Hubungan kemandirian belajar, motivasi belajar dan fasilitas bengkel pemesinan dengan hasil belajar paket keahlian teknik pemesinan siswa kelas XI di SMK PGRI 2 Jombang / Krisdianto Hadi

Main Author: Hadi, Krisdianto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/42716/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKHadiKrisdianto.2017.HubunganKemandirianBelajarMotivasiBelajardanFa-silitasBengkelPemesinandenganHasilBelajarPaketKeahlianTeknik-PemesinanSiswaKelasXIdiSMKPGRI2Jombang.SkripsiJurusanTek-nikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.H.PurnomoS.T.M.Pd.(2)Drs.H.PututMurdantoS.T.M.T.KataKuncikemandirianbelajarmotivasibelajarfasilitasbengkelpemesinanha-silbelajarpaketkeahlianteknikpemesinanKemandiriandanmotivasidalambelajarsangatdiperlukanolehsiswateru-tamapadaSMKjurusanTeknikPemesinan.Kemandiriandanmotivasidalambelajar-dapatmenunjangkeberhasilansiswadalammencapaitujuannya.Padakenyataanya-masihbanyaksiswaSMKyangbelummemilikikemandiriandanmotivasidalambela-jar.Faktorlainyangharusdiperhatikanadalahtersedianyafasilitasbengkelpemesi-nan.Kelengkapanfasilitasbengkelpemesinanakanmempengaruhiprosespembela-jaranteoridanpraktikdanakanberdampakpadahasilbelajarsiswa.Tujuandaripeneli-tianiniadalahuntukmengetahuihubungankemandirianbelajar(X1)motivasibelajar(X2)danfasilitasbengkelpemesinan(X3)denganhasilbelajarpaketkeahlianteknik-pemesinan(Y)padasiswakelasXIdiSMKPGRI2Jombangbaiksecaraparsial-maupunsecarasimultan.Penelitianinitergolongpenelitianexpostfacto.Populasidalampenelitianinia-dalahsemuasiswakelasXITeknikPemesinandiSMKPGRI2Jombangyangber-jumlah124siswasementarasampelyangdiambilberjumlah94siswadaripopulasi-tersebut.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanmetodeobservasiang-ketdandokumentasi.Datayangdiperolehkemudiandiujidenganujiprasyaratanlisis-danujihipotesis.Analisisdatamenggunakananalisisregresidananalisiskorelasiparsial.Hasildaripengujianhipotesisdidapatkanhasilsebagaiberikut(1)secarasi-multanadahubunganyangsignifikanantarakemandirianbelajarmotivasibelajardanfasilitasbengkelpemesinandenganhasilbelajarpaketkeahliantek-nikpemesinansiswakelasXIdiSMKPGRI2Jombangdengannilaisignifikansi0000005(2)secaraparsialtidakadahubunganyangsignifikanantarakemandi-rianbelajardenganhasilbelajarpaketkeahlianteknikpemesinandengannilaisignifikansipsebesar0179005dannilaikoefisienkorelasisebesar0141(3)secaraparsialadahubunganyangsignifikanantaramotivasibelajardenganhasilbe-lajarpaketkeahlianteknikpemesinandengannilaisignifikansipsebesar003005dannilaikoefisienkorelasisebesar0226dan(4)secaraparsialadahubunganyangsignifikanantarafasilitasbengkelpemesinandenganhasilbelajarpa-ketkeahlianteknikpemesinandengannilaisignifikansipsebesar0011005danni-laikoefisienkorelasisebesar0263.PenelitimengajukansarankepadapihakSMKPGRI2Jombangyaitubisa-menjadikanhasilpenelitianinisebagaiacuanlebihuntukmeningkatkan-kekurangandarifasilitasbengkelpemesinan.BapakIbugurubisamenjadikanhasil-penelitianinisebagaiinformasiuntukmemotivasisiswadalambelajarnya.Penelitise-jenisbisamenjadikanhasilpenelitianinisebagaiacuanuntukmengem-bangkanpenelitiansejenisdenganvariabelberbedayangbelumadadalampenelitianini.8195ABSTRACTHadiKrisdianto.2017.TheRelationshipbetweenSelf-learningLearningMotivationWorkshopFacilitiesandLearningAchievementofMechanicalEngineeringStudentsatGradeXISMKPGRI2Jombang.SarjanasThesis.DepartmentofMechanicalEngineeringFacultyofEngineering.StateUniversityofMalang.Advisors(1)Dr.H.PurnomoS.T.M.Pd.(2)Drs.H.PututMurdantoS.T.M.T.Keywordsself-learninglearningmotivationworkshopfacilitieslearningachievementofmechanicalengineeringSelflearningandlearningmotivationdesperatelyneededbystudentsespeciallyonVocationalSchoolmajoringinMechanicalEngineering.Itcansupportstudentstoachievingtheirobjectives.Infacttherearestillmanystudentswhodonotyethavethat.Anotherfactorthatmustbeconsideredistheavailabilityofworkshopfacilities.Completenessoftheworkshopfacilitieswillaffectthelearningprocessoftheoryandpracticeandwillhaveanimpactonstudentslearningachievement.Thepurposesofthisstudyaretoouttherelationshipbetweenself-learning(X1)learningmotivation(X2)workshopfacilities(X3)andLearningAchievementofMechanicalEngineeringStudents(Y)atGradeXISMKPGRI2Jombangeitherpartiallyorsimultaneously.Thedesignofthisresearchisexpostfactostudy.ThePopulationemployedwithinthisstudyisalloftheXIgradestudentsmajoringinmachinerystudyfromSMKPGRI2Jombangwiththetotalof124studentsmoreoverthereasearcheronlytook94studentsasthesampleforthiscurrentstudy.Thedatacollectionwasconductedbyusingobservationquestionnaireanddocumentation.Thedataobtainedisthentestedwithatestprerequisiteanalysisandhypothesistest.Analysisdatausingregressionanalysisandpartialcorrelationanalysis.Thedataobtainedfromthedatacollectionprocedureontheresearchfieldhypothesistestshowseveralfacts(1)simultaneouslytherewasasignificantrelationshipbetweenself-learninglearningmotivationworkshopfacilitiesandlearningachievementofmechanicalengineeringstudentsatgradeXISMKPGRI2Jombangwiththesignificancevalueof0000005(2)partiallytherewasnosignificantrelationshipbetweentheself-learningandlearningachievementofmechanicalengineeringwithsignificancepvalueof0050179andthevalueofthecoefficientcorrelationof0141(3)partiallytherewasasignificantrelationshipbetweenthelearningmotivationandlearningachievementofmechanicalengineeringwithsignificancepvalueof003005andcoefficientcorrelationof0226and(4)partiallytherewasasignificantrelationshipbetweenworkshopfacilitiesandlearningachievementofmechanicalengineeringwithsignificancevaluepof0011005andcoefficientcorrelationof0263.ThesuggestionsofthisresearchareforSMKPGRI2Jombangarethere-sultsofthisresearchcanbeareferencetoimprovetheshortcomingsofworkshopfacilities.Fortheteacherscanmakeitasaninformationtomotivatestudentsintheirlearning.Forotherresearcherscanemploytheresultsofthisstudyasthebaseforfurtherresearchondifferentvariablesthatdoesnotexistinthisresearch.