondisipendinginmempengaruhikebisingan.Kebisingantertinggiterjadiketikamesintidakdiberipendingindanmemilikiputaran2900rpmsedangkankebisinganterendahterjadiketikamesintidakdiberipendingindanmesinberputar1400rpm.