Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash terhadap hasil belajar pada mata matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Antoni Arga Karisma
Main Author: | Karisma, Antoni Arga |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/42532/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKarismaAntoniArga.2015.PengaruhPenggunaanMediaPembelajaranInteraktifBerbasisSoftwareMacromediaFlashTerhadapHasilBelajarPadaMatakuliahElektronikaDasarDiJurusanTeknikMesinUniversitasNegeriMalang.SkripsiProgramStudiPendidikanTeknikMesinJurusanTeknikMesinFakultasTeknikUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dra.WidiyantiM.Pd.(II)Drs.ImamSudjonoM.T.KataKunciMediapembelajaranmacromediaflashmediapembelajaranpowerpointhasilbelajarElektronikadasaradalahsalahsatusajianmatakuliahyangadadiFakultasTeknikkhususnyadiJurusanTeknikMesin.ProsespembelajaranpadamatakuliahelektronikadasaryangdilakukanselamainimenggunakanmetodepembelajaransecaraumumataulebihbisadikategorikanmenggunakanmediayangkesehariandigunakandalamkegiatanperkuliahanyaitumenggunakanmediapembelajaranpowerpointdengandibantuLCDProjektor.TujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuipengaruhpenerapanantaramediapembelajaranmacromediaflashdanmediapembelajaranpowerpointterhadaphasilbelajarmahasiswapadamatakuliahelektronikadasardiJurusanTeknikMesinUniversitasNegeriMalang.PenelitianinitergolongpenelitiankuantitatifmenggunakanrancanganpenelitianeksperimentalsemudenganpendekatanNonequivalentcontrolgroupdesignyaitupenelitianyangbertujuanuntukmengetahuipengaruhdarisatuvariabelbebasdenganduakategoriyaitumediapembelajaranmacromediaflash(X1)danmediapembelajaranpowerpoint(X2)terhadapvariabelterikatyaituhasilbelajarmahasiswapadamatakuliahelektronikadasar(Y)yangpengumpulandatanyamenggunakanangkaataunilai.Pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanpretestdanposttest.Hasilpenelitianmenunjukanbahwaterdapatkenaikannilairata-ratatotalyangdiperolehantarakelaseksperimendankelaskontrol.Nilairata-ratatotalpretestpadakelaseksperimenyaitu5149dannilairata-ratatotalposttestyaitu7573sehinggakenaikannilainyameningkatmenjadi3367%.Untuknilairataratatotalpretestkelaskontrolyaitu53325dannilairata-ratatotalposttestyaitu7072sehinggakenaikannilainyameningkatmenjadi2333%.KesimpulanyangdapatdiambilbahwahasilbelajarmahasiswadenganmenggunakanmediapembelajaranmacromediaflashmemilikinilailebihtinggidaripadahasilbelajarmahasiswadenganmenggunakanmediapembelajaranpowerpointpadamatakuliahelektronikadasardiJurusanTeknikMesinUniversitasNegeriMalang.Saranyangdapatdiajukan(1)BagidosenJurusanTeknikMesindapatdigunakansebagaibahanpertimbangansupayamenggunakanmediapembelajaranmacromediaflashdalamprosespembelajaranelektronikadasar(2)Bagimahasiswadapatmengembangkanpotensiyangadadenganmaksimaldenganmenggunakanmediapembelajaraninteraktif(3)bagipenelitiselanjutnyahendaknyauntuklebihmengembangkanisidaripenelitianyangtelahdilakukanolehpeneliti.