Implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada kompetensi Keahlian Teknik Pemesinan di SMK Negeri 6 Malang / Nopriadi
Main Author: | Nopriadi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42754/ |
Daftar Isi:
- iRINGKASANNopriadi2018.ImplementasiModelPembelajaranBerbasisProyekpadaKompetensiKeahlianTeknikPemesinandiSMKNegeri6Malang.SkripsiPendidikanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.H.DwiAgusSudjimatS.T.M.Pd.(II)Dr.H.YotoS.T.M.Pd.M.M.KataKunciimplementasimodelpembelajaranberbasisproyekSMKSalahsatualternatifmodelpembelajaranSMKyangdipandangmampumeningkatkanpemahamankonsepketerampilanberpikirkritisbekerjasecaraaktifdankolaboratifsiswaSMKdalamKompetensiKeahlianTeknikPemesinanadalahModelPembelajaranBerbasisProyek.Pembelajaraninimenekankanpadapengajaranyangberpusatpadasiswadenganpenugasanproyek.Untukmendorongkemampuanpesertadidikuntukmenghasilkankaryakontekstualbaikindividualmaupunkelompokmakasangatdisarankanmenggunakanpendekatanpembelajaranyangmenghasilkankaryaberbasisproyek(projectbasedlearning/PjBL).PenelitianinidilaksanakandengantujuanuntukmendeskripsikanbeberapahalmengenaiimpelementasiModelPembelajaranBerbasisProyekpadaKompetensiKeahlianTeknikPemesinandiSMKNegeri6Malang.Mencakupperencanaanpelaksanaanevaluasidanuntukmengetahuikendala-kendaladalamimplementasimodelpembelajaranberbasisproyek.Pendekatanpenelitianyangdigunakandalampenelitianinipendekatankualitatif.Adapunjenispenelitianiniadalahdeskriptifdimanadarihasilpeneilitiandideskripsikandalambentukkata-katadandokumentasisebagaimanaadanyapadawaktupenelitiandilakukan.Pengumpulandatadalampenelitianinidilakukandenganmenggunakankegiatanobservasiwawancaradananalisisdokumen.BerdasarkanreduksidatapenyajiandatadankesimpulandatapenelitianinidapatdisimpulkanbahwaImplementasiModelPembelajaranBerbasisProyekpadaKompetensiKeahlianTeknikPemesinandiSMKNegeri6Malangtelahdilaksanakan.NamunmasihsebataspraPjBL.PjBLyangsifatnyakomplekstidakditerapkanpadapembelajaranreguler.Pesertadidikikutmerencanakanpembuatanproyek.Gurumemandupesertadidikdalamprosespembuatanproyek.Danguruturutmelibatkanpesertadidikdalamprosespenilaian.Meskipundemikianmasihadakendalapadapelaksanaanya.MisalnyakurangnyaketersediaanmediapembelajaranperbedaankemampuantiappesertadidikdanberagampenilaianyangdituntutdalamPjBL.